Desain rumah yang bisa Beradaptasi dengan Cuaca dan realisasinya

Sponsored Links

Desain rumah yang bisa Beradaptasi dengan Cuaca dan realisasinya

Kemajuan tekhnologi membuat sesuatu yang tidak mungkin hampir semuanya terwujud, termasuk rumah yang dulu di bangun hanya untuk berlindung dari panas matahari serta istirahat ketika malam hari telah berubah menjadi ukuran gaya hidup serta status ekonomi seseorang, intinya bila ingin melihat tingkat keberhasilan seseorang anda bisa melihat dari model desain rumah mereka. Rumah dengan konsep the motus houses adalah rumah yang mampu beradaptasi dengan cuaca dimana rumah itu di bangun, ini adalah temuan dengan tekhnologi tinggi. Pada beberapa bagian rumah tersebut atapnya dapat keluar dan masuk yang di desain dapat mengamankan perangkat pada bagian dalam rumah, bisa juga membiarkan sinar matahari masuk kedalam rumah melalui perangkat atap tersebut.

Desain-atap-rumah
Desain atap rumah

Penggunaan panel surya sangat cerdas sekali, sebab selain dapat buka tutup secara otomatis juga mampu mengurangi energi listrik yang di gunakan pada perumahan-perumahan secara umum. Agar rumah ini dapat memberikan hawa dingin dan segar telah di bangun sebuah kolam penguapan untuk menjaga kondisi rumah tersebut tetap stabil.

Lebih hebat lagi bahwa konsep desain rumah the motus houses benar-benar mampu beradaptasi dengan lingkungan dengan menggunakan dinding statis, langit-langit serta lantai rumah dapat menyesuaikan kondisi cuaca dengan baik.

Atap dan dinding yang bisa buka tutup terbuat dari bahan yang sangat ringan, baik di gerakan menggunakan tangan maupun listrik tanpa mengalami kesulitasan sama sekali, penggunaan sensor akan membantu pemiliki rumah ketika menutup bagian yang terbuka pada rumah. Tapi dari berbagai berita yang saya baca belum jelas siapa penemu teknologi tersebut, apakah baru sebatas wacana atau kajian ilmiah yang belum dapat di realisasikan.

Terus bagimana dengan sikap kita terhadap temuan desain rumah tersebut?

Memang pada beberapa temuan ilmuwan maupun arsitek desain rumah ada yang bisa segera di wujudkan namun sebagian banyak hanya sebatas karya dan temuan ilmiah saja apalagi yang sifatnya harus di produksi secara masal dalam sebuah pabrik. Mereka harus memasarkan produk tersebut menggunakan media promosi yang belum tentu mendapatkan hasilnya. Oleh karena itu kita harus bijak seperti temuan di atas, tidak perlu mengharap lebih kalau desain rumah seperti di atas dapat kita wujudkan terlebih lagi kondisi cuaca di indonesia sangat ramah mulai dari ujung sabang hingga merauke. Sebaiknya bangunlah rumah seperti halnya rumah pada umumnya tinggal mengatur jarak antara rumah anda dengan tetangga agar udara dapat leluasa keluar masuk rumah, supaya lebih segar bangunlah taman sesuai dengan kemampuan anda yang penting ada beberapa pohon yang memiliki daun lebat agar menyaring udara kotor yang akan masuk kedalam rumah.

Desain-rumah-ramah-lingkungan
Desain rumah ramah lingkungan

Ciri-ciri rumah ideal dan sehat adalah desain rumah yang memiliki tempat sirkulasi udara, bersih, jauh dari tempat pembuangan sampah untuk segi keamanan tentu rumah itu memiliki pagar yang mengelilingi rumah serta di bangun di tempat yang kondusif seperti tidak sering terjadi pencurian, perampokan dan tawuran antara pelajar. Bila rumah di bangun di tempat-tempat tersebut saya kira semua orang akan merasa tidak nyaman dan betah di situ kecuali yang memang keadaan terpaksa tidak bisa meninggalkan daerah tersebut apakah karena tekanan ekonomi, pekerjaan dan lain sebaginya.