Bentuk Gambar Bagunan Rumah Bali

Sponsored Links

Bentuk Gambar Bagunan Rumah Bali

Rumah bali masih menjadi bahan pembicaraan yang menarik mulai dari desain, model, cat dan lain-lainnya. Kalau orang bali tentu tidak begitu memperhatikan kalau rumah bali memiliki magnet yang berbeda di kalangan pecinta rumah apalagi para turis. Rumah bali dengan gaya khas mereka mampu memberikan daya tarik yang luar biasa. Jika anda memiliki kefanatikan akan rumah model bali, tidak harus bertempat di bali, di Sumatra atau Jakartapun anda bisa membangun rumah dengan model tersebut, apalagi sekarang telah berkembang dengan gaya modern hunian milik orang bali terlihat lebih simple tidak kalah menarik dengan model tradisionalnya. Rumah dengan gaya khas pure dan memili banyak ukiran di setiap bagian dengan warna khas kuning akan bisa di contoh dengan mudah karena banyak para insinyur dan desain rumah telah memberikan gambaran tentang rumah baik itu interior maupun eksterior secara gratis yang bisa di lihat di akun facebook maupun website pribadi mereka. Jika anda tidak ingin bersusah payah merencanakan pembangunan sendiri anda bisa mencari arsitek yang ahli dalam pembangunan model bali. Biaya yang di keluarkan memang cukup mahal, sebab banyaknya aksesoris ukiran pada setiap bangunan mulai dari pintu, kusen hingga tembok, belum lagi warna yang mencolok seperti warna merah dan kuning adalah warna utama pada rumah-rumah bali.

Warna cat rumah bali

Warna cat rumah bali secara umum menggunakan warna netral tradisional, seperti kuning, coklat dan merah serta abu-abu. Dengan paduan beberapa warna itulah yang membuat brand tersendiri pada setiap warna cat rumah bali. Berberda lagi dengan model rumah dari bali yang menggunakan konsep modern dan minimalis, warna dan model rumah telah banyak berubah dari aslinya walaupun tetap mempertahankan sebagian dari gaya khasnya. Warna abu-abu lebih dominan pada rumah modern ini sehingga tampak dari kejauhan seperti rumah pada umumnya, namun ciri khas pure yang di bangun di depan rumah akan menjadi jawaban bahwa rumah tersebut milik orang bali.

Warna kotak-kotak hitam dan putih yang sering di gunakan orang bali melambangkan dunia putih dan dunia hitam, ini sebagai pengingat bahwa manusia harus selalu mengerjakan kebaikan jangan sampai mengerjakan kejelekan yang akan menjadi sumber malapetaka bagi mereka yang telah mengerjakannya bahkan tidak jarang yang tidak mengerjakan kejelekan terkeda dampak dari kejelekan orang lain yang telah mereka kerjakan. Biasanya warna hitam dan putih di pasang pada pohon maupun dinding rumah, akan tetapi warna hitam tidak begitu banyak di gunakan sebab menurut pakar perumahan bahwa warna hitam akan sangat banyak menyerap matarahari apalagi di daerah tropis seperti di Indonesia ini, oleh karena itu warna putih yang lebih dominan pada rumah bali tersebut.

Penggunaan Kayu Pada Arsitektur Rumah Bali

Rumah bali tradisional sangat kental dengan penggunaan bahan kayu, sebab menurut pakar bangunan bahan kayu lebih mudah di bentuk dan di ukir, ukiran bisa di buat dari bawah hingga atas yang akan memberikan nilai arsitektur yang sangat mahal. Arsitektur Rumah bali adalah bagian dari budaya Indonesia yang harus selalu di jaga dan di kembangkan yang akan menjadi warisan budaya Indonesia. Selain kayu, batu sebagai penyangga rumah adalah bahan bangunan rumah yang tidak di tinggalkan pada setiap rumah. Kalau di lihat dari luar memang rumah bali terkesan gelap karena menggunakan konsep pure yang tidak begitu banyak menggunakan cahaya. Untuk arsitektur modern mereka lebih memilih cahaya yang tidak begitu terang bahkan cahaya lampu di buat agar lebih memberikan kesan keanggunan pada setiap sisi dan ukiran rumah. Biasanya pada bagian depan rumah lebih luas yang di gunakan untuk pertamanan dan pure-pure kecil, selanjutnya pada ruang tamu juga lebih luas bisa menampung banyak tamu yang di sediakan kursi-kursi panjang. Ruang tamu yang luas juga biasa di gunakan untuk acara-acara keagamaan khusus keluarga atau pada setiap lingkungan rumah secara bergiliran dalam waktu-waktu tertentu. Dan tidak ketinggalan kalau rumah bali itu memiliki posisi lebih tinggi dari pada taman hingga satu meter lebih, mereka lebih banyak menggunakan batu alam sebagai tangga masuk kedalam rumah yang di tata beberapa sap hingga masuk kedalam ruang tamu.