Bebarapa Tips Mendesain Kamar Tidur

Sponsored Links

Bebarapa Tips Mendesain Kamar Tidur

Sebelum anda mendesain kamar tidur sebaiknya anda menyiapkan konsep lebih dahulu. Bila kamar tersebut dengan ukuran yang kecil maka yang tepat adalah desain kamar tidur minimalis, kalau kamar tersebut cukup luas maka anda memiliki kebebasan untuk mendesain kamar anda, apakah memilih desain mewah, modern atau minimalis modern. Kemudian anda harus membedakan apakah kamar tersebut untuk kamar tidur utama, kamar tamu, kamar anak-anak dan kamar remaja dewasa. Dari beberapa desain kamar tidur ini akan di desain dengan sentuhan yang berbeda atau sama saja bila memang budget anda terbatas. Berikutnya adalah menentukan furniture apa saja yang dibutuhkan didalamnya, lemari yang digunakan didalam kamar tidur utama akan berbeda dengan kamar tidur anak-anak, apalagi untuk kamar tamu sepertinya tidak membutuhkan lemari, cukup meja saja.

Jendela Untuk Desain Kamar Tidur

Warna kamar tidur yang dipilih tentu harus sesuai dengan konsep awal, alternative dari warna dinding adalah aksesoris dinding kamar menggunakan wallpaper yang di sediakan dengan berbagai macam pilihan dan modelnya. Selain warna posisi jendela pada desain kamar tidur perlu di perhatikan, karena ketika jendela tepat berada di belakang tempat tidur tidak akan cocok, sebaiknya ketika anda ingin membuat jendela kamar perlu mempertimbangkan apakah memiliki kenyamanan dan kemudahan dalam segi perawatan. Jika jendela ada di atas akan lebih aman namun sinar yang masuk akan menerangi area bagian atas kamar, kalau menggunakan jendela dengan ukuran besar cahaya akan lebih banyak masuk dan menerangi seluruh area kamar namun segi keamanan kurang baik. Kalau alasan kemanan pada desain kamar tidur menjadi pertimbagan jendela kamar, maka solusinya akan memasang pengaman jendela dengan tralis yang terbuat dari besi stainless atau besi-besi khusus pengaman rumah. Kemudian tempat tidur jangan langsung berhadapan dengan pintu kamar, ini akan sangat menganggu pandangan baik dari dalam maupun luar kamar, apalagi tempat tidur yang menghadap langsung pada kloset sangat tidak disarankan oleh pakar interior.

Meja kursi dan lemari harus di sediakan didalam kamar yang memiliki ukuran luas, kalau memang kamar itu digunakan untuk tempat belajar anak atau untuk nglembur pekerjaan kantor anda, meja kursi akan sangat membantu kesuksesan pekerjaan maupun tugas sekolah anak anda. Kenapa memilih kamar untuk nglembur dan mengerjakan PR, secara umum kamar adalah tempat yang paling nyaman dan tenang untuk melakukan kegiatan yang memerlukan konsentransi penuh.

Desain Kamar Tidur Yang Memiliki Ruangan Terbatas

Bila kamar anda luas maka anda akan mudah memilih lemari yang sesuai kebutuhan, nah yang menjadi permasalahan adalah ketika kamar anda memiliki ukuran yang terbatas lantaran lokasi rumah anda sangat kecil, maka desain kamar tidur yang tepat untuk mewujudkan kamar anda menjadi lebih luas adalah dengan memilih perlengkapan kamar tidur yang multifungsi, seperti tempat tidur tidak menyisakan ruang kosong di bawahnya, bahkan bisa digunakan untuk tempat penyimpanan barang. Lemari yang di pilih adalah lemari minimalis yang bisa digunakan untuk menyimpan pakaian da nada tempat kosong tanpa pintu untuk menyimpan buku-buku penting pelajaran atau lainnya. Kalau ruangan kamar sempit maka desain kamar tidur sebaik gunakan warna yang  terang seperti putih tulang dan warna terang lainnya.

Desain pintu kamar yang di tawarkan oleh para pengrajin pintu berbeda-beda baik itu warna maupun model yang di sediakan. Ada bebarapa pilihan warna pintu yang khas menjadi pilihan utama saat ini adalah warna kecoklat-coklatan. Namun hal itu tidak berlaku bagi beberapa rumah yang memiliki konsep berbeda. Bila kamar itu dipertuntukan untuk kamar cewek yang pertama harus sesuai dengan warna tembok kamar, atau menggunakan warna netral putih yang bisa berpadu dengan warna ungu muda, merah muda, dan hijau muda. Atau mencari warna yang sesuai dengan konsep furniture kamar tidur. Terus arah membuka kamar yang baik masuk kedalam atau keluar ? beberapa pilihan utama pintu kamar cenderung membuka kedalam dari pada keluar, sebab kalau membuka keluar akan mengganggu ruang yang lain, contoh pintu hotel, sebagian banyak akan membuka kearah dalam sehingga lorong-lorong ruangan terlihat bebas dan luas. Untuk memberikan tingkat keamanan pada desain kamar tidur tentu anda harus memasang kunci kamar yang standar, sebab kita tahu sendiri biasanya kamar tidur identik dengan tempat penyimpanan barang-barang berharga seperti buku tabungan, surat perjanjian dan emas.