Cara Mengaplikasikan dan Mengembangkan Desain Dapur Minimalis

Sponsored Links

Cara Mengaplikasikan dan Mengembangkan Desain Dapur Minimalis

Dapur merupakan bagian di dalam rumah yang sangat penting karena di sinilah tempat makanan di produksi. Memang tidak semua dapur dapat diakses atau terlihat langsung oleh tamu tapi ini lantas tidak berarti kita membiarkan keadaan dapur apa adanya. Kita sebenarnya juga bisa membuat dapur kita nyaman dan bergaya. Kita bisa mengaplikasikan desain dapur minimalis yang saat ini sedang populer untuk membuat dapur kita terlihat lebih bergaya dan juga efisien.

Memang dapur bisa mengadopsi banyak model dan gaya akan tetapi saat ini banyak yang suka mengaplikasikan desain dapur minimalis karena desain model ini cukup sederhana tetapi tampak elegan. Tentu saja tidak semua rumah bisa mengaplikasikan desain dapur minimalis karena harus juga dikombinasikan dengan karakter bangunan interior dari rumah itu sendiri. Apabila rumah anda mengambil konsep mediterarian bisa jadi desain dapur minimalis tidak cocok untuk anda. Mengapa, sebab konsep mediteranean menekankan pada keindahan semata, sedangkan konsep minimalis lebih mengutamakan efisiensi dan fungsionalitas. Dengan begitu, akan sangat mudah untuk menghubungkan kedua konsep ini untuk dapat saling selaras dan seimbang.desain-dapur-dan-ruang-makan-minimalis

Konsep Dapur Modern Cocok Menggunakan Desain Dapur Minimalis

Apabila rumah anda mengambil konsep modern minimalis maka desain dapur minimalis akan sangat cocok untuk anda. Yang perlu diperhatikan dalam konsep desain dapur minimalis adalah membuat kitchen set yang juga minimalis. Kitchen set sangat mendominasi penampilan dalam suatu dapur karena dia memakan banyak tempat di dapur. Maka dari itu, di kala kita ingin mengaplikasikan gaya dapur minimalis maka kitchen set juga harus dibuat dengan gaya minimalis. Hal ini adalah untuk semakin menonjolkan efisiensi tempat dan fungsi, yang mana merupakan nyawa dari konsep minimalis itu sendiri.

Sebenarnya konsep minimalis itu sangat sederhana, yakni hanya menitik beratkan pada pola garis-garis, baik itu horizontal maupun vertical. Berbeda dengan konsep desain lainnya, pada rumah minimalis biasanya tidak banyak terdapat ornament-ornamen yang rumit. Untuk itu, jika anda berencana untuk mengaplikasikan desain dapur minimalis, kita bisa memulainya dengan memilih dan memasang kitchen set yang bentuknya sederhana. Kitchen set biasanya hanya bergaya polos hanya berupa kotak besar dan kotak kecil. Tak banyak ada ukiran atau ornament pada permukaan kitchen set.

Kitchen Set Untuk Desain Dapur Minimalis

Beberapa orang bahkan membuat kitchen set yang dengan tampilan sangat minimalis tanpa kaki. Jadi baik cabinet sisi atas maupun bawah kitchen set tersebut hanya ditempelkan secara kuat di dinding. Ini desain dapur minimalis yang unik karena membuat dapur terkesan lebih luas karena memberikan ruang yang lega di bawah cabinet. Disamping kita akan dengan mudah membersihkan kolong cabinet, karena cabinet tersebut tidak memiliki kaki. Namun begitu, desain kitchen set tersebut sebenarnya tidak wajib dan hanya bersifat pilihan saja. Karena masih banyak desain kitchen set minimalis yang bisa terapkan, dengan berbagai variasi model dan ukuran. Yang terpenting adalah anda memilih kitchen set yang selaras dengan desain yang sudah ada, baik itu pada warna, model, dan ukuran.

Sesuai dengan konsep dalam kebanyakan desain dapur minimalis bahan material yang digunakan juga relative sederhana. Kitchen set pada umumnya tidak terbuat dari kayu keras tetapi dari kayu buatan seperti MDF, kayu press atau kayu partikel. Kayu jenis ini tergolong sangat ringan dibanding kayu keras seperti jati atau sengon. Karena kayu untuk kitchen set tergolong ringan maka tidak sulit untuk menempelkennya di dinding, beda ceritanya dengan kayu keras mungkin kita akan kesulitan menempelkannya di dinding. Yang harus diperhatikan dalam hal ini adalah daya tempel kitchen set pada dinding. Jadi pastikan kitchen set menempel kuat di dinding demi faktor keamanan kita.

Konsep desain dapur minimalis juga bisa disempurnakan dengan menambah aksesoris tambahan seperti lampu dan pencahayaan yang baik. Kita bisa memilih lampu dengan desain minimalis juga atau bisa menambahkan lampu pada sisi bawah cabinet bagian atas. Ini gunanya untuk menerangi dapur dan juga untuk menimbulkan kesan elegan bagi dapur anda. Ada baiknya anda berdiskusi dengan seorang interior desainer apabila anda bingung memilih dan membuat desain dapur yang sesuai untuk rumah anda.