Desain rumah walet terbaru

Sponsored Links

Desain rumah walet terbaru

Menentukan desain rumah walet adalah salah satu cara untuk menarik perhatian burung walet untuk membuat sarang di dalamnya. Kenyamanan hewan dengan manusia tentu berbeda apalagi burung yang memiliki nilai bisnis tinggi seperti burung walet tersebut. Sebagian orang tentu belum tahu kenapa banyak yang cenderung membangun rumah walet, keuntungan apa yang akan di dapatkan? Saya sendiri tidak terjun langsung pada dunia burung walet namun sedikit-sedikit tahu, antara lain air liur burung walet yang menempel pada sarang-sarangnya itu di ambil dan di jual peronsnya dapat mencapai ratusan ribu. Air liur itu katanya untuk produk kecantikan maupun kesehatan yang akan di jual ke china.

Modal pertama dan paling wajib untuk rumah walet adalah desain rumah walet yang tepat itu saja sebab kita tidak perlu membeli burung walet, memberi makan dan lain sebagainya. Kalau desain itu tepat dengan ketinggian dan bentuk-bentuk tertentu burung walet akan tertarik dan mengajak teman-temannya untuk membuat sarang di dalam rumah.

Desain-rumah-walet
Desain rumah walet

Desain rumah walet yang paling wajib

Membuat desain rumah walet yang di claim dapat memberikan keuntungan telah di banderol dengan harga Rp.30.000 per meter persegi. Biaya pengawasan dan desain ketika pembangunan berlangsung sekitar Rp.100.000 permeternya. Kalau target sampai burung itu membuat sarang pada rumah walet pertahun adalah seratus ribu rupiah permeternya. Ada juga yang menawarkan sistem borongan sehingga tidak perlu menghitung berapa meter persegi bangunan rumah walet anda. Kalau anda ingin membangun sendiri pastikan kalau rumah walet itu memiliki ketinggian lebih dari pada rumah-rumah di sekitarnya dan tidak tertutup dengan pohon-pohon di sekitarnya sehingga burung walet akan lebih mudah berputar-putar di sekitar rumah. Luas bangunan paling tidak 10×15 meter persegi sampai dengan 10×20 meter persegi. Dinding bagian luar rumah walet di campur dengan semen sedangkan pada bagian dalam campur dengan pasir saja kalau memang masih ada bau semen sebaiknya di siram setiap hari dan akan menambah kelembaban ruangan, suhu ruangan harus di desain sedemikian rumah menyerupai gua alami berkisar antara 24-26 derajat celcius dan kelembaban kurang lebih 80-95 persen. Cara membuat kelembaban dan suhu pada desain rumah walet adalah :

Interior-desain-rumah-walet
Interior desain rumah walet
  • Lapisi plafon rumah walte menggunakan sekam setebal 20 cm
  • Menempatkan saluran air pada dinding atau bawah atap dan pada bagian bawah di usahakan membuat kolam agar rumah walet benar-benar lembab serta di usahakan air dapat mengalir secara berkala ( tida tiap hari ).
  • Membuat saluran udara dengan pipa “L” diameter 4 centimeter dengan jarak lima meter-lima meter.
  • Tutup rapat lubang yang tidak terpakai seperti pintu dan jendela sehingga keberadaan ruangan itu terasa gelap seperti gua.
  • Suasana gelap tetap menjadi ruangan yang favorit bagi walet oleh karena itu pintu keluar masuknya walet tetap di tutup dengan kain atau bahan lain yang berwarna gelap agar keberadaan benar-benar gelap namun tetap suasana segar serta tidak pengap harus tetap di jaga.

Lokasi desain rumah walet yang tepat

Kondisi-desain-rumah-walet
Kondisi desain rumah walet

Tidak hanya desain rumah walet yang sesuai perhitungan namun perlu mempertimbangkan lokasi rumah. Apabila rumah tidak berada pada tempat yang strategis dan sesuai dengan kenyamanan walet maka mereka enggan bertempat di sana walaupun memang rumah itu di desain sedemikian rupa. Yang kedua anda harus memperhatikan jangan sampai setelah ada sarang walet mereka merasa terusik dengan kondisi di sekitar rumah walet dan sikap anda terhadap mereka. Lokasi rumah walet yang tepat itu ada di :

  • Pusat walet ( lokasi yang banyak rumah waletnya )
  • Lokasi lalu lintas walet ( lintasan koloni walet menuju lokasi pakan )
  • lokasi sumber pakan walet ( dapat rimba maupun persawahan yang subur )
Sarang-burung-walet
Sarang burung walet

Selain desain rumah walet yang sesuai, lokasi yang tepat satu lagi yang tidak kalah penting yaitu anda harus menjaga mereka tetap nyaman, artinya jangan membuat mereka terusik sehingga tidak betah tinggal di rumah anda. Misalkan anda sering masuk kedalam rumah walet, banyak anak kecil yang mengganggu walet, atau anda sering membakar sampah di sekitar rumah walet.