Cara membuat miniatur rumah dengan kardus

Sponsored Links

Cara membuat miniatur rumah dengan kardus

Membuat miniatur rumah termasuk pekerjaan para seniman, kejadian ini pernah terjadi pada saya saat harus membuatkan miniatur rumah dengan kardus. Sekilas memang mudah tapi ketika mulai menggerakan gunting dan cutter harus sesuai dengan ukuran agar hasilnya seperti mereka yang telah profesional dalam bidang ini. Di sekolah-sekolah TK pun banyak guru-guru yang memberi tugas supaya membuat maket rumah untuk anak didiknya, banyak sekali manfaat yang didapat dari tugas tersebut, yaitu mereka akan tahu bagian-bagian rumah itu apa saja, mulai dari pagar pintu masuk hingga belakang rumah. Yang kedua mereka akan memiliki cita-cita ingin memiliki rumah seperti apa, selain itu akan terlihat bakat mereka masuk dalam bidang apa selanjutnya orang tua tinggal memotivasi bakatnya hingga sukses.

Miniatur-rumah-kardus-sederhana
Miniatur rumah kardus sederhana

Apa saja yang dibutuhkan untuk membuat maket rumah dari kardus ?

Alat-alat yang dibutuhkan adalah gunting, cutter, penggaris, lem, pulpen dan penghapus. Bahan utamanya adalah kardus kemudian buat denah diatas kertas putih A4, tentukan rumah tipe apa yang akan di bangun, semakin kecil nominal tipenya maka ruangan yang disediakan juga sedikit. Nah disini anda harus tahu jangan sampai tema miniatur rumah tipe 36 satu lantai anda membuat banyak ruangan terutama terlalu banyak kamar tidur. Idealnya untuk rumah tipe 36 hanya memiliki 2 kamar tidur saja, bahkan hampir tidak memiliki ruang keluarga kalau terlalu mengutamakan ruang tamu, namun anda bisa mengakali kalau ruang keluarga bisa di partisi dengan ruang tamu menggunakan papan atau kaca buram tebal, kalau orang jawa lebih memilih menggunakan gebyok, paling sederhana menggunakan lemari buffet.

Selesai membuat denah kemudian menentukan tinggi miniatur rumah, dan model atapnya tumpuk atau lurus. Gunakan cutter tajam untuk memotong kardus terlebih dahulu di garis dan gunakan penggaris untuk mendapatkan potongan lurus. Setelah pemotongan pertama selesai coba di pasang untuk menentukan jendela dan pintu yang tepat, tandai dengan pulpen atau spidol, setelah itu gunakan penggaris dan pulpen untuk menggambar jendel dan pintu. Ingat ukuran jendela panjang dan lebarnya harus sama seperti rumah sebenarnya, adapun bentuk pintu depan dan belakang serta pintu-pintu dalam rumah biasanya berbeda-beda, pintu depan rata-rata memiliki ukuran lebih besar sedangkan pintu belakang dan pintu kamar agak kecil sedangkan pintu kamar mandi dibuat sangat sederhana yang penting bisa menutup atau menghalangi pandangan ketika sedang mandi atau buang air besar didalam kamar mandi.

Setelah anda membuat gambar jendela dan pintu selanjutnya lakukan pemotongan gardus atau melobanginya dengan cutter, lakukan secara perlahan-lahan sesuai dengan garis yang telah dibuat, INGAT membuat jendela dan pintu itu ketika memotong tidak semuanya, biarkan separoh sebagai engselnya dengan demikian anda tidak perlu susah untuk membuat engsel dari gardus. Namun bagi anda yang sudah terbiasa bisa memotong/melobangi jendela dan pintu. Untuk membuat jendela dan pintu menggunakan lem kayu dan menggunakan plastik transparan agar jendela seperti jendela yang sebenarnya. Sebelum membuat atap miniatur dan mulai mengecat dinding dengan alas, gunakan cat untuk memberikan warna-warna ruangan lebih bagus ( warna kardusnya hilang ) kalau memang bisa silahkan membuat cat ruang tamu dan kamar tidur berbeda, selain itu buat ilustrasi furniture dalam rumah seperti meja, kursi dan lemari. Setelah interior selesai tinggal memasang atap rumah, ini adalah bagian yang paling mudah tinggal menempelkan dengan lem dan selesai.Kalau memang ada tempat yang sisa anda bisa membuat taman untuk miniatur rumah kardus dengan menambahkan parkir mobil. Kalau miniatur rumah anda bagus akan menjadi uang jajan untuk adik-adik kecil, bahkan harganya bisa bersaing dengan miniatur rumah kayu atau bahan lain yang lebih bagus dari kardus bekas.