Desain Rumah Kecil Minimalis Sederhana

Sponsored Links

Desain Rumah Kecil dengan Ruangan Multifungsi

Kebutuhan akan rumah merupakan sebuah kebutuhan primer disamping makanan dan pakaian. Penting untuk memiliki sebuah hunian yang nyaman dan lapang bagi setiap keluarga. Namun, disaat ini, banyak keluarga di Indonesia yang tidak memiliki rumah karena harga rumah tidak terjangkau, mereka memilikih untuk tinggal di kos-kosan atau rumah kontrakan untuk sementara. Oleh karena itu pemerintah bersama beberapa pengembang berusaha untuk membuat rumah-rumah kecil yang ditawarkan dengan harga terjangkau. Jika anda memiliki rumah kecil, anda juga harus memikirkan bagaimana cara desain rumah kecil sehingga rumah menjadi nyaman dan layak huni.

Ruang Multifungsi untuk Desain Rumah Kecil

Seperti halnya mendesain rumah yang luas, rumah yang kecil pun memiliki kesulitan tersendiri. Kesulitan pertama yang akan anda temukan di dalam rumah dengan ukuran yang kecil adalah terbatasnya ruang. Ruang apapun di dalam rumah kecil pasti memiliki ukuran yang terbatas. Seperti biasanya, ruang gerak yang terlalu kecil akan membuat tidak nyaman. Apalagi jika anda sudah memiliki satu anak ataupun dua anak. Bagaimana jika ada tamu kantor yang datang berkunjung atau seorang saudara yang ingin menginap di rumah. Memikirkan desain rumah kecil yang tepat adalah kunci untuk mendapatkan kenyamanan.

 Jika anda ingin membeli rumah dengan ukuran kecil, pastikan rumah tersebut memiliki sisa tanah di bagian belakang atau depan. Sehingga besar kemungkinannya untuk anda bisa menambah bangunan dan memperluas rumah inti serta lebih kreatif dalam desain rumah kecil. Tipe rumah 21 dan 36 biasanya memiliki kelebihan sedikit tanah di bagian depan dan belakang yang bisa dimanfaatkan oleh pemilik rumah. Selain itu pastikan rumah memiliki pondasi yang kuat. Suatu saat nanti, andapun ingin untuk menambah tingkat rumah anda, bukan?

Memiliki rumah dengan ukuran kecil akan menantang anda untuk lebih kreatif dalam desain rumah kecil.  Walaupun rumah anda kecil, anda tetap harus mempunyai ruang untuk menyambut tamu, bersantai bersama keluarga, menonton TV, makan bersama, memasak, mandi, dan tidur. Intinya, anda tetap harus punya ruang tamu, ruang keluarga, ruang TV, ruang makan, dapur, kamar mandi, dan kamar tidur. Jika anda masih punya kelebihan ruang, anda pun bisa membuat ruang garasi untuk mobil atau motor anda. Jika anda mengetahui trik-trik terbaik dalam mendesain rumah, anda bisa memiliki semua ruang yang anda butuhkan walaupun anda memiliki hunian dengan luas terbatas.

Karena keterbatasan ruang, anda harus bisa membuat desain ruang multifungsi untuk desain rumah kecil. Ruang multifungsi akan membuat anda bisa melakukan beberapa aktifitas berbeda dalam satu ruang yang sama. Anda bisa menggabungkan ruang tamu, ruang keluarga dan ruang TV dalam satu ruangan yang sama. Jika anda menginginkan privasi dalam menonton TV, tambahkan sebuah TV lain di dalam kamar tidur anda. Ruang makan dan dapur pun bisa dijadikan satu ruangan. Hilangkan sekat-sekat yang menjadi pembatas ruang agar ruangan multifungsi tidak berkesan sempit. Jangan lupa memilih warna-warna netral dan warna terang untuk desain rumah kecil.

 Cahaya Terang dan Warna Dinding Netral Pada Desain Rumah Kecil

Tambahkan pula pencahayaan yang cukup untuk rumah kecil anda. Cat dinding yang terang dan pencahayaan yang cukup akan membuat rumah anda terlihat lebih lapang dan nyaman. Dalam desain rumah kecil, dianjurkan untuk meletakkan cermin yang lebar dalam beberapa sisi ruangan. Cermin yang lebar dapat memantulkan bayangan dan membuat rumah seolah tampak lebih besar. Penggunaan trik cermin dalam rumah kecil adalah trik desain klasik namun masih digunakan pada saat ini.

Jangan lupa unutk memilih furnitur dengan tepat dan cermat. Anda boleh saja memiliki hobi mengoleksi barang antik, keramik, dan furnitur dengan ukiran yang rumit. Sayangnya, rumah kecil anda tidak mengijinkan hal tersebut. Satu set sofa dan meja kecil plus flat TV cukup untuk ruang tamu yang dikombinasikan dengan ruang keluarga anda. Mini kitchen set dan meja makan bundar mini dengan 4 kursi juga dirasa cukup untuk kombinasi dapur dan ruang makan anda.  Jika anda ingin tinggal dengan nyaman di rumah yang lapang, pilihlah perabotan dan mebel yang simpel untuk desain rumah kecil.