Cara Sederhana Membuat Taman Rumah Minimalis

Sponsored Links

Cara Sederhana Membuat Taman Rumah Minimalis

Taman adalah aset yang sangat berharga bagi rumah kita. Apabila rumah anda memiliki ruang terbuka yang cukup maka tidak ada salahnya apabila anda meluangkan waktu dan tenaga untuk membuat taman di rumah anda sendiri. Taman yang dirawat dengan baik akan mampu memberikan suasana segar bagi penghuni rumah, dan tentunya membuat rumah kita lebih cantik lagi. Namun sayangnya tidak semua rumah memiliki lahan yang luas, terutama mereka yang memiliki hunian berukuran kecil atau di perumahan. Namun begitu, hendaknya hal tersebut tidak menjadi halangan bagi anda untuk memulai membuat taman. Apabila anda memiliki lahan yang tidak terlalu luas, alternatifnya adalah anda bisa mencoba mengaplikasikan konsep taman rumah minimalis. Seperti halnya taman pada umumnya, taman rumah minimalis mampu memberikan berbagai manfaat bagi anda, baik itu keindahan maupun atmosfer menyegarkan. Yang membedakan hanyalah bahwa taman rumah minimalis khusus dirancang untuk lahan taman yang tidak terlalu luas, sehingga bisa diaplikasikan oleh siapa saja yang memiliki keterbatasan lahan.Taman-Depan-Rumah-Minimalis-Modern

Sesuaikan Konsep Taman Rumah Minimalis Dengan Model Rumah Anda

Sebelum anda membuat taman rumah minimalis tentunya anda harus menyesuaikan dengan model atau tema rumah anda. Tidak semua rumah mengusung konsep minimalis karena ada beberapa yang memiliki konsep tradisional, mediteranian dan lain sebagainya. Akan tetapi sebenarnya sekalipun rumah anda tidak mengusung konsep minimalis bukan berarti anda tidak bisa mengaplikasikan konsep taman rumah minimalis. Yang perlu anda lakukan adalah mengkondisikan atau mengadopsi konsep taman minimalis yang dipadupadankan dan dikombinasikan dengan gaya rumah anda.

Pada rumah dengan desain etnis atau tradisional biasanya dibutuhkan aksesoris etnis yang dipasang di seputaran taman semisal; ukiran relief traditional di dinding taman atau bahkan patung tradisional yang dipasang pada taman. Untuk model rumah mediteranian biasanya dipasang pot tanaman dengan ukiran dan ornament mediteranian atau patung bergaya eropa. Apabila anda ingin mengadopsi taman rumah minimalis untuk rumah yang bergaya tradisional atau mediteranian sepertinya ada beberapa ornament atau hiasan taman yang harus anda hilangkan.

Pada dasarnya desain taman rumah minimalis sangat sederhana. Anda tidak perlu menanam terlalu banyak pohon besar, cukup dominasi taman dengan rumput segar di seluruh permukaan tanah. Anda bisa memilih rumput manila, rumput gajah, rumput jepang dan sebagainya asalkan mereka tumbuh subur dan rapi maka akan membuat taman anda luas dan segar. Kalaupun anda ingin menambahkan beberapa tanaman lainnya anda bisa menanam beberapa jenis pohon palem yang pendek saja untuk memperindang suasana.

Tanaman lain yang bisa anda tanamkan pada taman rumah minimalis adalah bambu cina, bambu kuning atau bambu jepang. Anda bisa menanamkan mereka di pinggir atau menempel pada tembok dinding taman. Anda juga bisa menambahkan pohon cemara udang atau pohon trembesi dan lain sebagainya.

Dekorasi Taman Rumah Minimalis

Untuk dekorasi, tidak ada batasan khusus tentang hal tersebut. Anda bisa mendekorasi taman rumah minimalis anda dengan apa saja, asalkan tidak terlalu ramai dan cukup simpel. Dan karena taman anda berukuran kecil, sebaiknya anda perhatikan ukuran dekorasi, jangan sampai terlalu berlebihan. Anda bisa memakai pot dengan aksen batu. Akan lebih baik lagi apabila pot tersebut berbentuk kotak, agar selaras dengan konsep garis-garis pada rumah minimalis. Anda juga bisa menambahkan jalan setapak dari lantai batu. Pilih lantai batu yang berbentuk kotak dan memiliki aksen batu yang kuat sebagai aksesori taman rumah minimalis anda.

Apabila lahan untuk taman yang anda miliki masih cukup luas maka anda bisa mengembangkan lebih banyak lagi dekorasi untuk taman rumah minimalis anda. Anda bisa menambahkan air terjun tempel. Saat ini banyak tukang taman yang bisa membuat air terjuan yang menempel pada dinding taman. Alternatif lainnya adalah membuat gazebo di taman anda. Usahakan untuk memilih gazebo dengan model minimalis daripada yang memiliki model etnis supaya sesuai dengan tema minimalis pada taman anda. Anda bisa mengadopsi saung Sunda ketimbang gazebo model Jawa atau Jepara yang dipenuhi ukiran. Akan lebih baik lagi apabila anda tidak membuat gazebo dari bahan bambu tetapi kayu agar tampak lebih elegan.