6 Hal Penting Dalam Mendesain Kamar Mandi Minimalis

Sponsored Links

6 Hal Penting Dalam Mendesain Kamar Mandi Minimalis

Rumah mungil dengan desain kamar mandi minimalis sekarang ini banyak diminati masyarakat urban. Dengan harga lahan yang menanjak naik membuat pemilik rumah harus pintar-pintar dalam mendesain rumah, dan memastikan tempat tinggal mereka nantinya dapat memberikan tingkat fungsional yang tinggi. Dan karena berbagai alasan, rumah dengan konsep minimalis adalah yang terbaik. Bukan berarti rumah minimalis minim fungsi, namun lebih kepada pemanfaatan lahan semaksimal mungkin . Salah satu yang harus menjadi titik perhatian adalah kamar mandi. Perlu anda ketahui, kamar mandi minimalis telah merambah berbagai lapisan masyarakat. Bahkan hotel-hotel berbintang pun menerapkan konsep kamar mandi minimalis walaupun mereka memiliki segala hal yang dibutuhkan untuk membuat kamar mandi mewah. Dan memang, desain kamar mandi yang simple dan praktis ini memang cocok untuk masyarakat urban yang memiliki lahan yang tidak terlalu luas.Bentuk-Bentuk-Kamar-Mandi

Referensi Tips Desain Kamar Mandi Minimalis

Dengan beberapa tips berikut dapat anda jadikan bahan refenrensi untuk mendesain kamar mandi minimalis sehingga lebih praktis lagi dalam menata dan mengefisienkan fungsi dari kamar mandi itu sendiri.

  1. Pisahkan antara daerah yang selalu kering dengan daerah yang selalu basah. Untuk kamar mandi yang luas anda dapat memberikan batas antara bagian yang basah dengan daerah yang kering. Sehingga dapat memberi ruang yang cukup untuk para penghuni selama melakukan aktifitas bersih-bersih dalam kamar mandi. Pemberian batas juga akan memudahkan anda dalam melakukan perawatan atas kedua bagian ruangan yang berbeda. Batas yang dapat digunakan dapat berupa penyekat kaca transparan atau pula dari bahan lain yang tentunya harus tahan air.
  2. Perpadukan teknologi dan keadaan alamiah sekitar. Konsep kamar mandi minimalis salah satunya adalah NU-Organik dengan menggunakan perangkat dari koleksi loop, shower dan bathup. Yang semua itu terispirasi dari bentuk asir yang mana merupakan bahan organik. Sedangkan untuk lantainya dapat digunakan dari bahan kayu atau alas dengan motif kayu. Sehingga dapat dijadikan alternatif dalam memberikan rasa nyaman pada penggunanya.
  3. Tidak ada kontak. Usahakan semua peralatan yang ada dalam kamar mandi tidak saling bersentuhan atau diletakkan agak berjauhan. Seperti lemari, westafel, bathub juga peralatan mandi seperti handuk. Tujuannya selain terlihat kamar mandi minimalis juga dapat memudahkan dalam melakukan aktifitas dalam kamar mandi, misalnya dalam mengambil handuk tidak menyenggol peralatan mandi seperti sabun dan lain sebagainya.
  4. Maksimalkan sudut ruangan. Konsep kamar mandi minimalis adalah bersifat simplicity dimana semua yang ada dalam kamar mandi telihat simple dan kompak, baik dalam hal pembersihan dimana mudah dalam mencapai sudut-sudut ruangan. Alternatif yang dapat dipakai adalah meletakkan westafel di sisi sudut ruangan, yang selain menambah efisiensi tempat juga akan memungkinkan anda untuk melakukan aktifitas denganw ashtafel tanpa harus berada ditengah ruangan. Juga perpadukan warna alam seperti cokelat dan abu-abu maupun krem. Warna bebatuan juga sangat cocok untuk digunakan dalam kamar mandi. Selain itu sejajarkan arah pintu saat terbuka dengan shower.
  5. Menyatu dengan alam. Jangan lupa dalam membuat desain kamar mandi minimalis harus terdapat ventilasi udara yang memadai, untuk memastikan udara selalu bersih dan segar. Area ventilasi bisa berupa jendela, lubang udara hingga exhaust fan yang dapat mengalirkan udara yang masuk dengan udara yang keluar secara maksimal. Tempatkan juga tanaman hidup dalam kamar mandi, agar terlihat suasana kamar mandi yang menyatu dengan alam. Atau jika tidak memungkinkan, tanamlah sebuah pohon atau tanaman merambat disisi luar jendela untuk mendapat pemandangan hijau yang segar.
  6. Multifungsi. Fungsi utama konsep minimalis adalah memaksimalkan semua ruang yang ada untuk dapat berfungsi. Kreatifitas anda ditantang untuk dapat menemukan ide dalam pemanfaatan areal kamar mandi secara maksimal, seperti membuat lubang pada dinding sebagai tempat sabun, memanfaatkan area dibawah washtafel sebagai tempat penyimpanan barang, dan lain sebagainya. Namun, perlu diingat untuk tidak lupa dalam perhitungkan aspek kenyamanan dalam kamar mandi anda, sehingga selain efisien juga membuat semua orang merasa senang menghabiskan waktu didalamnya.

Demikian tips yang bisa saya sampaikan, semoga artikel tentang bagaimana menata kamar mandi minimalis ini bisa bermanfaat bagi para pembaca umumnya.