Berbagai Tips Desain Interior Kamar Tidur Nyaman untuk Semua Anggota Keluarga

Sponsored Links

Berbagai Tips Desain Interior Kamar Tidur Nyaman untuk Semua Anggota Keluarga

Kamar tidur menjadi tempat yang sangat penting bagi kita karena di situlah kita menghabiskan malam untuk beristirahat dan menyegarkan diri. Sebagai ruang yang digunakan untuk beristirahat sudah barang tentu kita harus membuat kamar tidur senyaman mungkin. Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk membuat kamar tidur kita lebih terasa nyaman dan sepertinya kita bisa memulainya dengan membuat Desain Interior Kamar Tidur terlebih dahulu.

Alasan kenapa kita perlu membuat desain kamar tidur adalah supaya kita bisa membuat perencanaan yang tepat dan matang terkait dengan bentuk dan model kamar tidur yang akan kita buat. Desain ini akan menjadi sangat penting karena kemudian akan menjadi acuan dalam pengaturan segala hal di dalam kamar tidur, seperti peletakan furniture, instalasi listrik dan lighting, pemasangan dekorasi, dan lain sebagainya untuk mencapai tingkat kenyamanan yang kita dambakan. Desain itu pula yang akan menentukan bahan-bahan apa saja yang akan kita gunakan untuk dekorasi dan aksesoris, yang nantinya akan menghiasi kamar tidur kita. Bahkan dari desain itu kita bisa memprediksi berapa jumlah dan biaya yang akan kita keluarkan untuk membeli barang-barang dibutuhkan. Jadi, bisa dibilang dengan perencanaan dan desain yang tepat, orang bisa membuat kamar tidur yang nyaman disesuaikan dengan budget yang mereka miliki.Desain-interior-kamar-tidur-utama-minimalis

Di di era serba modern seperti sekarang, kita perlu tahu bahwa desain kamar tidur bisa sangat beragam disesuaikan dengan kebutuhan, tema, selera dan karakteristik serta kemampuan finansial penghuni kamar tidur. Bagi kebanyakan orang, hal tersebut justru membuat mereka kebingungan dalam menentukan pilihan. Artikel berikut ini diharapkan bisa membantu anda para pembaca yang sedang mencari cara untuk membuat kamar tidur yang nyaman, tanpa harus merasa pusing dan kehilangan arah.

Desain Interior Kamar Tidur Utama

Setiap rumah tentunya memiliki kamar tidur utama sebagai ruang utama bagi sang pemilik rumah untuk beristirahat. Tak jarang, kamar tidur utama juga diperuntukkan bagi mereka yang dianggap paling dihormati di lingkungan keluarga, seperti orangtua atau mereka yang dituakan. Pada umumnya kamar tidur utama memiliki ukuran yang lebih besar dan lebih lebar daripada kamar tidur lainnya. Ini akan menguntungkan kita karena kita mendapatkan cukup ruang untuk berkreasi dalam perancangan desain interior kamar tidur.

Kita juga bisa memasukkan lebih banyak furniture kedalam ruang tidur utama, dengan ukuran yang lebih besar juga tentunya. Lebih mudahnya, ukuran kamar yang lebih luas memberikan kita keleluasaan yang lebih luas pula dalam mengembangkan kreasi dan inspirasi dalam mendesain ruangan tersebut. Dari sisi warna juga bisa memilih jenis warna yang lebih beragam atau bahkan mengkombinasikan beberapa warna sekaligus, tanpa menimbulkan kesan sumpek dan sesak.

Dan seperti halnya saat akan mendesain ruangan lainnya di rumah kita, ada banyak pertimbangan yang mesti kita pikirkan ketika kita akan membuat desain kamar tidur utama, dan salah satunya adalah tema yang akan kita pilih. Banyak pilihan tema yang bisa anda terapkan, mulai dari gaya klasik, kontemporer, hingga industrial, atau bahkan dengan mengkombinasikan beberapa tema sekaligus untuk menciptakan gaya unik. Anda bisa mengadopsi tema klasik etnis untuk diterapkan di kamar tidur utama, atau bahkan mungkin simplified modern, pilihan ditangan anda.

Jika anda menginginkan sesuatu yang tidak terlalu mewah namun elegan, tema etnis klasik bisa menjadi pilihan yang tepat. Tentu saja anda harus menentukan jenis etnis mana yang akan menjadi tema untuk kamar tidur anda. Misalnya anda bisa memilih tema klasik etnis Jawa yang artinya anda perlu membuat desain kamar bergaya Jawa dengan furniture lengkap dengan ukiran Jawa, atau bisa juga nuansa etnis Madura, Bali, Sumatera, dan lain sebagainya. Adapun kamar tidur yang bernuansa etnik Jawa biasanya di dominasi oleh bahan material alami seperti kayu, batu bata ataupun bambu. Warna pilihan untuk kamar bernuansa Jawa biasanya identic dengan warna alami juga seperti warna coklat kayu, warna hijau atau disebut pareanom dan sedikit aksen kuning.

Desain Interior Kamar Tidur Ukuran 4X4

Seperti yang sudah diuraikan diatas bahwa luas kamar tidur sangat berdampak dalam perencanaan Desain Interior Kamar Tidur. Jadi, dalam hal ini ukuran ruangan memang harus diperhitungkan dengan cermat dan teliti. Setelah kita mendapatkan informasi mendetil tentang dimensi ruangan yang akan kita kerjakan, hal berikutnya yang harus kita lakukan adalah menemukan cara untuk dapat menuangkan konsep dan tema desain yang kita inginkan ke dalamnya. Kamar berukuran 4×4 secara umum sudah termasuk luas, mengingat kebanyakan rumah saat ini berukuran kecil dengan kamar tidur hanya sekitar 2×3 meter saja. Namun begitu, bagi beberapa orang kamar tidur ukuran 4×4 terlampau kecil dan tak jarang mereka melakukan perombakan untuk memperlebar kamar tersebut.

Mendesain kamar tidur ukuran 4×4 tidaklah terlalu sulit, bahkan tergolong lebih mudah dibandingkan dengan mendesain kamar yang lebih kecil. Dan terlepas apapun tema dan desain yang akan anda pilih untuk tempat tidur, anda bisa memilih ranjang yang besar seukuran dengan Master Bed bila ruang tidur anda berukuran 4×4. Selain itu anda bisa juga memasang lemari berukuran standard.

Master bed mungkin bukan satu-satunya pilihan ukuran ranjang untuk kamar tidur anda yang berukuran 4×4. Anda bisa memilih ranjang tipe Queen yang sedikit lebih kecil ukurannya. Dari situ anda masih memiliki ruang yang cukup untuk menempatkan bedside table atau meja kecil di kedua sisi ranjang. Selain itu anda juga masih memiliki ruang yang cukup untuk menempatkan meja rias di dalam kamar tidur. Semua barang-barang furniture tersebut bisa ditempatkan sesuai dengan keinginan kita atau sesuai dengan feng shui. Apabila anda memutuskan untuk memasang bedside table maka anda tidak ada pilihan lain kecuali menempatkan ranjang di tengah-tengah ruang tidur dengan bagian kepala menempel ke dinding.

Selain perabot furniture secara umum anda juga perlu mempertimbangkan dekorasi dan aksesoris untuk menghiasi kamar tidur anda. Pemilihan aksesoris dan dekorasi ruang tidur memang agak sulit karena jenis dan modelnya sangat banyak dan beragam. Namun sebenarnya anda bisa berpatokan kembali pada Desain Interior Kamar Tidur dan tema yang akan anda adopsi di kamar tidur anda. Mungkin kebanyakan pemilik rumah seringkali melupakan lantai ketika mereka mendekorasi interior rumah padahal pemilihan jenis lantai juga cukup beragam. Kita bisa memilih lantai kayu, marmer, keramik atau memilih untuk menggunakan karpet baik itu dari vinyl, karpet wol atau banyak jenis karpet lainnya.

Pemilihan pencahayaan memang pada umumnya tidak terlalu diperhatikan oleh para pemilih rumah. pemilik rumah biasanya cuma mengandalkan sebuah lampu di ruang tidur yang menempel di langit-langit ruangan, itupun dengan model dan tata pencahayaan yang sangat sederhana. Tentu saja ini akan sangat membosankan padahal pencahayaan sebenarnya cukup berperan penting untuk menambah estetika dan kenyamanan. Tata pencahayaan yang baik bisa membantu membuat ruang tidur lebih nyaman. Pada umumnya ruang tidur yang ukurannya luas biasanya akan memaksa pemilik rumah untuk memasang lampu dengan voltage yang besar padahal ini hanya akan membuat ruangan lebih panas. Sebagai gantinya disarankan untuk memeasang lampu meja di bedside table dengan voltase yang kecil. Ini tidak akan membuat panas ruang tidur.

Desain Interior Kamar Tidur Minimalis

Tak bisa dipungkiri bahwa memang ruang tidur dengan model minimalis saat ini sedang menjadi trend seiring dengan trend desain minimalis untuk berbagai eksterior maupun interior bangunan. Tidak ada salahnya kita mencoba tema minimalis dan mengaplikasikannya pada Desain Interior Kamar Tidur kita. Hal yang paling mendasar yang perlu kita pahami tentang desain interior adalah karakteristiknya. Sesuai dengan namanya desain minimalis pada dasarnya memiliki karakteristik yang sederhana, tidak terlalu banyak ornament maupun pola yang rumit. Secara umum tema minimalis lekat dengan pola yang sederhana dan serba minim seperti pola garis-garis entah vertical maupun horizontal.

Oleh karena itu ketika kita memilih perabot furniture juga harus disesuaikan dengan tema minimalis misalnya memilih ranjang berbentak persegi, memilih lemari pakaian yang berbentuk kotak dangan finishing polos, bed side table kotak dan lain sebagainya. Kita juga bisa memilih karpet yang simple tidak terlalu banyak pola. Finishing pada perabot furniture tersebut juga mempengaruhi tampilan minimalis di ruang tamu. Kita bisa memilih lemari pakaian yang dihiasi ornament kayu pada permukaannya. Demikian juga untuk ranjang, bedside table, meja rias dan lain sebagainya.

Sekalipun kita mengadopsi model minimalis untuk Desain Interior Kamar Tidur kita, tapi ini tidak berarti bahwa seluruh benda yang ada di ruang tamu harus serba polos karena sebenarnya ada beberapa pola ornament yang ditambahkan untuk memperindah kamar tidur hanya saja ornament tersebut tidak mendominasi ruangan. Banyak jenis ornament yang bisa kita tambahkan untuk finishing pada furniture seperti ornament logam, fiber, kaca dan lain sebagainya. Kita bisa memilih lemari pakaian dengan ornament kaca atau cermin dan ini akan sangat bermanfaat, tidak hanya untuk berkaca tetapi juga untuk memberikan ilusi supaya kamar tidur kelihatan lebih luas lagi.

Pencahayaan juga bisa menjadi salah satu hal penting yang perlu kita pertimbangkan karena pencahayaan dapat memberikan efek bagi kenyamanan dan estetika dari ruang tidur kita. Daripada memasang hanya satu buah lampu seperti yang lazimnya orang lakukan, kita bisa memasang bedside lamp di bedside table yang ada di kedua sisi ranjang. Lampu ini tidak perlu besar, cukup pasang lamp 5 atau 10 watt dan dipasangkan di kedua sisi ranjang. Selain itu kita juga bisa menempatkan sebuah floor lamp di sudut kamar untuk menambah pencahayaan. Baik bedside lamp maupun floor lamp kita sepertinya perlu memilih kap lampu dengan warga yang agak redup seperti kelabu muda atau krem untuk menimbulkan kesan lembut.

Permainan warna atau cat pada ruang tidur juga turut ambil bagian dalam keindahan dan tampilan ruang tidur kita dan ini harus kita masukkan kedalam Desain Interior Kamar Tidur. Ada kesalahan yang umumnya dilakukan oleh pemilik rumah terkait dengan pemilihan warna. Sebagai contoh, banyak kasus dimana homeowners ngotot ingin menggunakan warna favorit mereka kedalam kamar tidur tanpa menyadari bahwa warna yang mereka pilih tergolong warna gelap atau kurang cerah sehingga membuat ruangan terasa sangat sumpek dan jauh dari kesan menyenangkan.

Selain itu, kesalahan yang umum dilakukan oleh banyak pemilik rumah adalah mereka memilih warna perabot/furniture disesuaikan dengan warna cat pada ruang tidur. Tentu saja ini bukan perkara yang mudah karena memilih perabot furniture yang sesuai dengan warna cat kamar tidur sangat sulit dilakukan. Kalaupun kita mendapatkan warna perabot furniture yang cocok bentuk atau model furniture itu sendiri belum cocok untuk ruangan kita. Bahkan bisa jadi mungkin perabot dengan warna tersebut memang tidak tersedia di pasaran.

Jadi, cara yang seharusnya kita lakukan dengan melakukan pengecatan tembok setelah kita selesai melengkapi ruangan tersebut dengan perabot yang kita inginkan. Artinya kita memilih perabot dulu yang sesuai dengan desain kamar, lalu mengecat ruang tidur belakangan setelah kamar tidur sudah cukup lengkap. Hal ini tak lain adalah karena mencari cat yang sesuai dengan warna furniture lebih mudah dilakukan daripada kebalikannya. Dan hal ini juga sangat menghemat waktu dan biaya dikemudian hari.

Memang ada beberapa pertimbangan untuk memilih warna untuk kamar tidur. Warna yang paling cocok untuk kamar tidur dengan tema minimalis adalah warna-warna yang simple dan tidak terlalu banyak menggabungkan warna. Kita bahkan bisa mengaplikasikan satu jenis warna saja asal cocok dengan tema minimalis. Bila anda memasang perabot furniture bergaya minimalis dengan aksen kayu maka warna yang cocok adalah warna cream. Sangat disarankan untuk menghindari warna gelap karena akan membuat kamar tidur tampak sempit dan panas.

Desain Interior Kamar Tidur Kecil Full

Tentu saja kita tidak harus menerapkan desain kamar tidur yang sama untuk semua ruangan di rumah kita. Alih-alih kita bisa membuat Desain Interior Kamar Tidur anak yang benar-benar berbeda dengan kamar tidur utama. Perbedaan antara desain kamar tidur anak-anak dan dewasa cukup penting, mengingat anak-anak masih dalam masa pertumbuhan fisik dan mental jadi kita perlu menyediakan kamar yang sesuai dengan usia mereka, tak lain demi perkembangan mental dan fisik mereka. Lagi pula masing-masing orang memiliki selera dan keinginan sendiri tentang kamar yang mereka inginkan, dan memberikan kamar sesuai dengan selera mereka akan membuat mereka lebih betah berada di dalamnya. Memang ada kalanya anak-anak tidur sekamar dengan orangtua padahal akan lebih baik apabila anak-anak tidur di ruang tidur terpisah dari orangtua untuk mengajarkan kemandirian sejak awal.

Membuat desain kamar tidur untuk anak sepertinya tidak terlalu sulit, namun juga sebaiknya tidak anda remehkan sebab pekerjaan ini tidak semudah membalikkan telapak tangan. Yang membuat mudah adalah karena kamar tidur untuk anak-anak cenderung lebih kecil daripada kamar tidur utama milik orang dewasa. Ini artinya mendekorasi kamar tidur anak-anak tidak akan terlalu melelahkan. Meskipun demikian mendekorasi kamar tidur anak juga tidak bisa dikatakan mudah terlebih lagi bila orangtua tidak memiliki pengetahuan tentang dasar-dasar konsep kamar tidur untuk anak.

Ketika kita membuat Desain Interior Kamar Tidur untuk anak kita perlu tahu konsep dasarnya yaitu fun atau menyenangkan. Ini penting agar sesuai dengan pola pikir dunia anak-anak yaitu kesenangan. Berbeda dibandingkan kamar tidur orang dewasa yang bisa dibuat serumit apapun, Kamar tidur untuk anak-anak sebaiknya dibuat dengan model yang sederhana dan menyenangkan supaya mereka nyaman berada di kamar tidur. Pemilihan warna sangat penting untuk kamar anak-anak maka sangat disarankan untuk memilih warna-warna cerah seperti warna pink, bitu muda, kuning, merah, hijau dan lain sebagainya. Ini penting untuk merangsang penglihatan anak-anak mengingat anak-anak akan sangat mudah untuk menangkap warna-warna yang cerah. Pilihlah sebuah atau tiga buah warna yang cerah untuk diaplikasikan pada dinding kamar anak.

Bentuk dari perabot furniture untuk anak-anak juga bisa dibedakan dari orang dewasa. Produk furniture untuk anak-anak sudah barang tentu ukurannya lebih kecil daripada milik orang dewasa. Dari segi desain bentuk juga berbeda. Orangtua dihimbau untuk memilih produk furniture yang aman bagi anak contohnya; pada umumnya ranjang berbentuk persegi namun orangtua bisa memilih bentuk lainnya yang lebih unik dan akrab dengan anak-anak. Orangtua bisa memilih ranjang berbentuk mobil atau pesawat yang memang sudah tersedia di pasar. Ini cukup membantu untuk menyenangkan bila anak-anak ingin beristirahat. Mereka bisa bermain-main layaknya bermain mobil-mobilan di kamar tidur dan ini pastinya akan membuat anak-anak betah di kamar.

Tentu saja kita juga harus membuat Desain Interior Kamar Tidur dengan dekorasi yang sesuai dengan usia si anak. Dekorasi tersebut hendaknya bersifat edukatif dan menyenangkan bagi anak. Sebagai contoh kita bisa memasang gambar binatang berikut dengan namanya dalam huruf yang besar dan jelas. Di sini si anak bisa mengenal binatang-binatang dengan cara yang lebih menyenangkan. Bisa saja orangtua memasang gambar tokoh-tokoh kartun kesayangan si anak itu. Bila masih ada ruang tidak ada salahnya untuk memberikan media untuk mengekspresikan hobi atau ketrampilan si anak misalnya dengan menyediakan whiteboard beserta spidolnya supaya si anak bisa menggambar atau menulis apapun yang mereka inginkan. Ini akan membantu mengembangkan intelegensi dan keterampilan si anak.

Salah satu hal lain yang penting dan perlu diperhatikan adalah faktor keamanan. Orangtua hendaknya tidak memasang colokan listrik di tempat yang mudah terjangkau oleh si anak karena ini bisa berbahaya. Anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang sangat besar dan colokan biasanya akan menjadi barang yang membuat mereka penasaran tapi juga bisa berakibat fatal bagi si anak. Orangtua juga disarankan untuk memilih perabot furniture dengan sedikit mungkin bidang yang runcing dan tajam. Furniture yang aksen lengkung dapat menghindari cedera bila si anak terantuk. Apabila lantai kamar terlalu licin mungkin orangtua bisa mempertimbangkan untuk memasang karpet yang empuk demi menghindari cedera bila si anak terjatuh di lantai.

Desain Interior Kamar Tidur Anak Perempuan

Menerapkan konsep desain dan dekorasi yang disesuaikan dengan jenis kelamin atau gender sang anak sangatlah penting untuk membangun karakter mereka hingga beranjak dewasa. Sebagai contoh, desain interior kamar tidur akan perempuan hendaknya dirancang se-feminim mungkin sebab sudah kodratnya bagi perempuan untuk merasa feminism dan menyukai segala hal yang terlihat cantik dan menarik. Adapun pilihan tema yang bisa anda pilih untuk kamar tidur anak perempuan anda diantaranya adalah tema Princess Disney, Flower, Snow, dan lain sebagainya. Tema-tema tersebut memenuhi kriteria yang tepat untuk kamar anak perempuan, dan tak jarang tema tersebut banyak digunakan untuk kamar perempuan di banyak rumah.

Untuk warna, usahakan menggunakan warna dominan yang cerah seperti pink / merah muda, yellow, light blue, dan lain sebagainya. Intinya, perempuan biasanya menyukai warna cerah, dan warna-warna tersebut diatas bisa menjadi pilihan awal yang tepat. Dan tidak ada salahnya pula untuk menanyakan warna favorit mereka dan lihat apakah pilihan mereka bisa anda jadikan warna dominan di ruangan tersebut.

Selain untuk menuruti selera mereka, pemilihan warna cerah seperti pink atau kuning juga dapat membantu memberikan kesan spacious atau luas bagi ruangan tersebut, sehingga anak pun akan merasa betah menghabiskan waktu di kamar mereka nantinya. Warna cerah pada tembok juga memudahkan anda saat mendekorasi ruangan sebab warna tersebut sangat mudah dipadukan dengan warna lainnya, bahkan dengan warna gelap sekalipun. Dan jika anda kebingungan menentukan satu dari 2 warna favorit mereka, anda bisa menggunakan dua-duanya sebagai kombinasi warna tembok. Bisa dalam bentuk garis-garis vertical, horizontal, atau bahkan dibuat bentuk/pola tertentu, seperti pola love, bintang, awan, dan lain sebagainya dengan menggunakan kombinasi dua atau lebih warna.

Untuk ornament, pilihlah yang sesuai dengan tema. Sebagai contoh, jika anda menggunakan tema princess atau Disney’s Princess maka ornament yang bisa anda gunakan adalah berbagai hal yang berhubungan dengan hal tersebut, seperti bedcover bernuansa Princess, wall poster dengan nuansa serupa, lampu tidur bercorak karakter Disney, dan banyak lagi. Begitu juga bila anda memilih tema bunga atau flower maka ornament atau dekorasi yang anda gunakan hendaknya bernuansa hal yang sama. Ini penting untuk menciptakan kolaborasi yang menarik di dalam ruangan.

Desain Interior Kamar Tidur Ukuran 3×3

Membuat desain interior kamar tidur ukuran 3×3 tidak jauh berbeda tingkat kesulitannya dengan kamar ukuran 4×4. Dengan ukuran yang lebih kecil, bukan berarti ruang ekspresi anda akan jauh berkurang. Sebagai perbandingan, jika pada kamar 4×4 anda bisa dengan lebih leluasa dalam memilih jenis dan ukuran furniture, maka bisa jadi hal tersebut tidak bisa anda dapatkan saat mendesain kamar 3×3. Ukurannya lebih kecil dan sempit, itu jelas, dan ini berarti anda harus lebih cermat dalam memilih apa saja yang akan anda pasang di dalam ruangan tersebut, mulai dari pemilihan ukuran bed yang disesuaikan dengan dimensi ruangan yang tersedia, wardrobe yang tidak terlalu besar, dan banyak lagi.

Dalam mendesain interior kamar tidur ukuran 3×3, anda harus pintar-pintar dalam memanfaatkan setiap inci ruangan yang ada. Jangan sampai ada space atau area yang terbuang percuma. Sebagai contoh, area pojok merupakan area yang sering terlupakan. Banyak orang yang tidak menyadari pentingnya area pojok dan bahwa apabila kita manfaatkan dengan maksimal akan membuat banyak perubahan pada suasana kamar. Adapun cara memanfaatkan area pojok bisa dengan memasang sink atau washtafel, sebagai tempat penyimpanan atau storage, lukisan, foto, dan lain sebagainya.

Dan karena keterbatasan tempat, ada kalanya anda harus mencari solusi alternative untuk menggantikan furniture yang mungkin tidak akan muat lagi dimasukkan kedalam. Sebagai contoh, untuk TV dalam kamar tidur, hendaknya anda pilih yang model tipis dan bisa di-mount ke tembok. Dengan begitu anda tidak perlu menggunakan meja TV yang tentunya akan menghemat banyak tempat. Intinya adalah anda harus benar-benar kreatif dalam menentukan dan memilih perabot, juga dalam hal pengaturan peletakan barang-barang. Jangan sampai suatu furniture tidak dapat berfungsi dengan sempurna hanya karena anda salah dalam menentukan tempatnya. Ini bisa dihindari dengan membuat sketsa kamar terlebih dahulu atau bahkan menggunakan bantuan software desain interior kamar, sehingga anda bisa mendapat visualisasi akan kamar anda nantinya, dan membuat planning berdasarkan data yang ada.

Membuat desain interior kamar tidur ukuran 3×3 tidaklah terlalu sulit selama anda tahu apa yang anda butuhkan dan bagaimana melakukannya. Bagi anda yang tidak pernah memiliki pengalaman akan hal tersebut sebelumnya, beberapa sumber baik itu online maupun offline bisa menjadi tempat yang tepat untuk mempelajari segala hal yang mungkin anda ingin tahu. Dan ya, di internet ada labih dari cukup ide dan inspirasi yang bisa anda adaptasikan kedalam desain kamar anda nantinya.

Desain Interior Kamar Tidur Anak

Seperti halnya yang telah kami utarakan diatas, membuat desain interior kamar tidur anak bisa menjadi pekerjaan yang mudah sekaligus sulit tergantung pada pengalaman dan skill yang anda miliki. Pemilihan tema juga menjadi factor penting yang mempengaruhi apakah proyek tersebut mudah untuk anda lakukan sendiri ataukah tidak. Oleh karenanya, bagi anda yang belum pernah mendesain kamar tidur anak sebelumnya, ada baiknya anda memulai dari tema yang tergolong mudah terlebih dahulu. Sebagai contoh, untuk kamar anak laki-laki, anda bisa mencoba tema Cars yang mana kini bisa dengan mudah anda temukan bedcover, sticker, lampu, lemari, dan bahkan karpet yang berhubungan dengan karakter film Cars di toko-toko interior dan dekorasi ruangan.

Agar lebih mudah, untuk tembok anda bisa menggunakan wallpaper Cars, dimana anda tidak perlu melakukan pengecatan manual namun cukup dengan menempel wallpaper di permukaan tembok. Sebagai hiasan tambahan, anda juga bisa mencoba wall sticker yang tentunya juga bernuansa Cars.

Beberapa tempat menawarkan item-item tersebut dalam satu bundle atau paket sehingga anda tidak perlu susah-payah menemukan setiap item secara terpisah. Ini akan menghemat waktu dan juga biasanya harganya lebih murah dibandingkan anda membelinya secara terpisah.

Dan perlu anda ingat bahwa apapun desain interior kamar tidur anak yang anda pilih, hendaknya memperhatikan perihal kualitas. Kita pastinya menginginkan kamar tidur putra/putri kita didesain dengan apik dan menawan, sekaligus menginginkan hal tersebut dapat bertahan selama beberapa tahun kedepan. Dan untuk itu, kualitas sangatlah berperan penting. Meskipun tentunya seprei dan dekorasi kamar yang berkualitas tinggi sangatlah mahal, namun anda bisa menganggapnya sebagai investasi yang nantinya akan dapat anda nikmati selama beberapa tahun kedepan. Tidak banyak jenis investsai yang benar-benar dapat bertahan selaa beberapa tahun kedepan, dan dekorasi kamar yang berkualitas bisa menjadi pilihan yang tepat.

Masih tentang desain interior kamar tidur anak, pastinya ada beberapa item yang mesti anda miliki di kamar putra/putri anda selain tempat tidur, seperti peti/kotak mainan, lemari belajar, hiburan (TV atau computer), dan banyak lagi. Sangat disarankan untuk memilih benda-benda tersebut dengan disesuaikan dengan ukuran dan bentuk kamar. Jangan sampai kamar anak anda terasa sesak oleh barang sehingga mereka tidak bisa leluasa bermain di dalam kamar. Jika begitu, anak-anak akan sulit untuk merasa betah di kamar mereka sendiri nantinya.

Jadi, bagaimanapun ukuran kamar anak anda, baik itu kecil maupun besar, harus anda pastikan tersedia space atau ruang yang cukup untuk mereka melakukan berbagai aktifitas didalamnya dengan tanpa mengurangi kenyamanan. Dan tantangan terbesar dirasakan oleh mereka yang memiliki kamar anak berukuran kecil. Dengan ketersediaan ruangan yang sangat terbatas, mereka harus memutar otak mencari cara bagaimana menciptakan ruangan yang cantik sekaligus nyaman bagi buah hati mereka. Salah satu alternative solusi yang bisa dicoba adalah dengan membuat custom furniture yang memungkinkan penghematan ruang, seperti lemari belajar yang juga berfungsi sebagai lemari penyimpanan mainan, atau kamar tidur yang bisa dilipat ke tembok sehingga bisa disingkirkan saat tidak digunakan, dan masih banyak lagi.

Memiliki kamar tidur kecil dan sempit bukan berarti kita tidak bisa menciptakan ruangan nyaman dan menyenangkan untuk kita beristirahat. Dengan planning yang tepat serta pemilihan furniture yang cermat, kita bisa memanfaatkan setiap inci dari ruangan tidur kita secara maksimal. Tidak mudah memang namun bukan berarti hal tersebut tidak mungkin untuk dilakukan. Bahkan jikapun anda tidak memiliki pengalaman dan background dalam membuat desain kamar tidur mungil sebelumnya, bukan berarti anda tidak bisa melakukannya. Sebagai awal atau permulaan, anda bisa mencoba mencari ide dan inspirasi desain kamar tidur mungil dari berbagai sumber, salah satunya adalah internet.

Memang benar, internet bisa menjadi tempat yang tepat untuk mencari ide atau inspirasi mengenai apapun, termasuk ide desain interior kamar tidur mungil. Terdapat ratusan atau bahkan ribuan website yang bisa anda kunjungi, dimana anda bisa menemukan banyak ide dan inspirasi untuk anda adaptasikan kedalam desain interior kamar tidur anda nantinya. Terkadang menentukan ide mana saja yang akan dipakai bisa menjadi masalah tersediri bagi banyak orang. Hal ini lumrah terjadi dikarenakan banyaknya pilihan ide menarik yang ditawarkan oleh website-website tersebut. Namun anda bisa mempersempit pencarian dengan membuat spesifikasi yang jelas akan apa yang anda butuhkan, baik itu dengan menentukan besaran ruangan, tema yang anda inginkan, atau bahkan warna.

Hal Yang Tidak Boleh Anda Lakukan Saat Membuat Desain Interior Kamar Tidur

Dengan segala penjelasan diatas, tentunya sedikit banyak anda sudah memahami pentingnya mambuat desain kamar tidur yang tepat, serta juga tips-tips menarik seputar bagaimana mendekorasi kamar tidur yang nyaman. Namun, dengan begitu banyak panduan dan tutorial yang telah disediakan, tidak menutup kemungkinan seseorang akan melakukan kesalahan-kesalahan fatal saat mendesain kamar tidur. Dan berikut adalah beberapa kesalahan umum yang harus anda hindari saat mendesain kamar tidur.

  • Menggunakan warna cat gelap tanpa disertai system pencahayaan yang cukup. Kunci utama kamar yang nyaman adalah dengan membuat ruangan se-terang mungkin. Jika anda tidak menyukai warna tembok cerah, warna gelap bisa anda gunakan namun harus diimbangi dengan pencahayaan atau instalasi lampu yang memadai.
  • Ruangan minim ventilasi. Pergantian udara di dalam kamar sangat berperan penting untuk memastikan kenyamanan anda saat berada di dalamnya. Hembusan angin dari luar yang kaya akan oksigen akan membantu anda mendapatkan rileksasi serta memberikan anda tidur yang berkualitas.
  • Kamar tidur terletak diatas garasi. Ada banyak alasan mengapa anda tidak boleh membuat kamar tidur tepat diatas garasi, salah satunya adalah untuk menghindari kontaminasi udara yang masuk karena asap knalpot kendaraan anda. Selain itu, menurut fengshui juga hal tersebut dapat mendatangkan energy negative yang dapat mempengaruhi kesehatan anda dikemudian hari.
  • Jangan memasang televisi ukuran besar beserta home theater di dalam kamar. Banyak ahli beranggpan bahwa hal tersebut merupakan penyumbang terbesar yang menyebabkan seseorang menjadi malas, anti-sosial, dan juga obesitas. Ini dikarenakan seseorang akan lebih memilih menghabiskan waktu mereka menonton film atau serial kesukaan mereka berepisode-episode lamanya dari tempat tidur.
  • Jika memungkinkan, hindari membeli bedroom set. Mungkin hal tersebut lebih mudah dilakukan, namun dalam beberapa tahun kedepan anda akan merasa bosan dengan desain interior kamar tidur anda yang terlihat itu-itu saja. Ada baiknya anda mengkombinasikan beberapa style dan warna di dalam kamar sehingga terlihat lebih hidup dan bervariasi.