Desain Rumah Bambu Memiliki Keuntungan Dan Kelebihan Yang Berbeda

Posted on

Desain Rumah Bambu Memiliki Keuntungan Dan Kelebihan Yang Berbeda

Desain rumah bambu masih di perdebatkan tentang keberadaanya, sebagian masih beranggapan bahwa desain rumah bambu masih belum layak jual. Desain tersebut hanya bisa di gunakan pada rumah-rumah sederhana yang berada di pedesaan. Akan tetapi bagi seniman kelas dunia bisa menggunakan bambu untuk desain yang lebih bagus daripada rumah-rumah di pedesaan. Memang penggunaan bambu masih di anggap tidak modern akan tetapi memiliki seni tinggi kalau bisa mengatur dengan cara yang berbeda. Kalau saya cenderung memilih bahwa bambu hanya di gunakan sebagai hiasan atau pelengkap pada interior rumah. Sedanggkan penggunaan bambu secara keseluruhan bisa di gunakan pada bagian-bagian tambahan dalam rumah seperti teras, gazebo dan bangunan lainnya. Jika di gunakan pada teras rumah makan akan memberikan kesan alami pada teras yang biasanya terhubung dengan taman rumah, kalau ingin melihat lebih banyak tentang desain rumah bambu anda bisa melihat gambar-gambar desain rumah jepang, kebanyakan mereka menggunakan bambu untuk dinding namun hasilnya sangat menarik dan memiliki pesan seni yang tinggi.

Selain di gunakan untuk desain rumah, bambu juga bisa di gunakan untuk aksesoris rumah, seperti untuk asbak, untuk aksesoris yang di gantung pada dinding maupun di atas pintu masuk. Bahkan bisa juga di gunakan untuk furniture seperti kursi tamu, kursi tunggu. Bagi kita yang ada di Indonesia tidak perlu susah-suah mencari model bambu, mulai dari warna dan bentuk serta kualitas bambu sangat banyak dan harga sangat murah. Selain untuk furniture bambu bis di gunakan untuk membuat alat music, seperti angklung dari sunda telah mendunia dan banyak dari para turis yang ingin belajar menguasai seni angklung.

Keutamaan Menggunakan Desain Rumah Bambu

Desain rumah bambu perlu menjadi perhatian utama terutama pada daerah yang sering mengalami dan rawan gempa. Bambu sangat elastis tidak mudah patah serta resiko roboh dari guncangan sangat kecil, dan tentu memiliki nilai seni yang cukup tinggi. Kalau anda memiliki jiwa desain seni tinggi terus di praktekan pada bangunan rumah bambu satu kampong tentu hasilnya akan sangat luar biasa, bisa jadi desain rumah bambu anda akan masuk buku dunia dan desanya akan menjadi tempat wisata yang menarik. Selain menarik rumah terbuat dari bambu tidak perlu menggunakan kipas ataupun AC, sebab sirkulasi udara sangat lancer sehingga aroma sejuk setiap pagi karena telah menyimpan udara semalaman dan sebaliknya ketika malam rumah akan terasa hangat sebab udara siang tersimpan pada pori-pori bambu yang tidak bisa kita jelaskan secara ilmiah di sini. Kalau di era modern sekarang ini tentu sulit menggunakan bambu sebagai bagian utama dalam pembangunan rumah, maka desain rumah bambu bisa di gunakan pada rumah atau bangunan yang membutuhkan perhatian lebih dari orang lain. Seperti untuk membuat rumah makan-rumah makan yang biasanya satu ruangan hanya untuk empat atau dua orang saja, ini di khususkan untuk rumah makan yang bergaya romantis sehingga komunikasi antara kedua belah pihak akan baik dan nyambung seperti membahas perencanaan pernikahan dan ide bisnis bersama teman-teman mereka. Selain desain ruang makan bisa juga untuk tempat istirahat yang di sediakan pada lokasi wisata, karena bambu sangat identik dengan pengunungan yang berhawa sejuk dan dingin. Supaya desain rumah bambu bisa bertahan lama sebaiknya anda memilih bambu yang berumur tua, kalau bambu tersebut masih muda maka keawetan desain tidak bisa di jamin 100 persen.

Kekurangan Menggunakan Desain Rumah Bambu

Menggunakan desain rumah bambu bukan tidak ada celahnya, bahkan kalau di tinjau dengan zaman serba canggih dan modern ini tentu tidak cocok di gunakan di perkotaan. Sebab desain rumah bambu kadang tembok dari bambu bisa terlihat dari luar jadi kurang aman, apalagi kalau di tindih dengan beban yang cukup berat maka tembok akan rusak. Berbeda dengan tembok yang terbuat dari bata, semen dan pasir, hasilnya rata dan halus serta mudah di ganti dengan berbagai macam warna tinggal memilih cat yang cocok dengan konsep rumah tersebut. Rumah bambu tentu tidak tahan akan api, dia mudah terbakar sedangkan tembok bata akan sulit terkena api kecuali karena factor-faktor tertentu yang mengakibatkan bata terbakar. Desain rumah bambu tidak bisa bertahan lama hingga puluhan tahun sedangkan penggunaan bata atau cor semen akan bertahan hingga berpuluh-puluh tahun hingga bisa di waris oleh keturunan ke tujuh.

Gravatar Image

Memiliki rumah yang cantik dan nyaman adalah impian semua orang. Namun, tidak semua orang mampu mengetahui secara pasti bagaimana mendesain rumah dan menciptakan tempat tinggal yang nyaman bagi seluruh anggota keluarga. Dan disinilah kami. Demi menjawab kebutuhan anda akan informasi mengenai properti dan desain interior, kami mencoba menyajikan semua yang anda butuhkan disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *