Awal Mula Shower Kamar Mandi Dan Cara Pemasangannya

Sponsored Links

Awal Mula Shower Kamar Mandi Dan Cara Pemasangannya

Awal mula dari shower kamar mandi itu terinspirasi pada jaman Mesir kuno, para ilmuwan mengamati air terjun yang jatuh dari atas ke bawah dengan derasnya, dan banyak orang yang merasakan sensasi kesegaran berada dibawah guyuran air terjun. Selain kesegaran juga dapat membantu relaksasi ketika mengalami stress yang luar biasa akibat banyaknya tugas dan pekerjaan yang menuntut mereka harus segera selesai. Pada zaman mesir kuno para budak bertugas untuk mengambil air lantas dituangkan pada bak-bak mandi besar milik majikan mereka, bagi yang memiliki kekayaan dapat membangun tempat mandi dengan pemanas tinggi seperti ruang uap dan sauna. Sementara sabun yang mereka gunakan adalah sabun dari bahan lemak yang dirasa kurang baik untuk kesehatan kulit.Shower-kamar-mandi-yang-bagus

Pada abad ke-19 tepatnya tahun 1810 telah ada shower kamar mandi yang di jual secara umum di pasaran terutama di Inggris, dengan penampungan besar berdiameter hingga 5 meter di letakan dalam posisi yang lebih tinggi dengan tujuan air bisa turun dengan deras dan tentu tidak perlu khawatir akan kehabisan air dalam waktu singkat.

Dari tahun ketahun shower telah mengalami banyak perubahan kea rah modernisasi antara lain produk kenamaan grohe. Grohe adalah salah satu produsen pembuat shower kamar mandi dunia dan perlengkapan lainnya, pada bulan oktober 2014 grohe menjadi sponsor utama pada ajang World Architecture Festival (WAF) di Marina Bay Sands Hotel,tujuannya untuk membantu dan membangkitkan semangat dan motivasi para desainer agar mendapatkan kreatifitas tinggi yang bernilai industry. Berbagai macam produk terbaru mereka yang di perkenalkan mulai dari keran berukuran XS dan XL. Selain itu shower toilet Sensia® IGS juga di perkenalkan dimana shower ini menawarkan personalisasi pola bilas, shower WC yang dapat di pasang dalam satu kamar mandi.

Cara memasang shower kamar mandi

Untuk menekan biaya pemasangan anda bisa Memasang shower kamar mandi itu sendiri, akan tetapi harus hati-hati tidak boleh tergesa-gesa agar tidak terjadi kesalahan, apalagi jenis air yang akan keluar itu air dingin dan air hangat. Pemanas air ada yang menggunakan tenaga listrik dan gas, untuk ekonomi menengah kebawah bisa menggunakan gas sebagai alternatifnya sebab biaya yang dikeluarkan lebih irit.

Beberapa peralatan yang perlu disiapkan untuk memasang shower kamar mandi antara lain, palu, bor beton, seal tipe, kunci pipa, adapun bahan-bahan yang akan dipasang adalah pipa fleksibel, keran shower ada yang dari bahan plastik dan logam untuk mencegah shower dari panas yang berlebihan sebaiknya menggunakan shower kamar mandi dari bahan logam karena lebih tahan panas dan awet.

Setelah semua perlengkapan dan bahan-bahan siap selanjutnya adalah mematikan sumber air utama apakah keran PAM atau keran dari penampungan air pribadi / tendon air. Semua bahan yang seperti pipa-pipa keran yang akan dipasang sambung selanjutnya dilapisi dengan seal tipe dengan ketebalan secukupnya, pemasangan seal tipe searah jarum jam, seal tipe digunakan untuk mempererat sambungan agar tidak mudah bocor. Setelah tembok yang di bor dengan dua lobang lakukan pemasangan kran dan pasang T ½ pada salah satu keran tersebut. Kemudian pasang pipa fleksibel yang menghubungkan dua keran. Selanjutnya anda bisa menyelesaikan pemasangan dengan memasang pipa shower kamar mandi pada pipa T ½. Oh iya untuk menghubungkan antara gas elpigi dengan pemanas jangan sampai keliru sebab nantinya tidak akan berfungi, untuk merk Paloma buatan Jepang seharga Rp 1.450.000, ( tapi nggak tahu sekarang harga naik apa tidak karena nilai tukar rupiah terhadap dollar sedang tinggi-tingginya ). Jalur air dan pemanas di bedakan dengan warna kuning dan putih, jalur kuning untuk aliran air sedangkan putih untuk jalur gas, selain itu kalau semburan air dari PAM kurang deras maka shower kamar mandi juga tidak terlalu berfungsi.