Berbagai Jenis Meja Kantor yang Mungkin Cocok untuk Anda

Sponsored Links

Berbagai Jenis Meja Kantor yang Mungkin Cocok untuk Anda

Kursi dan meja kantor adalah salah satu benda yang wajib ada dan disediakan di tempat kerja. Tidak diragukan lagi, kedua benda ini sangat penting peranannya bagi operasional keseharian anda dan karyawan di kantor. Fungsi kursi kantor pada umumnya hanya satu yaitu sebagai tempat duduk. Tetapi fungsi meja kantor bisa cukup beragam, baik itu sebagai tempat anda meletakkan peralatan kerja, tempat untuk mendukung pelayanan, hingga tempat untuk menyimpan dokumen.

Sebenarnya meja kantor selain berfungsi untuk mendukung kinerja dan pelayanan bisa juga menjadi asset bagi kantor. Meja kantor yang didesain dengan baik dan elegan dapat menaikkan nilai prestise dari kantor atau perusahaan tempat anda bekera. Apalagi bila meja kantor itu dibuat dengan bahan yang eksklusif dan tidak terkesan murahan. Memang meja seperti ini cukup mahal akan tetapi relatif mendukung untuk meningkatkan prestise anda.

Konsultasikan Pada Jasa Desain Sebelum Memilih Meja Kantor

Bagi para pemula memang tidak mudah untuk memilih meja kantor yang tepat. Bahkan beberapa dari kita mungkin perlu berkonsultasi dan mendapatkan masukan dari seorang interior desainer berpengalaman. Ini beralasan, sebab dengan semakin meningkatnya permintaan akan meja kantor, para produsen seakan berlomba-lomba untuk mendesain dan membuat meja kantor sebagus dan seunik mungkin. Bagi sebagian orang, terlalu banyak pilihan justru membuat mereka kebingungan. Dan kehadiran seorang desainer interior professional akan memastikan anda membuat pilihan yang tepat.

Sebenarnya ada beberapa tips yang bisa gunakan untuk memilih meja kantor yang tepat. Cara dasar dalam mencari meja dengan baik dan tepat adalah mencari meja yang cocok dengan yang kita butuhkan. Dalam hal ini kita harus mengetahui kebutuhan kita dahulu untuk dapat mencari meja yang tepat.

Macam – Macam Model Meja Kantor

Meja pelayanan. Beberapa jenis kantor tertentu memiliki ruang pelayanan publik dan dibutuhkan konter atau meja yang membatasi antara petugas dan konsumen. Meja konter layaknya dibuat lebih tinggi daripada meja kantoran karena ini biasanya dipakai untuk pembatas orang berdiri jadi idealnya meja ini cenderung seukuran orang berdiri. Tepi dari meja konter idealnya dibuat tumpul supaya tidak melukai orang karena bagian ini akan tegesek dengan badan kita.

Meja untuk pertemuan. Untuk mempersiapkan meja pertemuan kita tentu saja bisa mengetahui terlebih dahulu formasi meja pertemuan yang akan kita tata daam pertemuan. Formasi meja pertemuan bisa berbentuk L, U O atau bahkan ada yang dibuat sesuai selera siapa saja. Kita sebenarnya juga bisa memanfaatkan meja kantor biasa untuk digunakan sebagai meja pertemuan hanya dengan menyusun mereka sesuai formasi yang di butuhkan dalam rapat.

Meja kantor untuk keperluan yang berhubungan dengan dokumen. Meja ini sebaiknya dibuat lebar supaya dapat digunakan untuk meletakkan dokumen dalam berbagai bentuk. Disamping itu untuk memaksimalkam fungsi sebaiknya meja ini dilengkapi dengan laci atau rak yang lebar sehingga dapati kita gunakanan sebagai rak atau laci penyimpanan dokumen. Bila anda memang ingin membuat meja dokumen maka anda tidak bisa main-main dengan bahan material yang digunakan. Pilihlah bahan material yang kuat seperti kayu karena kayu kuat untuk menampung lebih banyak dokumen.

Meja yang digunakan untuk kegiatan perkantoran sehari-hari juga harus dipilih dengan tepat. Anda seharusnya mengukur dulu luas kantor anda sebelum membeli meja lalu putuskan berapa orang yang akan bekerja dalam satu ruangan. Jangan paksakan untuk memasang meja terlalu mepet di dalam satu ruangan karena karyawan anda tetap membutuhkan sisa ruangan untuk bisa bergerak. Bahan yang paling ideal untuk meja jenis ini adalah meja yang terbuat dari kayu ringan karena meja ini tidak akan digunakan untuk menaruh terlalu bayak beban.

Bila memungkinkan, pilihlah meja yang memiliki lapisan yang halus seperti model laminasi dan memiliki ujung tepi yang landai dan tidak tajam. Dengan demikian meja ini cukup nyaman untuk dipakai bekerja. Jangan lupa untuk mempertimbangkan faktor harga per-unitnya dan apabila anda membeli dalam jumlah banyak, lebih baik anda mempertimbangkan untuk memesan dari supplier langsung, daripada membeli secara eceran lewat toko mebel. Dengan begitu, anda memiliki kesempatan untuk mendapat potongan harga yang lumayan menghemat budget.