Desain Interior Ruang Tamu Istimewa

Sponsored Links

Desain Interior Ruang Tamu Istimewa

Desain interior ruang tamu tidak terlalu rumit untuk dilakukan sendiri, sehingga tidak perlu meminta orang yang pinter dalam hal interior rumah. Dengan begitu anda dapat mengkonsep, membangun dan merancang sendiri interior ruang tamu yang sesuai. Walaupun tidak mudah, namun membuat sendiri desain ruang tamu adalah hal yang patut anda coba. Anda bisa mendapat inspirasi dan ide desain dari berbagai sumber, seperti majalah interior, website, atau bahkan dengan berkonsultasi dengan desainer interior favorit anda. Tujuan utama dalam proses pengaturan desain ruang tamu istimewa dan minimalis adalah untuk memudahkan anda nantinya dalam menentukan letak perabot atau dekorasi interior yang ingin anda taruh diruangan tersebut. Desain yang anda buat juga bisa anda sesuaikan dengan budget yang tersedia, sehingga hal ini merupakan nilai lebih yang seharusnya tidak anda abaikan.Desain-interior-ruang-tamu

Kebebasan Mendesain Interior Ruang Tamu

Kelebihan membuat desain interior ruang tamu sendiri adalah kita dapat bebas berkreasi dalam menentukan interior rumah yang tepat. Jadi jika anda merasa bosan dengan interior ruang tamu saat ini, anda dapat merubahnya sesuai dengan keinginan. Bagi anda yang telah familiar dengan computer atau desain grafis, anda bisa memanfaatkan mengetahuan anda di bidang ini dalam pembuatan konsep desain ruang tamu. Ada banyak aplikasi dan program desain interior yang bisa anda coba, sehingga hasilnya akan lebih rapi dan dengan perhitungan yang cermat.

Ruang tamu merupakan ruangan yang perlu mendapat perhatian penting, karena diruang tamulah anda menerima tamu yang mana orang akan melihat sisi keindahan rumah anda, apalagai ruang tamu juga merupakan ruangan pertama dimana orang bias melihat isi rumah anda. Hal yang perlu diperhatikan dalam mendesain ruang tamu tidak hanya aspek kualitas, tetapi mencakup juga aspek kuantitas. Misalnya, di ruang tamu diusahakan tidak terlalu banyak dekorasi dan perabot, karena dapat mengurangi nilai kenyamanan ruangan tersebut. Namun begitu bukan berarti anda lantas tidak menggunakan dekorasi apapun. Ruang tamu yang indah juga akan membuat orang yang berkunjung merasa nyaman dan tidak terkesan kaku.

Tips Memilih Desain Interior Ruang Tamu

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu anda perhatikan ketika membuat desain interior ruang tamu. Dengan memahami hal-hal tersebut dibawah ini, diharapkan anda akan mampu membuat konsep desain ruang tamu dengan lebih baik dan istimewa.

Memilih Tema dan Konsep

Sebelum membuat desain interior ruang tamu, hendaknya kita mengkonsep terlebih dahulu tema apa yang akan kita gunakan dalam ruang tamu kita nantinya. Dengan menentukan tema terlebih dahulu, juga akan memudahkan anda dalam proses selanjutnya, seperti saat memilih perabot, mendekorasi ruangan, dan lain sebagainya.

Jika anda merasa bingung dalam menentukan tema dan konsep yang cocok, alternatifnya anda dapat menyesuaikannya dengan tipe rumah. Contohnya, jika anda memiliki rumah dengan tipe tradisional klasik, anda dapat menggunakan kursi dan meja yang terbuat dari kayu maupun bamboo. Sedangkan lampu yang digunakan adalah lampu tegak yang terbuat dari anyaman bambu juga. Selain itu penyangga kaca dapat anda dekorasi sesuai dengan keinginan dan tema tradisional yang diusung. Sebagai tambahan dapat digunakan barang-barang tradisional Jawa misalnya wayang, terutama jika anda ingin menonjolkan sisi culture atau budaya Jawa.

Pilihlah Perabot dengan Bijak

Beda lagi dengan rumah yang bertema modern, anda hanya dapat memilih perabotan ruang tamu yang sesuai. Misalnya sofa, desain interior ruang tamu untuk rumah bertipe modern memiliki tujuan mudah diletakkan dan dipindahkan dalam hal barang-barang. Anda dapat memilih 2 buah sofa panjang dan sebuah meja yang memiliki desain minimalis modern. Tambahkan juga lampu tegak yang bergaya minimalis sesuai keinginan. Tapi jika anda hendak menambahkan rak buku dalam ruang tamu, hendaklah pilih rak buku yang terbuat dari kayu atau bambu. Sehingga nantinya ruang tamu tidak terkesan sempit.

Dalam pemilihan warna cat untuk desain interior, terdapat dua kategori warna yang bisa anda pilih, yakni warna terang dan gelap. Jika anda ingin menggunakan warna terang gunakanlah warna-warna yang mencolok, karena menggunakan warna terang dapat menceriakan suasana ruang tamu. Sedangkan warna gelap dapat membuat suasana ruang tamu anda menjadi lebih sejuk dan tenang, seperti warna hijau, coklat, dan semacamnya.