Desain dan Tema yang Cocok untuk Konsep Dapur Tipe 36

Sponsored Links

Desain dan Tema yang Cocok untuk Konsep Dapur Tipe 36

Rumah adalah salah satu asset yang sangat berharga bagi masa depan kita tak perduli bagaimanapun bentuk dan besaran rumah yang kita miliki. Tidak semua orang memiliki rumah yang besar, kadang kita cukup bersyukur sekalipun hanya memiliki rumah kecil tipe 36. Memang agak sulit mengatur interior rumah berukuran kecil terlebih lagi untuk bagian dapur. Kita perlu mengaplikasikan konsep dapur tipe 36 sehingga sesuai dengan kapasitas ruang dapur dan kebutuhan masak memasak kita sehari-hari di dalam rumah.

Walaupun pada dasarnya rumah tipe 36 memiliki ukuran yang kecil, namun rumah tipe tersebut sudah cukup ideal bagi keluarga kecil dengan 3-4 anggota keluarga. Dan dengan ukuran keseluruhan ruangan yang kecil, maka konsekuensinya adalah ukuran dapur yang juga kecil. Pada kebanyakan desain rumah tipe 36, alokasi ruangan untuk dapur hanya berukuran kira-kira 2×2 meter atau bahkan kurang dari pada itu. Untuk itu konsep dapur tipe 36 yang paling cocok adalah mengaplikasikan konsep minimalis yang terkesan sederhana, ringkas dan cukup akomodatif. Apabila kita tinggal dalam rumah sekecil tipe 36 kita juga harus bijaksana untuk menyesuaikan jumlah perabotan dapur karena apabila terlalu banyak memakai perabotan yang tidak atau jarang kita gunakan maka dapur kita terasa penuh dan sumpek.

Konsep Dapur Tipe 36 Bukan Suatu Keharusan

Sekalipun kita bisa mengusung konsep minimalis dalam konsep dapur tipe 36 yang kita miliki akan tetapi sebenarnya ini tidak bersifat keharusan, tetapi tergantung pada konsep keseluruhan rumah anda. Apabila rumah mungil anda secara keseluruhan bertema mediteranian tentunya konsep minimalis tidak aplikatif untuk dapur anda. Yang bisa anda lakukan adalah mengkombinasikan konsep mediteranian dengan konsep minimalis sehingga dapur anda tampak cantik. Boleh anda menggunakan ornament mediteranian seperti gaya tile atau keramik bergaya mediteranian pada meja dapur tetapi disarankan memilih ornament yang sederhana dan berwarna terang supaya tidak membuat dapur anda sumpek dan penuh.

Apabila anda memiliki rumah tipe 36 dengan desain minimalis maka anda sangat beruntung karena anda bisa menerapkan konspe minimalis di dapur anda. Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan saat membuat konsep dapur tipe 36 dengan tema minimalis. Yang pertama adalah pemilihan warna. Sesuai dengan temanya yang minimalis tentunya pemilihan warna diupayakan seminimal mungkin. Artinya anda tidak perlu mengaplikasikan terlalu banyak warna, cukup pilih kombinasi dua warna utama dan satu warna selingan dalam porsi yang kecil. Pilihlah warna yang cerah dan tidak suram, untuk menimbulkan kesan ruangan yang terang dan cerah. Ini penting agar ruangan anda tampak lebih luas dan lebar. Sedangkan jika anda menginginkan kombinasi 2 warna, anda bisa memilih warna cerah sebagai warna dominan dan menggunakan warna gelap sebagai tambahannya, seperti warna kuning dan hitam, putih dan hitam, dan lain sebagainya.

Titik Fokus Pada Konsep Dapur Tipe 36 Dengan Tema Minimalis

Titik fokus pada konsep dapur tipe 36 dengan tema minimalis ada pada kitchen set karena kitchen set memakan banyak ruang dalam dapur. Usahakan memilih kitchen set dengan desain minimalis dan warna yang cerah pula, atau anda bisa memilih kitchen set dengan sisi dari kaca atau bahkan cermin. Warna kitchen yang cerah atau dilapisi kaca, terlebih lagi cermin, dapat menciptakan ilusi seakan-akan ruang dapur anda lebih tampak lebih luas. Ilusi seperti ini sangat lah dibutuhkan pada ruangan yang sempit, sehingga anda akan merasa nyaman menghabiskan waktu di rumah anda tanpa harus merasa sesak atau sumpek.

Apabila dirasa perabot anda terlalu banyak dan tidak cukup muat di dalam cabinet kitchen set anda maka disarankan untuk membuat kotak penyimpanan tambahan dan tempelkan kotak penyimpanan tambahan tersebut ke dinding yang kosong. Upayakan untuk memaksimalkan dinding sehingga lantai anda tampak lebih lega. Sekalipun kecil konsep dapur tipe 36 anda tersebut masih bisa ditambahi aksesoris sehingga tampak lebih cantik. Cara yang paling mudah adalah menambahkan lampu dibawah cabinet dinding untuk menerangi meja dapur anda. Dapur bukanlah ruang tamu atau ruang keluarga jadi tidak cocok bila anda menempatkan vas bunga atau pigura lukisan di dinding dapur terlebih lagi dapur anda berukuran kecil. Ini hanya akan membuat dapur terkesan penuh.