Cara menghemat listrik rumah tangga

Sponsored Links

Cara menghemat listrik rumah tangga

Saat ini kondisi ekonomi secara umum sedang lesu namun kebutuhan ekonomi tetap meningkat oleh karena itu perlu adanya penghematan dari segala bidang terutama pada sisi pengeluaran agar income dalam setiap bulannya tetap bisa di tabung walaupun hanya sedikit. Termasuk di dalam rencana penghematan sebaiknya anda memperhatikan cara menghemat listrik rumah tangga, listrik rumah adalah energi utama rumah-rumah modern apakah listrik tenaga nuklir, tenaga matahari maupun listrik tenaga air. Dengan anda mempraktekan cara menghemat listrik rumah maka 50% pengeluaran bulanan anda akan berkurang, yang biasanya dalam setiap bulan menggunakan listrik hingga ratusan kilowhatt maka anda akan menghemat separuhnya. Berikut ini cara menghemat listrik rumah dengan bijak :

Cara-menghemat-listrik-ac-rumah-tangga
Cara menghemat listrik ac rumah tangga
  1. Perhatikan saat anda menyalakan lampu dan mematikan lampu. Pertama-tama anda harus mendata seluruh lampu dalam rumah termasuk lampu halaman dan taman. Lampu halaman atau taman sebaiknya di nyalakan ketikan keadaan sudah benar-benar gelap, apalagi lampu taman yang fungsinya hanya sebagai hiasan taman namun membutuhkan votase yang cukup besar bahkan anda dapat mengurangi beberapa lampu taman dengan cara menyalakan secara bergiliran setiap malam. Pagi tiba segera matikan lampu taman, maka dari itu biasakan untuk bagun pagi untuk mematikan listrik, kalau memang anda malas untuk keluar rumah anda bisa memasang saklar lampu taman di dalam rumah. Juga demikain dengan lampu-lampu di dalam rumah kalau memang masih ada sinar matahari atau keadaan belum gelap usahakan jangan menyalakan lampu karena alasan kurang terang, jangan menyalakan lampu pada ruangan yang tidak/jarang di gunakan seperti ruang tamu dan kamar mandi dan ketika anda mau tidur sebaiknya matikan lampu kamar sedangkan untuk ruang keluarga ketika mau tidur gunakan lampu remang yang tidak begitu mebutuhkan listrik besar. Saat bepergian matikan semua listrik agar listrik tidak terbuang sia-sia dan mengurangi resiko kebakaran karena konsleting sebab tikus yang suka memakan pembungkus kabel. Anda bisa juga menggunakan tekhnologi yang di temukan oleh siswa situbondo yaitu dengan menggunakan sinyal telphon seluler bisa mematikan listrik dari jarak jauh.
Cara-menghemat-listrik-dengan-kapasitor
Cara menghemat listrik dengan kapasitor

2. Mengontrol penggunaan listrik untuk perlengkapan rumah tangga misalkan setrika, mesin cuci dan magic com. Tiga alat ini sering di gunakan dan menjadi peralatan rumah tangga yang sangat di butuhkan. Selain itu kebutuhan tenaga listrik pada tiga alat ini sangat besar, nah untuk menyikapi hal tersebut maka penggunaannya sebaiknya pada waktu pagi hari ketika listrik tidak begitu banyak di gunakan dan gunakan secara bergantian antara setrika, magic com dan mesin cuci. Karena menurut cerita yang beredar kalau penggunaan alat-alat besar secara bersama-sama akan mempercepat perputaran meteran listrik.

Saya kira dua cara menghemat listrik rumah tangga akan membantu anda dalam membatasi pengeluaran tenaga listrik.