3 Prinsip Dan Karakter Rumah Minimalis

Sponsored Links

3 Prinsip Dan Karakter Rumah Minimalis Modern

Ketika membicarakan tentang rumah minimalis, anda tentunya akan menemukan berbagai karakter dasar termasuk efisien dan praktis. Rumah dengan gaya minimalis merupakan rumah idaman bagi masyarakat perkotaan saat ini. Jika anda memillih untuk membeli rumah di perumahan, anda tentunya akan menemui rumah-rumah bergaya minimalis.

Rumah dengan desain minimalis merupakan rumah-rumah yang menjadi favorit dalam beberapa tahun terakhir. Walaupun rumah dengan desain minim ini menjadi daya tarik dari perumahan-perumahan baru, banyak orang tidak begitu menyukai gaya dari hunian ini. Ini dikarenakan konsep minimalis berkesan kaku dan dingin. Berbeda dengan rumah yang menganut gaya interior yang klasik atau tradisional, rumah minimalis sangat miskin hiasan dekoratif. Rumah dengan gaya klasik Eropa akan memiliki beberapa lukisan dan furnitur begaya mewah dan romantis.

Rumah minimalis lebih menekankan pada kualitas bukan kuantitas

Rumah yang mengusung gaya tradisional jawa atau suku lainnya akan memiliki banyak warna coklat yang menambah kehangatan sebuah hunian. Sedangkan rumah dengan gaya minimalis akan berusaha sedapat mungkin mengurangi furnitur yang kurang fungsional dan meniadakan pernak-pernik dekoratif yang membuat rumah terasa “penuh”. Bagi anda yang suka berkumpul bersama keluarga dan teman di ruang makan, yang suka mengoleksi keramik dan men-display-nya dengan apik di dalam rumah, lupakan untuk membeli rumah dengan konsep minimalis. Sebuah rumah dengan gaya minimalis memiliki beberapa karakteristik yang terlihat jelas. Beberapa karakteristik rumah minimalis adalah lebih menekankan kepada kualitas dan bukan kuantitas, memiliki bidang permukaan yang jelas/kosong, dan pemilihan elemen dekoratif yang cermat.

Rumah dengan gaya minimalis memang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat modern yang semakin sibuk dan jarang di rumah. Masyarakat pekerja keras waktunya lebih banyak didominasi dengan kerja di kantor/ area kerja dan aktifitas bersosialisasi di luar rumah hanya ingin pulang ke rumah yang nyaman. Mereka tidak ingin dihantui dengan berbagai macam pekerjaan rumah seperti membersihkan koleksi keramik, melap debu di sela-sela kursi berukir, ataupun menyiram aneka macam jenis kembang yang memenuhi taman.

Model rumah minimalis di peruntukan untuk orang yang bergaya modern

Konsep minimalis merupakan sebuah solusi atas kesibukan orang modern saat ini. Di tengah kesibukan luar biasa yang menunggu di luar rumah, sebuah hunian modern diharapkan lengkap dengan fasilitas fungsional yang bisa menunjang kenyamanan beristirahat di dalam rumah. Namun, bagi pemilik rumah yang tidak ingin memiliki rumah berkesan dingin dan kaku, tenang saja. rumah modern minimalis, biasanya dibagi menjadi tiga prinsip karakter yaitu minimalis ektrim, minimalis sedang, dan minimalis ringan. Jika anda tidak ingin memiliki interior rumah yang terkesan penuh, anut gaya minimalis ekstrim. Rumah dengan gaya minimalis ekstrim hanya mempunyai mebel-mebel dengan fungsi dasar. Lantai dan dindingnya telanjang mulus, tanpa tambahan satu dekorasi apapaun. Setiap mebel yang dipih untuk masuk ke dalam tiap ruangan memili fungsi yang jelas. Jika ada pernak-pernik dekorasi, itupun bisa dihitung dengan jari semata. Prinsip dan karakter rumah minimalis seperti ini jelas bukan untuk setiap orang.

Jika anda tidak cocok dengan garis-garis geometris dan ruangan tanpa hiasan seperti gaya minimalis ekstrim, anda bisa memilih prinsip minimalis sedang. Prinsip minimalis sedang banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia yang cukup sibuk di luar rumah namun ingin membuat suasana yang lebih hangat di dalam rumah. Rumah dengan gaya minimalis sedang mengijinkan adanya sebuah meja ruang tamu yang terbuat dari peti kayu yang unik. Anda bisa memasukkan sebuah karpet merah dengan hiasan geometris di atasnya.

Untuk dinding, anda bisa memasang beberapa buah foto keluarga ketika berjalan-jalan. Namun rumah jenis ini masih mengusung nilai-nilai efsien dari sebuah mebel. Anda tetap tidak akan menemukan uliran-ukiran bernafaskan seni tradisional atau oriental di rumah jenis ini. Jika anda ingin memasukkan lebih banyak hiasan dekoratif dalam ruangan, maka prinsip minimalis ringan cocok untuk anda. Rumah jenis ini juga banyak dianut oleh masyarakat Indonesia. Prinsip minimalis yang dianut mungkin hanya terletak di bagian exteriornya saja. anda akan menemukan beberapa mebel yang kurang fungsional seperti rak koran/majalah di ruang tamu. Di ruang TV/ ruang keuarga, anda akan menemukan rak khusus tempat koleksi video games anak anda. Jadi, prinsip rumah minimalis mana yang paling cocok dengan anda?