Apakah Mungkin Membuat Rumah Dengan Baja Truck ?

Sponsored Links

Apakah Mungkin Membuat Rumah Dengan Baja Truck ?

Membuat rumah dengan menggunakan baja truck sudah biasa di lakukan oleh pendahulu-pendahulu kita sebelum mereka menemukan baja ringan. Kita tahu setiap stasiun hampir rangkanya menggunakan baja super sehingga awet dan bertahan hingga puluhan dan ratusan tahun, sepertinya tidak akan mungkin tergantikan. Mulai dari tiang pancang, kusen, dan penyangga atap terbuat dari baja yang tahan akan cuaca ekstrim. Apalagi seperti wilayah di daerah-daerah yang sering mengalami bencana tentu harus membuat bangunan yang memiliki kekuatan dan ketahanan yang berbeda dengan yang lain. Selain rumah, fasilitas umum juga perlu di bangun dengan menggunakan bahan yang sangat kuat, walaupun harga sangat mahal namun akan bertahan ratusan tahun seperti halte, bandara, terminal ini perlu menggunakan baja berkarakter awet.

Baja truck adalah baja yang di gunakan sebagai tulang truck yang aman dari karat sehingga menjamin truck lebih kuat daripada menggunakan besi-besi lainnya. Baja truck lebih aman daripada besi yang mudah berkarat dan korosi. Oleh sebab itu wajib bagi truck menggunakan baja sebagai tulang yang menopang beban truck. Selain itu penggunaan baja di percaya lebih presisi dan lebih kuat karena telah melalui uji dan penelitian dari ahli baja. Pembuatan bak truk bisa menggunakan kayu maupun baja, bila menggunakan kayu maka kayu kalimantan yang telah melalui proses oven. Penggunaan bahan-bahan ini akan bertahan minimal hingga 10 tahun. Demikian juga dengan penggunaan baja dan kayu untuk kusen rumah akan bertahan hingga puluhan tahun meningat lebih terlindung daripada untuk bahan truck yang sering terkena panas, hujan dan cuaca ekstrim lainnya. Dengan pemasangan yang sesuai akan membuat membuat baja truck terlihat gagah dan lincah. Apalagi kalau medan yang di tempuh adalah daerah perbukitan di pastikan harus memilih truck yang benar-benar lincah dan body yang tidak terlalu besar sehingga tidak memenuhi badan jalan.

Pengecatan baja truck dengan cat dasar, antara dan cat finish

Setelah semua baja truck terpasang dengan baik selanjutnya adalah finishing pengecatan. Mengoleskan cat pada baja selain itu akan membuat baja terlihat lebih menarik, aman dari korosi dan tidak terkesan monoton. Bahan yang di perlukan untuk cat baja adalah cat dasar dan under coat di campur yang tidak mengulit mengendap, mengelupas, yang di aduk menjadi campuran yang serba sama.Top coat tidak boleh ada gel, endapan keras dan kering dan di keringkan dalam jangka paling lama enam jam. Bila baja yang akan anda cat belum pernah di cat maka cuci dulu dengan white spirit atau solvent dan di lap sampai kering. Bersihkan karat dan kerak dengan sikat kawat atau blasting kemudian gunakan cat dasar, cat antara dan cat akhir. Bila baja tersebut sudah pernah dicat maka bersihkan dulu dengan menggunakan kerokan atau sikat kawat atau blasting kemudian lakukan pengecatan dengan cat dasat, antara dan cat finishing.

Bisnis Baja Truck sangat menguntungkan hingga puluhan juta

Menurut para pengusaha bak truck, bisnis ini cukup menggiurkan dan mendapatkan keuntungan yang sangat banyak. Sebut saja pak Kasimin yang dulunya adalah tukang kayu biasa yang menangai mebel, meja, kursi, lemari dari hasil pekerjaannya ini banyak yang mengenalnya lantaran garapan beliau cukup rapih dan mempunyai nilai seni tersendiri. Suatu saat temannya yang baru beli truck menawarkan kepada beliau apakah mau membuat dump truk. Dengan semangat belajar beliau langsung menyetujui untuk menggarap bak truck. Setelah berjalan hingga beberapa bulan masyarakan mulai mengenal hasil pekerjaannya sehingga saat ini telah mendirikan cv sendiri khusus pembuatan bak truk yang melayani kawasan jawa tengah hingga lampung dan jawa barat. Setelah berkembang lama dia mencoba baja truk untuk menggantikan bak yang terbuat dari kayu. Memang proses ini memerlukan waktu yang sangat lama, karena harus mendapat ijin tersendiri serta kemampuan dunia perbengkelan. Saat ini baja truck pak kasimin menjadi pilihan utama ketika membuat bak truk bahkan digunakan untuk bangunan rumah yang memerlukan kekuatan ekstra.

Bila anda tertarik membuat rumah atau gudang dengan menggunakan baja truck ringan sebaiknya dipikirkan masak-masak karena harganya sangat mahal dan jarang yang menggunakannya. Sekarang ini yang sedang ngetren menggunakan baja ringan.