Gaya Rumah Klasik, Victorian dan Korea

Sponsored Links

Gaya Rumah Klasik, Victorian dan Korea

Beberapa daerah di indonesia akan kita temui banyak sekali macam-macam gaya rumah yang beraneka ragam. Mulai dari pulau jawa saja kita akan menjumpai type-type rumah yang akan menambah perbendaharaan properti indonesia. Kecuali kalau rumah-rumah tersebut berada pada kawasan perumahan yang mempunyai type yang sama seperti perumahan type 36 atau 45 maka bangunan yang ada di kawasan tersebut cenderung sama baik model maupun warnanya. Berbeda dengan rumah dengan gaya klasik tidak mempunyai perbedaan yang sangat menonjol.

Gaya-rumah-terbaru

Sebut saja rumah klasik jawa, kebanyakan rumah model klasik ini menggunakan bahan baku kayu jati serta membuat joglo di bagian depan rumah, ukiran-ukiran akan banyak anda jumpai pada bagian penyangga, sekat atau gebyok ruangan dan tembok yang terbuat dari kayu, cat yang di gunakan kebanyakan menggunakan warna yang sejenis dengan warna kayu tersebut, mereka hanya ingin mempertegas bahwa kayu-kayu tersebut memiliki usia yang sangat tua. Bahan kayu yang mereka gunakan adalah kayu dengan usia puluhan tahun, semakin tua umur kayu harganya juga semakin mahal. Untuk interior ruang tamu di beri alokasi ruang yang sangat lebar, bahkan bisa satu ukuran rumah untuk sebuah ruang tamu yang kemudian di sebut sebagai pendopo. Sedangkan untuk kamar dan dapur serta ruang keluarga mereka biasa membuat ruangan seukuran rumah di bagian belakang, seolah-olah dua rumah yang di jadikan satu. Untuk gaya rumah klasik madura, bali saya kira hampir sama coraknya cuma mereka memberikan khasnya masing-masing daerahnya. Kalau kita ingin melihat model rumah klasik yang lain, anda bisa jalan-jalan dari ujung sabang sampai merauke banyak sekali model rumah adat indonesia.

Gaya Rumah Victorian

Rata-rata untuk gaya rumah victorian menggunakan cat warna putih, dan bangunannya tinggi-tinggi. Kemudian atapnya di buat dengan kemiringan hingga 80 derajat. Kalau anda kurang paham anda bisa melihat bangunan-bangunan kuno peninggalan jaman belanda, saya kira mereka membangun rumah dengan gaya victorian. Sedangkan untuk viktorian modern tidak jauh berbeda dengan pendahulunya, hanya saja taman serta interior dan aksesoris perlengkapan di dalamnya menggunakan bahan-bahan dan alat yang modern. Anda bisa melihat gambar di bawah nanti bagaimana sudut-sudut desain rumah victorian.

Liat saja pada bagian kamar mandi bathroom sangat ribet dengan menggunakan tirai yang sampai ke lantai, walaupun sah-sah saja tapi menurutku kurang nyaman mandi dengan gaya tersebut. Kalau memang keadaan sudah bersih untuk orang-orang yang suka bermalas-malasan sambil berendam air hangat ide tersebut sangat cocok, apalagi di bagian depan kamar mandi tersedia meja kursi yang bisa untuk menaruh alat-alat musik yang akan mengiringi mandi anda. Aksesories pada interior gaya rumah victorian ini rata-rata menggunakan warna keperakan, aksesories furniture dengan ukuran besar, seperti cermin, kursi, meja, memang furniture di sini tergolong mahal karena dulunya di peruntukan untuk perumahan kasta golongan biru, akan tetapi tidak ada salahnya bila anda mencoba menggunakan furniture yang ada tinggal memberikan polesan warna untuk menyesuaikan warna coklat. Lampu besar yang tergantung di tengah-tengah ruang tamu mempertegas bahwa rumah itu layaknya kerajaan kecil milik anda. Desain ini di adopsi dari eropa timur yang beradaptasi dengan Persia arab.

Gaya Rumah Korea

Kita mengenal bahwa orang-orang korea sangat patuh dan memegang kuat tradisi adat istiadat mereka. Hal itu juga berlaku dalam gaya rumah mereka. Ciri khas rumah korea yang di pegang mereka adalah rumah dengan atap yang menjulang kelangit serta memiliki sistem penghangat badan ketika musim dingin melanda, bahan-bahan rumah yang di gunakan adalah bahan dasar alam seperti batu, kayu yang di sebut dengan hanok. Rumah mereka di bangun berdasarkan kasta, setiap rumah mewah terbuat dari kayu atau besi diperuntukan untuk mereka yang mempunyai derajat giwajip yaitu para bangsawan sedangkan dari kasta chogajip hanyalah rumah yang sangat sederhana dan sangat bertolak belakang dengan bangunan para bangsawan.

Rumah korea modern tidak serta merta meninggalkan keseluruhan dari gaya tradisional mereka, furniture yang di gunakan lebih mengutamakan pada alasan penggunaan di bandingkan kemewahan yang tidak ada fungsinya. Contoh dalam ruang keluarga hanya tersedia meja kursi yang cukup di gunakan untuk keluarga sekedar bersantai, dan sebelum memasuki rumah mereka di haruskan melepaskan alas kaki dan di situ sudah tersedia rak untuk menempatkan alas kaki, mereka sangat memperhatikan kebersihan mulai dari ruang tamu hingga dapur, sehingga gaya rumah korea menjadi perhatian para arsitek dunia serta mengadopsinya dan di adaptasikan dengan daerah masing-masing.