Desain Ruang Kasir yang Ideal Bagi Tempat Usaha

Sponsored Links

Desain Ruang Kasir yang Ideal Bagi Tempat Usaha

Kasir dalam suatu usaha bisnis menempati posisi yang sangat penting karena di situlah letak letak perputaran uang yang paling utama. Membuat Desain Ruang Kasir memang terkesan mudah akan tetapi apabila kita perhatikan secara teliti sebenarnya tidak mudah sama sekali karena ada banyak faktor yang perlu menjadi pertimbangan saat kita membuat desain ruang kantor. Alur layanan menjadi pertimbangan pertama disaat kita akan membuat desain ruang kasir. Ruang kasir bisa ada di depan atau dibelakang atau dimanapun tergantung dari alur layanan atau bisa juga disesuaikan dengan rute keluar-masuk pengunjung. Standarnya, demi kelancaran dan kepuasan pelanggan, maka harus ada paling tidak satu kasir untuk satu seksi atau kategori barang. Semakin tinggi traffik pembeli, maka hendaknay diimbangi dengan penambahan jumlah kasir.

Desain-ruang-kasir

Hal selanjutnya yang patut kita perhatikan saat membuat Desain Ruang Kasir adalah faktor keamanan. Ini sangat penting karena ruang atau meja kasir adalah tempat dimana kita melayani transaksi dan ini artinya disitu pusat perputaran uang bisnis tersimpan. Dengan demikian penting bagi kita untuk memastikan bahwa ruang kasir tidak mudah diakses oleh sembarang orang. Menambahkan berbagai piranti keamanan elektronik seperti alarm atau kamera pemantau bisa menjadi langkah antisipasi yang baik. namun harus diperhatikan peletakan dari piranti keamanan tersebut agar tetap memperhatikan estetika ruang kasir.

Selain faktor keamanan, dalam mendesain ruang kasir juga harus memperhatikan sisi estetika, namun disaat yang sama juga jangan sampai terkesan kaku. Memang ruang kasir pada umumnya dibuat lebih tinggi dan dilengkapi dengan pemisah antara sang kasir dengan pembeli. Maksudnya adalah demi faktor keamanan serta menambah kenyamanan bagi kedua belah pihak. Pada dasarnya, pemisah tersebut dirancang supaya tidak sembarang orang bisa masuk di ruang kasir. Namun ini tidak berarti bahwa secara estetika pembeli tidak bisa berhubungan dengan petugas kasir.

Pilihlah Desain Ruang Kasir Modern

Maka dari itu selayaknya Desain Ruang Kasir dibuat lebih modern. Ini bisa mengurangi kesan kaku bagi siapapun yang berkunjung ke area kasir. Entah apakah dengan pemberian warna yang lebih cerah dan playful, atau dengan penambahan beberapa dekorasi menarik di area kasir untuk memberikan kesan menyenangkan bagi para pelanggan. Selain itu pada sisi luar konter kasir bisa ditambahkan logo atau nama perusahaan yang merepresentasikan bahwa petugas kasir adalah bagian dari nama atau logo perusahaan tersebut.

Desain Ruang Kasir juga harus memperhatikan ukuran dan kenyamanan petugas kasir. Ada kalanya ruang kasir dibuat terbuka dan hanya dibatasi oleh konter dan ada kalanya ruang kasir menggunakan ruang yang sama sekali terpisah dari ruang layanan dan hanya dihubungkan oleh jendela saja, seperti layaknya pada pos pembayaran pada jalan tol. Apapun model ruang kasir hendaknya nyaman bagi petugas kasir, tidak terlalu luas tetapi jangan sampai terlalu kecil karena akan menyulitkan kinerja sang kasir itu sendiri. Ruang kasir yang terlalu sempit selain akan mempersulit gerakan kasir, secara psikologis uga akan berdampak pada perasaan mudah tertekan dan tentunya dapat mempengaruhi keadaan emosi mereka saat berhubungan dengan para pelanggan.

Memilih Bahan Yang Terbaik Untuk Desain Ruang Kasir

Dalam membuat Desain Ruang Kasir kita juga harus memperhatikan bahan yang akan digunakan untuk meja kasir atau konter kasir. Banyak yang menggunakan bahan multiplek, blackboard atau bahan partikel kayu lainnya. Bahan-bahan tersebut bisa jadi pilihan yang terbaik karena relatif murah dan mudah dibentuk. Akan tetapi anda harus tahu bahwa bahan-bahan tersebut mudah sekali terkelupas yang artinya anda membutuhkan biaya meintenance entah untuk perawatan maupun untuk memperbaikinya secara berkala setiap kurun waktu tertentu. Dengan pertimbangan tersebut, banyak pemilik bisnis yang memilih menggunakan bahan yang lebih kuat seperti meja yang dilapisi marmer atau jenis batu lainnya. Memang ini berat dan mahal akan tetapi sangat kuat, tahan lama dan terkesan eksklusif.

Dan jangan lupa, pencahayaan juga sangat penting bagi kinerja kasir. Maka dari itu Desain Ruang Kasir juga harus memperhatikan sistem dan tata cahaya yang baik. Bila perlu kita perlu memberikan tambahan lampu gantung di atas meja kasir untuk mempermudah kinerja kasir. Untuk faktor kenyamanan konsumen, kita juga bisa menambahkan kursi di depan meja atau konter kasir. Apabila konter kasir kita desain lebih tinggi, maka penggunaan stool yang tinggi bisa menjadi pilihan yang baik.