Denah Rumah Sederhana yang Minimalis

Sponsored Links

Denah Rumah Sederhana yang Minimalis

Denah rumah sederhana tetapi minimalis merupakan idaman bagi banyak orang, khususnya bagi mereka yang sudah berkeluarga. Rumah dengan konsep sederhana adalah rumah yang lebih mementingkan aspek fungsi hunian dari pada aspek keindahan ruangan, seperti dekorasi  atau hiasan aksesoris. Sedangkan rumah minimalis merupakan rumah yang sederhana namun dengan tetap mempertahankan ketersediannya bagian-bagian rumah yang penting, seperti ruang keluarga, ruang tamu, dapur, ruang makan, kamar tidur dan kamar mandi. Nah, jika anda merupakan pasangan keluarga baru atau keluarga kecil, tidak ada salahnya melihat beberapa desain rumah sedehana dan minimalis berikut yang pastinya nyaman dan murah.

Banyak contoh denah rumah sederhana yang bisa anda dapatkan dan juga tidak sulit untuk menemukannya. Beberapa majalah memfokuskan diri membahas tentang desain rumah dan anda bisa mendapat segala informasi mengenai rumah sederhana termasuk referensi contoh denah, desain interior, dan lain-lain. Dengan menggunakan konsep rumah sederhana yang lebih mementingkan aspek hunian, banyak orang yang merasa nyaman dengan konsep tersebut. Anggapan orang saat ini adalah bahwa suatu rumah adalah tempat tinggal yang nyaman untuk dihuni bersama keluarga. Tetapi tidak ada salahnya rumah sederhana yang anda miliki saat ini akan enak dipandang dengan beberapa sentuhan dekorasi yang minimalis tentunya. Perlu diingat bahwa rumah sederhana anda dapat pula didesain sedemikian rupa sehingga tampak lebih stylish dan menawan.

Aspek Penting Pada Denah Rumah Sederhana

Nah, sebelum anda melihat dan membandingkan beberapa contoh denah rumah sederhana, hendaknya anda memperhatikan aspek penting dalam membuat rumah hunian yang sederhana. Dan berikut ini kami mencoba menjabarkan beberapa poin penting tentang bagaimana membuat denah rumah sederhana yang nyaman dan terjangkau. Dengan menerapkan tips dan saran dibawah ini, kemungkinan besar anda akan mampu membuat rumah idaman anda dengan desain yang minimalis dan harga yang terjangkau.

Yang pertama adalah konsep ruangan. Hal yang paling penting adalah ruangan yang kita buat memliki fungsi yang sesuai. Jangan sampai ruangan yang ada kurang ataupun berlebih, karena jika kurang kita akan kerepotan nantinya, misalnya barang-barang harus ditaruh dimana kita tidak akan tahu. Sedangkan jika berlebih juga tidak tepat, karena ruang yang lebih nantinya tidak akan terpakai dan dibuat tempat penyimpanan barang atau yang kita sebut gudang. Dan pastinya hal ini mengurangi efisiensi dari penggunaan ruangan. Untuk jumlah ruangan yang harus anda buat nantinya, itu tergantung pada jumlah anggota keluarga yang anda miliki. Umumnya, untuk sebuah rumah minimalis sederhana dibutuhkan 2 atau 3 kamar tidur, dengan tambahan beberapa ruangan untuk dapur, ruang keluarga, kamar mandi, dan lain-lain. Pembuatan kamar tidur tamu adalah optional, terutama bagi anda yang memiliki intensitas tamu yang tinggi.

Memaksimalkan Denah Rumah Sederhana Minimalis

Yang kedua adalah desain rumah yang minimalis. Misalnya dalam hal fasilitas penerangan, jika anda ingin memanfaatkan fungsi setiap bagian bagian rumah semaksimal mungkin, maka anda dapat menggunakan cahaya matahari sebagai sumber pencahayaan. Karakteristik Denah rumah sederhana salah satunya adalah tentang bagaimana memanfaatkan setiap inci dari ruangan secara maksimal, serta bagaimana cara menekan anggaran agar nantinya tidak terlalu mahal. Tips yang dapat  anda lakukan yaitu penggunaan ventilasi yang memadai serta instalasi atap yang sebagian transaparan, sehingga cahaya matahari dapat masuk dengan lancar. Selain itu, dalam keseharian sangat disarankan untuk selalu membuka jendela setiap hari, dan menggunakan plafon jenis glass block serta matikan juga lampu pada ruangan yang tidak dipakai.

Kemudian pilih cat yang sesuai. Dengan pemilihan cat yang sesuai denah rumah sederhana yang anda miliki juga akan bertambah enak saat dipandang. Untuk rumah yang minimalis sebaiknya menggunakan cat yang tidak terlalu terang. Begitu juga rumah dengan denah rumah sederhana, akan terlihat sederhana jika warna cat yang dipakai tidak terlalu mencolok. Oleh karenanya, gunakanlah kombinasi warna yang lembut seperti ungu, merah muda, hijau, putih dan lain sebagainya. Penggunaan warna yang cerah juga memberikan kesan ruangan yang luas dan nyaman. Hal ini sangat dibutuhkan pada rumah dengan ukuran yang tidak terlalu luas. Saat ini, ada ratusan bahkan ribuan pilihan warna yang tersedia di pasaran. Bahkan pada beberapa toko diterapkan sistem request warna, dimana anda bisa meminta warna cat tertentu untuk dinding anda.