Desain Rumah Dokter dan Klinik Praktek Dokter

Sponsored Links

Desain Rumah Dokter dan Klinik Praktek Dokter

Banyak dokter yang membuka praktek setelah jam kerja di rumah sakit selesai. Memang ada banyak pilihan tempat untuk membuka praktek layanan kesehatan, bisa jadi seorang dokter akan menyewa ruko atau rumah untuk membuka praktek. Namun ada juga yang membuka praktek di rumahnya sendiri. Memang tidak mudah untuk membuat Desain rumah dokter sekaligus klinik praktek dokter dan kesulitan utamanya adalah untuk menyelaraskan antara tempat hunian dengan tempat kerja. Kedua hal ini seringkali berbenturan secara estetika dan fungsi.

Ruangan-praktek-dokter-kandungan

Secara fungsi jelas rumah tinggal dan klinik kedokteran berbeda dan ini mempengaruhi juga semua perabotan di dalam kedua bagian bangunan tersebut. Secara estetika rumah tinggal dokter dan klinik juga berbeda dimana rumah tinggal cenderung menitikberatkan pada kenyataan, kenyamanan dan privasi tetapi klinik tidak. Klinik harus terbuka dan aksesible bagi semua orang ini dan ini berlawanan dengan sifat rumah yang cenderung membutuhkan privasi. Maka untuk mengakomodasi keduanya kita perlu membuat Desain rumah dokter yang tepat. Dengan konsep desain yang tepat, maka baik anda maupun pasien akan sama-sama diuntungkan.

Desain Rumah Dokter Dan Klinik Praktek

Apabila anda seorang dokter yang memiliki rumah sendiri dan anda ingin membuka klinik kesehatan di rumah anda maka anda sebaiknya membagi rumah anda menjadi dua bagian, satu khusus untuk rumah tinggal dan satunya untuk klinik. Desain rumah dokter tersebut tergantung keluasan dan lahan yang anda miliki. Bila anda memiliki lahan yang lebar menyamping maka anda tidak mengalami kesulitan untuk membagi rumah anda karena antara klinik dan rumah tinggal bisa dibangun berdampingan.

Apabila anda memiliki lahan tanah yang memanjang ke belakang maka ini akan menjadi sedikit masalah bagi anda. pada situasi demikian anda bias membuat Desain rumah dokter menjadi dua bagian depan dan belakang. Rumah bagian bisa anda gunakan untuk klinik praktek lalu bagian belakang dipakai untuk rumah tinggal. Secara estetika klinik anda harus aksesibel bagi umum maka anda harus menempatkan klinik anda di bagian rumah anda sehingga pasien bisa dengan mudah menemukannya. Dalam hal ini anda bisa membuat teras yang juga bisa anda fungsikan sebagai ruang tunggu. Ini menjadi alternative bila anda tidak memiliki tanah yang luas.

Dengan model rumah seperti itu maka anda selayaknya membuat pintu khusus yang menghubungkan ruang klinik dengan rumah pribadi di belakang ruang praktek anda. Ini penting untuk menjaga privasi anda sekeluarga dari para pasien anda. Apabila luas tanah anda menyamping, maka akan lebih mudah. Karena anda bisa memisahkan ruang praktek dengan rumah anda. Hal ini bisa dilakukan dengan membuat Desain rumah dokter dengan pagar yang mengelilingi rumah tinggal anda. Hal ini adalah untuk menegaskan batasan kepada pasien agar mereka mengetahui mana area pribadi dan mana untuk publik. Dengan begitu maka mereka tidak akan memasuki rumah pribadi anda.

Utamakan Tempat Parkir Pada Desain Rumah Dokter Untuk Kenyamanan Pasien

Jangan lupa untuk menyisakan sedikit lahan kosong di depan rumah anda untuk tempat parkir bagi pasien anda. Banyak Desain rumah dokter yang tidak memperhatikan ruang untuk parkir padahal ini cukup penting terlebih apabila rumah dibangun di dalam kompleks perumahan. Biasanya rumah memiliki sedikit lahan terbuka di depan rumah entah sebagai teras atau taman. Mungkin apabila dirasa perlu anda harus mengorbankan teras atau taman untuk lahan parkir daripada anda berurusan dengan tetangga anda yang marah kepada anda gara-gara pasien anda memarkir kendaraan sembarangan di depan rumah tetangga anda kan?

Secara umum membuat Desain rumah dokter bisa dibilang tidak mudah. Maka dari itu ada baiknya anda mencari desainer yang handal yang bisa membuat desain tersebut untuk anda. Memang, menyewa jasa desainer terkadang bisa sangat mahal, terutama apabila tingkat kesulitan bangunan yang ingin anda buat juga tergolong rumit. Untuk itu, demi memastikan segalanya berjalan dengan lancar dan nantinya bangunan anda berdiri dengan solid sesuai dengan keinginan anda, maka hendaknya pastikan anda memilih desainer yang memiliki pengalaman dan kemampuan yang mumpuni, handal, serta dapat dipercaya. Dengan begitu maka segala biaya yang anda keluarkan untuknya tidak akan terbuang dengan sia-sia.