Alasan Menggunakan Dinding Kaca Rumah

Posted on

Alasan Menggunakan Dinding Kaca Rumah

Dinding kaca rumah yang telah menjadi pilihan para ahli desain dalam bidang interior maupun exsterior sehingga tercipta desain yang luar biasa, model-model rumah dengan beraneka ragam yang semakin meramaikan dunia property rumah. Para ahli semakin sering melakukan eksperimen desain mereka untuk mempertahankan perbendaharaan dalam bidang seni desain. Antara lain mereka merubah dinding rumah dengan dinding kaca rumah, kaca dulu sering di artikan material yang mudah pecah dan rapuh sehingga sebagian masih alergi dengan penggunaan kaca. Sekarang ini kaca telah di gunakan pada beberapa rumah modern untuk dinding maupun sebagian dinding rumah mereka. Sebagian menggunakan kaca sebagai penyekat antar ruangan namun sebagian ada yang menggunakan dinding kaca untuk semua dinding rumah mereka. Dengan menggunakan dinding kaca maka ketebalan kaca harus lebih dari 1 cm, dengan ketebalan 2 atau 3 cm maka di jamin kalau terkena injakan tetap kuat dan tidak pecah.

Dinding kaca bukan semisal cermin yang membatasi pandangan antar ruangan, akan tetapi meniadakan batas antar sesama ruangan. Penggunaan kaca antar ruangan akan membuat ruangan terasa lebih luas dan hemat energi pencahayaan. Bila siang hari akan memberikan pandangan taman yang berada di luar ruangan serta mempermudah cahaya matahari masuk kedalam ruangan dalam, ketika malam sensasi romantis akan tercipta dari rumah anda. Bila anda menggunakan kaca dengan ukuran besar, peletakan dinding kaca rumah sebaiknya berada pada sebelah utara atau selatan agar sinar matahari tidak mempengaruhi ruangan anda. Bila anda menggunakan frame terlihat terlalu kaku maka bisa memasang kaca tanpa frame, dengan menanam kaca pada tembok, walaupun pemasangan ini cukup merepotkan tapi tidak masalah bagi para ahli kaca. Selanjutnya apabila kaca terlihat sederhana anda bisa memasang stiker atau membuat lukisan dengan cat khusus sehingga dinding kaca rumah terlihat lebih indah dan tidak menjebak anda harus berbenturan dengan dinding kaca rumah.

Dinding Kaca Rumah Sangat Cocok Di Indonesia

Indonesia yang berada di wilayah tropis sangat memungkinkan menggunakan dinding kaca rumah mereka, karena sinar matahari sangat stabil menyinari bumi Indonesia ini. Sehingga untuk menciptakan hemat energi atau istilah mereka adalah go green sangat memungkinkan, solusinya adalah tembok dan atap kaca. Penggunaan tembok serta atap kaca akan mengurangi energi listrik setidaknya ketika waktu siang, bahkan sebagian mereka menggunakan panas sinar matahari di ubah menjadi energi alternative yang sangat ramah lingkungan. Ketika siang hari untuk menerangi rumah bisa menggunakan sinar matahari yang masuk melalui dinding kaca atau jendela, sedangkan malam hari terkadang menggunakan tenaga matahari yang telah tersimpan selama sehari penuh.

Yang perlu anda perhatikan sebaiknya anda memberikan sedikit penghalang sinar matahari dengan gorden atau tanaman yang ada di luar dinding kaca rumah seperti tanaman yang merambat [ pohon anggur ], terkadang dengan masuknya cahaya matahari membuat rumah terasa panas dan barang-barang didalam rumah akan berubah karena terlalu sering mendapatkan panas. Ada dari mereka yang mengatakan kalau penggunaan dinding kaca rumah lebih mahal di bandingkan dengan batu bata. Memang begitu, akan tetapi manfaat dari dinding kaca rumah sangat berpengaruh bagi kesehatan rumah anda, rumah akan terlihat lebih hidup dan tidak ekslusif.

Kantor, supermarket sekarang ini lebih banyak menggunakan dinding kaca rumah untuk penyekat ruangan, adapun warna yang di pilih tergantung konsumen, ada yang memilih warna buram, gelap, tembus pandang. Kita sendiri sering masuk ke supermarket rata-rata dinding sekat, maupun dinding depan menggunakan kaca, dengan menggunakan kaca konsumen akan lebih mudah untuk mengetahui sesuatu yang baru dan menarik dalam supermarket, apalagi ditambah dengan cermin yang diletakan dengan posisi miring di atas dekat eternit sehingga bisa menambah kemanan pada masing-masing supermarket. Ternyata di bandara Internasional Shivaji Chhatrapati, Mumbai, India pada ruang chek-in juga ada dinding kaca rumah sebagai penyekat agar mempermudah mereka yang berlalu lalang di ruangan tersebut.

Untuk partisi kantor akan lebih menarik dengan memberikan wallpaper, ruangan yang sering di partisi dengan menggunakan kaca adalah : ruang pertemuan, kantin, ruang istirahat dan ruang ramah tamah. Pemasangan partisi kantor sebaiknya dilakukan oleh mereka yang benar-benar ahli dalam bidangnya, agar tidak terjadi masalah di kemudian hari. Dan anda perlu memperhatikan ketebalan dinding kaca rumah , sebaiknya anda memilih kaca yang memiliki ketebalan lebih dari 3 cm ini untuk lebih amannya, dan tentu pihak penjual benar-benar menjamin kalau kaca yang mereka jual tangguh dalam segala medan.

Sebelum melakukan pemasangan dinding kaca rumah terlebih dahulu anda harus memperhatikan beberapa macan kaca artinya tidak semua kaca bisa di jadikan sebagai material dinding, namun ada beberapa kriteria dalam memilih kaca dinding.

  1. Kaca cermin adalah kaca yang tidak terlalu tebal, namun di lapisi perak atau air raksa dan bisa juga memakai lelehan aluminium yang di letakan pada bagian belakang kaca, metode tersebut termasuk motode lawas yang kurang modern, yang popular adalah menggunakan bahan transparan yang bisa memantulkan cahaya yang sebut sebagai metode cold mirror. Bila anda ingin mencoba membuat kaca cermin sangat mudah yaitu dengan menuangkan hasil adonan perak yang di campur dengan ammonia biarkan sampai kering maka akan menjadi kaca cermin.
  2. Wire class adalah kaca tebal yang double dan di tengah-tengahnya terdapat kawat yang berfungsi untuk memperkuat dinding kaca rumah .
  3. Double glass adalah jenis dinding kaca rumah dobel yang di dalamnya di beri ruang selebar 1 cm, kaca ini biasa digunakan untuk studio rekaman agar tidak terjadi pantulan suara.
  4. Kaca laminate adalah dua kaca yang didalamnya terdapat kaca film, kaca ini biasa digunakan sebagai kaca anti peluru.
  5. Kaca tempered adalah kaca yang telah melalui proses-proses suhu uji coba sehingga mempunyai kekuatan anti pecah, kuat, tahan cuaca dan kaca ini biasa digunakan sebagai kaca pintu maupun dinding.

Tips memasang dinding kaca rumah

Dinding kaca rumah tidak seperti bata yang bisa di tembel ketika retak dan patah, kaca ketika pecah maka akan menjadi berkeping-keping butiran kaca, oleh karena itu pemasangan kaca harus benar-benar ekstra hati-hati jangan sampai terjadi kesalahan. Kaca yang akan dipasang ini [ khusus untuk dinding ] adalah kaca jenis tempered yang memiliki ketebalan diatas rata-rata hingga 4 – 5 cm.

Pemasangan dinding kaca rumah menggunakan dua cara, yaitu dengan memakai frame kaca dan tanpa frame. Bila menggunakan frame maka cukup mudah kaca di berdirikan selanjutnya tinggal memasang frame biasanya dengan menggunakan baut mur mengelilingi kaca. Kalau memakai system pemasangan tanpa frame maka yang dilakukan adalah dengan membuat cerukan letter U [ ada yang memasang lis di dalam cerukan dan ada yang tidak memasang lis ], masukan dinding kaca rumah dengan cara miring.

Sebagai pengaman tambahan dinding kaca rumah harus di beri sealent yaitu karet silikon yang di letakan di sekitar pinggir kaca. Fungsi sealent adalah untuk menahan getaran, sealent akan sangat elastis mengikuti alur gerak yang ada.

Setelah semua selesai bersihkan kaca dengan air dan kain serta menggunakan sampho atau detergen lain yang biasa digunakan untuk membersihkan dinding kaca rumah.

Gravatar Image

Memiliki rumah yang cantik dan nyaman adalah impian semua orang. Namun, tidak semua orang mampu mengetahui secara pasti bagaimana mendesain rumah dan menciptakan tempat tinggal yang nyaman bagi seluruh anggota keluarga. Dan disinilah kami. Demi menjawab kebutuhan anda akan informasi mengenai properti dan desain interior, kami mencoba menyajikan semua yang anda butuhkan disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *