Cara-pemasangan-rangka-baja-ringan

Cara Menyambung Baja Ringan Dengan Keeling, Baut Dan Las

Posted on

Cara Menyambung Baja Ringan Dengan Keeling, Baut Dan Las

Kontruksi baja ringan adalah sambungan dari beberapa baja dengan panjang yang bervariasi sehingga terbentuk kontruksi yang kuat, rapi dan apik. Agar baja ringan yang memiliki ukuran panjang yang berbeda supaya menjadi bentuk yang di inginkan maka perlu mengetahui secara detail cara menyambung baja ringan sesuai dengan perhitungan dan analisa para insinyur pembangunan. Salah satu cara menyambanugn baja ringan adalah dengan menggunakan paku keeling. Paku keeling pernah popular di amerika, namun keberadaan sekarang mulai di tinggalkan. Paku keeling memiliki ukuran yang berbeda sesuai dengan baja ringan yang akan di sambung. Bentuk mirip silinder dan terbuat dari baja batangan dan cara pemasangan yang sangat efektif agar memiliki daya jepit yang kuat maka pakukeling harus di panaskan sampai berwarna merah muda, selanjutnya di tekan sehingga ketika telah dingin akan memiliki daya jepit yang kuat. Sebenarnya bisa saja di pasang ketika keadaan dingin namun tidak begitu kuat untuk menjepit rangkaian baja ringan. Paku keeling memiliki sifat yang permanent dan pemasangannya biasanya pada bangunan yang memiliki getaran besar maupun bangunan yang bergerak. Dan dia memiliki kelemahan ketika terjadi karat sulit untuk melakukan penggantian.Cara-pemasangan-rangka-baja-ringan

Cara menyambung baja ringan dengan baut hitam atau bisa di sebut dengan baut biasa ini harganya cukup murah, bila terpaksa menggunakan baut hitam harus menggunakan banyak baut dan paling cocok di pasang pada baja ringan yang tidak memiliki beban cukup berat. Baut hitam memiliki kepala segi enam dan bagian halus di sebut sebagai Shank dengan ujung memiliki gigi/threads untuk memasang Hex Nut namun sebelumnya harus di pasang Washer.

Selain baut hitam ada juga baut pass, baut ini hanya di gunakan pada baja bermutu tinggi untuk konstruksi berat seperti jembatan. Bentuknya sama persis dengan baut hitam namun ukuran lebih besar dari pada baut hitam, semua baut menggunakan ring ini bertujuan ketika mur di kencangkan maka uliran baut tidak mudah dol atau londot. Banyak yang mengatakan cara menyambung baja ringan dengan baut ini memang mudah di lakukan bongkar pasang bahkan bisa untuk menyambung baja ringan yang memiliki ukuran lebih dari 4d, berbeda dengan paku keeling yang hanya bisa di gunakan pada baja ringan ukuran maksimal 4d. sehingga sangat cocok untuk bangunan-bangunan berskala besar.Cara-memasang-baja-ringan

Cara Menyambung Baja Ringan Dengan Menggunakan Las

Tentu kita sudah familiar dengan penggunaan las yang bisa merekatkan atau menyambung baja yang putus atau terbelah. Demikian juga ada cara menyambung baja ringan dengan las. Pengelasan baja ringan yaitu dengan cara melelehkan baja dengan panas yang maksimum dan nanti ketika dingin akan rekat dan tersambung dengan baik. Pengelasan ada dua metode yaitu menggunakan las otogen atau karbid dan las lumer atau di sering kita ketahui dengan las listrik. Untuk bangunan yang bersipat besar tidak di perkenankan menggunakan las otogen tapi harus menggunakan las listrik. Cara menyambung baja ringan dengan las memiliki keuntungan lebih kuat dan kokoh dibandingkan dengan menggunakan paku keeling atau baut. Dengan las listrik hasil akan terlihat lebih rapi karena sambungan benar-benar bisa melumer bersama dengan elektrode las listrik. Selain itu anda tidak perlu membuat lubang-lubang pada ujung baja yang akan mengurangi kekuatan dan pengerjaan oleh professional akan lebih cepat.

Bahaya yang di timbulkan cara menyambung baja ringan dengan las yaitu ketika pengelasan kurang sempurna maka tidak akan bertahan lama, bisa ambruk dan tentu akan menyebabkan kecelakaan bahkan korban jiwa. Selain itu tidak bisa di bongkar pasang karena telah menyatu dengan las.

Gravatar Image

Memiliki rumah yang cantik dan nyaman adalah impian semua orang. Namun, tidak semua orang mampu mengetahui secara pasti bagaimana mendesain rumah dan menciptakan tempat tinggal yang nyaman bagi seluruh anggota keluarga. Dan disinilah kami. Demi menjawab kebutuhan anda akan informasi mengenai properti dan desain interior, kami mencoba menyajikan semua yang anda butuhkan disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *