Desain Praktek Dokter Gigi yang Ramah Bagi Pasien

Sponsored Links

Desain Praktek Dokter Gigi yang Ramah Bagi Pasien

Mengunjungi dokter gigi bisa jadi sesuatu yang sangat menakutkan bagi banyak orang pada umumnya terlebih lagi bagi anak-anak. Ini karena mengunjungi dokter gigi identik dengan rasa sakit atau perasaan ngeri melihat berbagai peralatan logam yang digunakan. Padahal, berbeda dengan anggapan banyak orang terutama anak-anak, apa yang para dokter gigi lakukan adalah sesuatu yang mulia, yakni membantu mereka yang dilanda sakit gigi atau area mulut. Tak bisa dipungkiri bahwa yang paling dominan dalam memancing perasaan takut pada pasien adalah rasa nyeri saat sakit gigi ditambah pula dengan peralatan perawatan gigi yang tampak begitu mengerikan, terutama bor gigi yang memiliki suara keras dan menakutkan. Maka dari itu untuk mengubah image negatif terhadap dokter dan klinik gigi, banyak para praktisi yang beralih menggunakan Desain Praktek Dokter Gigi yang lebih friendly dan membuat semua orang rileks, terutama saat menunggu giliran.

Desain-Praktek-Dokter-Gigi

Apabila anda seorang dokter gigi dan akan membuka tempat praktek atau klinik pengobatan gigi maka ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan. Anda bisa memulai dengan jenis profesi anda sebagai dokter gigi. Saat ini ada beberapa layanan jenis pengobatan dan perawatan gigi. Anda bisa memutuskan apakah anda akan membuka klinik gigi untuk umum, untuk anak-anak atau untuk estetika atau kosmetik. Hal tersebut layak untuk diperhitungkan supaya anda bisa menentukan Desain Praktek Dokter Gigi dan klinik yang sesuai dengan tema dan spesifikasi profesi anda.

Konsep Minimalis Pada Desain Praktek Dokter Gigi

Secara umum anda bisa mengaplikasikan konsep minimalis pada klinik anda. Alasan dipilihnya konsep ini adalah karena konsep ini sangat simple tetapi cukup elegan. Konsep minimalis juga terbilang praktis dan dapat diterapkan pada Desain Praktek Dokter Gigi dengan spesifikasi apapun. Saat membuat desain klinik anda sebisa mungkin ada ukur terlebih dahulu luasan lahan tanah yang anda miliki supaya anda kemudian bisa membaginya menjadi beberapa ruangan. Dengan mengetahui secara pasti luas lahan yang akan anda gunakan, maka akan lebih memudahkan dalam perancangan desain ruang praktek anda nantinya.

Pada dasarnya apapun Desain Praktek Dokter Gigi wajib memiliki beberapa ruangan yang terpisah. Yang pertama adalah ruang tunggu pasien lalu ruang konsultasi atau ruang periksa. Yang ketiga adalah ruang perawatan gigi dan yang keempat adalah ruang obat. Idealnya ruang tunggu pasien lebih luas daripada ruang periksa atau konsultasi supaya nyaman dipakai untuk menampung banyak pasien yang mengantri.

Ruang Tunggu Desain Praktek Dokter Gigi Lebih Nyaman

Untuk ruang tunggu pasien anda bisa sediakan tempat duduk dari rangka besi karena lebih awet dan tahan lama dibanding dari kayu. Sediakan beberapa tanaman hidup untuk membuat ruang tamu lebih hidup. Pada Desain Praktek Dokter Gigi khususnya pada ruang tunggu bisa dipasang televisi datar yang ditempel di tembok supaya pasien terhibur selama mengantri. Anda bisa juga memasang beberapa rak tempel di dinding dimana anda juga bisa menyediakan buku-buku atau leaflet tentang kesehatan gigi. Anda bisa menempelkan hiasan dinding seperti pigura dengan materi promosi kesehatan. Anda juga bisa menempel foto pribadi atau piagam penghargaan jika anda punya dan ini bisa menjadi sarana promosi klinik anda.

Anda harus memisahkan ruang tunggu dengan ruang periksa ataupun ruang perawatan, ini penting untuk memberikan privasi bagi pasien anda. Desain Praktek Dokter Gigi pada umumnya bisa menyatukan ruang periksa dan ruang perawatan atau bisa juga memisahkan keduanya hanya dengan gorden meskipun mereka ada dalam ruang yang sama. Di sini pencahayaan sangat penting karena berdampak pada kualitas layanan anda. Bila memungkinkan anda memasang lampu gantung supaya pencahayaan lebih dekat dan jelas.

Ruang obat pada Desain Praktek Dokter Gigi bisa cukup fleksibel. Anda bisa saja menaruh lemari obat dibelakang kursi periksa ataupun di sudut ruang perawatan gigi. Apabila anda memberikan layanan kesehatan khusus untuk anak-anak ada baiknya anda menyesuaikan dengan karakter anak. Anda bisa mengaplikasikan warna pop seperti merah muda, biru muda dan lain-lain. Bila perlu anda bisa menambahkan pernak pernik seperti murah bergambar tokoh kartun atau menyediakan beberapa mainan di ruang tunggu.