Arsitektur Rumah Minimalis Modern

Sponsored Links

Uniknya Arsitektur Rumah Minimalis Modern Saat Ini

Saat ini rumah minimalis merupakan tren desain rumah yang sangat popular dan mendunia. Dimana-mana anda dapat menemukan desain rumah minimalis. Desain arsitektur rumah minimalis mendapat pengaruh dari Eropa dan Amerika. Desain rumah seperti ini dibuat sangat fungsional dan praktis. Pada awalnya desain minimalis dirancang sedemikian rupa untuk memenuhi kebutuhan orang-orang muda yang sibuk dan berdana terbatas, untuk memiliki sebuah hunian yang nyaman dan praktis. Rumah minimalis pada dasarnya memiliki konstruksi volume berbentuk metrik.

Arsitektur Rumah Minimalis Solusi Tantangan Jaman

Keberadaan arsitektur rumah minimalis menjawab tantangan zaman. Di Eropa dan Amerika, banyak terdapat masyarakat yang sangat sibuk beraktifitas di luar rumah. Mereka tidak mempunyai waktu untuk berlama-lama membersihkan setiap ruangan di dalam rumah. Oleh karena itu arsitekturnya dirancang demikian fungsional sehingga praktis, tidak membutuhkan perawatan yang rumit, dan juga tidak mengganggu kenyamanan pemilik rumah. Pada dasarnya, desain rumah minimalis menonjolkan desain interior dengan perabotan dan desain yang tidak berlebihan. Ruang-ruang yang ada pun didesain untuk bisa digunakan untuk berbagai fungsi, misalnya ruang makan, ruang TV, dan dapur yang menjadi satu dalam satu ruang yang sama.

Dan ruangan multifungsi seperti ini juga menawarkan beberapa manfaat bagi pemilik rumah, seperti kemudahan akses, memberikan kesan lapang, dan juga memudahkan perawatan. Namun bagi sebagian orang lainnya, ruangan multifungsi menciptakan rasa bosan dan terkungkung. Walau begitu, anda masih bisa menyiasatinya dengan memberikan sentuhan warna-warna cerah pada rumah minimalis anda, serta memberi sebanyak mungkin area ventilasi dan jendela agar cahaya alami dapan masuk dengan leluasa. Ruangan yang cerah akan memberi kesan hidup pada interior anda, juga menciptakan ilusi seakan-akan ruangan menjadi lebih lebar dan luas.

Untuk meningkatkan efisiensi, beberapa kemajuan dalam bidang arsitekturpun dikembangkan. Anda bisa menemukan beberapa desain arsitektur rumah minimalis yang menjadikan ruang kamar mandi dan ruang tidur dalam satu ruangan tanpa sekat. Demikian pula dengan ruang tamu dan ruang keluarga yang menjadi satu ruangan. Sehingga dalam satu rumah terdapat 3 ruang yang sangat fungsional. Tentunya arsitektur rumah minimalis ekstrim seperti ini tidak bisa diterapkan di Indonesia. Di nergri ini, konsep minimalis ringan dan minimalis klasik adalah dua desain yang paling banyak diminati.

Arsitektur Rumah Minimalis Yang Berkarakter Unik

Dan para pengembang nampaknya telah mengadopsi desain yang sedang menjadi tren ini. Walaupun arsitektur rumah minimalis yang ada di Indonesia tidak se-ekstrim itu, namun keberadaan ruang-ruang multifungsi yang menyatukan beberapa ruang tampaknya diterima baik oleh masyarakat Indonesia. Hal ini disebabkan karena solusi ini menjawab permasalahan keterbatasan ruang dalam rumah ukuran mini. Untuk tipe rumah 36 dan 21, ruang multifungsi sudah merupakan jawaban atas permasalahan kurangnya ruang sejak bertahun-tahun yang lalu.

Dan dalam berbagai kasus, desain minimalis juga merupakan win-win solution baik bagi pihak developer maupun pembeli. Dengan lahan yang terbatas, pengembang mampu membuat beberapa rumah yang tentunya juga mampu memenuhi permintaan pasar akan property yang saat ini semakin meningkat. Bahkan dalam beberapa kesempatan, pemerintah ikut memberikan dukungan dan kontribusinya terhadap pengembangan perumahan berbasis desain minimalis ini, dengan memfasilitasi beberapa akomodasi dan kemudahan KPR bagi peminat rumah minimalis.

Tengok saja, hampir di setiap pembangunan perumahan baru atau pun apartment, tema minimalis selalu menjadi daya tarik tersendiri. Beberapa pihak menganggap konsep minimalis melambangkan jiwa yang simple dan muda, sehingga tak jarang perumahan dengan konsep minimalis selalu menjadi pilihan bagi para pasangan muda di Indonesia. Memiliki rumah dengan desain arsitektur yang minimalis itu gampang-gampang susah. Ada beberapa karakter arsitektur rumah minimalis yang anda perlu tahu, seperti adanya konstruksi garis lurus dengan bidang datar, siku tegak lurus dimana-mana, dan terdapat perulangan modul. Hal-hal seperti ini tidak akan ditemui dalam rumah yang bergaya tradisional Indonesia ataupun rumah bergaya klasik eropa. Andapun harus bersiap dengan desain interior yang juga serba minimalis dengan berkesan “dingin dan kaku” bagi beberapa orang. Namun bagi orang modern yang sibuk, rumah minimalis merupakan jawaban kebutuhan akan hunian yang praktis dan efisien saat ini.