Desain Rumah Minimalis Dengan Interior

Sponsored Links

Desain Rumah Minimalis Dengan Interior

Desain Rumah minimalis selama beberapa tahun belakangan selalu menjadi primadona. Alasannya adalah karena rumah minimalis terkenal lebih murah dibandingkan rumah dengan konsep lainnya. Wajar saja, karena rumah minimalis berukuran tidak terlalu lebar sehingga biaya pembangunannya lebih kecl. Selain itu, banyak orang memilih rumah minimalis karena memiliki desain yang simple, elegan, multi fungsi dan efisiensi ruang. Konsep minimalis yang benar adalah memaksimalkan fungsi setiap bagian dan ruangan, sehingga dengan ukurannya tidak terlalu besar masih dapat memenuhi segala kebutuhan penghuni, serta terlihat lebih besar dan luas. Oleh karena itulah ada baiknya anda memperhatikan hal-hal berikut sebelum mendesain rumah minimalis.Desain-dapur-rumah-minimalis

Fungsi Garis Rumah Pada Desain Rumah Minimalis

Garis rumah. Sebuah rumah minimalis modern umumnya memiliki garis-garis aksen yang bisa kita lihat terdapat pada baik eksterior dan interiornya. Garis rumah tersebut dapat berupa horizontal maupun vertical. Garis horizontal memberi kesan lembut dan tenang, sedangkan garis vertical akan memberi kesan rumah dengan corak yang tegas dan solid. Apapun jenis garis yang anda pilih, baik vertical maupun horizontal, pastikan semuanya sesuai dengan desain rumah minimalis anda nantinya, sehingga akan memberikan nilai estetika yang tinggi.

Pemanfaatan cahaya. Konsep desain rumah yang baik adalah yang mampu memanfaatkan cahaya alami matahari sebagai penerangan alternatif. Agar mendapat sinar matahari yang cukup, maka hadapkanlah rumah anda pada arah timur atau barat, tergantung pada keinginan dan selera. Namun begitu, tidak ada salahnya apabila rumah anda menghadap ke selatan atau utara, terutama apabila anda tidak ingin rumah anda panas karena siraman sinar matahari yang sangat menyengat setiap harinya. Dan untuk memaksimalkan penggunaan cahaya alami, anda harus menerapkan beberapa penyesuaian pada bagian interior rumah minimalis anda, seperti menghindari penggunaan banyak perabot di dalam ruangan, sehingga nantinya desain rumah minimalis anda akan juga mampu meningkatkan efisiensi penggunaan energi listrik.

Lantai rumah. Pilihlah lantai rumah yang sesuai dengan warna cat dinding ruangan anda. Tentu hal ini untuk memastikan antara lantai dan dinding akan tampak serasi dan menarik. Usahakan untuk memilih warna lantai yang terang agar dapat memantulkan cahaya dengan baik, sedangkan untuk bahannya disesuaikan dengan kebutuhan dan budget. Anda dapat memberi jenis warna dan bahan lantai yang berbeda untuk setiap ruangan seperti ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, dapur, kamar tidur, kamar mandi. Misalnya pada kamar tidur anda beri bahan kayu, garasi dengan bahan yang tidak licin dan ruangan yang lain menggunakan keramik.

Pemilihan Cat Untuk Desain Rumah Minimalis

Memilih cat dinding. Warna cat dinding merupakan salah satu hal yang penting dalam keseluruhan desain rumah minimalis anda. Anda dapat memberikan warna yang berbeda pada setiap ruangan, hal ini untuk memberikan ciri khas tertentu pada ruang-ruang tersebut. Kemudian bedakanlah antara cat interior dan cat eksterior sehingga akan tercipta desain rumah minimalis yang dinamis dan playful.

Pemilihan plafon yang tepat. Plafon umunya berfungsi untuk melindungi anda dari pengaruh atap rumah secara langsung, misalnya pengaruh debu, temperature, dan lain sebagainya. Namun selain fungsi tersebut, anda bisa menjadikan juga plafon sebagai salah satu dekorasi interior untuk membuat desain rumah minimalis yang cantik. Misalnya untuk ruang tamu berilah plafon yang terdapat ukirannya sehingga tampak elegan dan memberi kesan unik pada orang-orang yang pernah memasuki ruangan tersebut.

Desain dan bahan dinding. Dalam mendesain rumah minimalis, usahakan hindari pemakaian batu bata terlalu banyak. Penggunaan dinding yang terlalu banyak akan mengurangi ruang yang ada, sehingga rumah akan terkesan sempit, gelap, dan pengap. Gunakan dinding batu bata pada daerah yang penting-penting saja. Seperti batas Antara kamar mandi dan kamar tidur, kamar tidur dengan ruang tamu. Namun jika untuk ruang tamu dan ruang keluarga cukup anda beri pembatas dengan meletakkan rak buku ataupun lemari tempat barang-barang pajangan di tengah-tengah ruangan. Saat ini banyak dijual penyekat ruangan dari bahan rotan dan kayu yang memiliki desain indah sehingga dapat menjadi pemanis tambahan bagi ruangan anda. Selain itu pemilihan bahan dinding yang pas akan membuat desain rumah minimalis anda akan semakin apik dan simple tentunya.