Hal-Hal Perlu Diketahui Dalam Jual Beli Tanah

Sponsored Links

Hal-Hal Perlu Diketahui Dalam Jual Beli Tanah

Tanah merupakan asset yang sangat berharga karena memiliki nilai yang tinggi. Inilah kemudian kenapa harga untuk tanah selalu tinggi setiap tahunnya . Harga tanah pada umumnya selalu naik dan hampir tidak mengalami penurunan signifikan setiap tahunnya. Hal ini pulalah yang membuat tanah menjadi sebuah investasi yang menjanjikan untuk jangka waktu yang lama karena harganya tidak turun tetapi malah naik di tahun-tahun berikutnya. Apabila anda hendak menjadikan tanah sebagai investasi anda maka ada beberapa hal yang harus anda perhatikan termasuk di dalamnya adalah proses jual beli tanah. Membeli tanah tidaklah sama dengan saat kita membeli laptop atau mobil, anda perlu mengetahui beberapa hal yang penting supaya anda tidak rugi dalam transaksi atau berinvestasi pada tanah.

tanah-dijual-murah

Lokasi yang Strategis

Sebelum anda berinvestasi pada tanah maka anda perlu tahu bahwa harga tanah berbeda-beda dan ada beberapa faktor penting yang sangat mempengaruhi harga tanah. Faktor-faktor tersebut perlu anda ketahui sebelum anda melakukan transaksi jual beli tanah. Faktor yang sangat penting yang paling mendasar adalah posisi atau lokasi dari tanah yang akan anda beli atau jual. Semakin strategis lokasi tanah maka harga tanah otomatis juga akan sangat tinggi. Yang dimaksud lokasi strategis isa macam-macam, bisa jadi karena dekat dengan sentra bisnis dan ekonomi, dengan permukiman dan fasilitas umum, dekat dengan sumber air dan lain sebagainya.

Hal-Hal yang Penting Diketahui dalam Proses Jual Beli Tanah

Hal penting berikutnya yang perlu diketahui dalam jual beli tanah adalah status tanah itu sendiri. Kita harus menggali dan mendapatkan informasi yang valid terkait status tanah dan ini sangat penting untuk menghindari masalah-masalah yang mungkin bisa timbul di kemudian hari. Kita harus mencermati terlebih dahulu status tanah apakah tanah tersebut milik Negara, milik pribadi, tanah warisan atau bahkan masih dalam sengketa. Status tanah akan tampak dengan jelas apabila kita mencermati legalitas dari tanah tersebut berupa sertifikat tanah. Memang sebelum ada transaksi jual beli biasanya sertifikat asli tidak bisa diberikan tetapi paling tidak kita bisa mendapatkan fotokopinya. Kita bisa mencatat nomor sertifikat tersebut dan meminta tolong instansi terkait untuk menelusuri legalitas dan status tanah. Dengan demikian diharapkan kita bisa menghindari hal-hal yang buruk yang kemungkinan bisa terjadi seperti kasus penipuan, sertiikat palsu, persengketaan dan lain sebagainya.

Sebelum melakukan transaksi jual beli tanah sebaiknya anda survey terlebih dahulu lokasinya lalu cermati harga tanah di kawasan tersebut. Biasanya harga tanah yang akan anda beli tidak jauh berbeda dari tetangga terdekat anda. Tentu saja anda bisa melakukan penawaran supaya mendapatkan harga yang pas sesuai anggaran yang anda sudah siapkan. Bila memungkinkan disarankan membeli tanpa calo supaya anda mengantisipasi penipuan.

Ketika anda sudah mencapai satu kesepakatan mengenai harga dan ingin melanjutkan ke proses jual beli tanah yang sebenarnya maka tidak ada pilihan yang lebih baik selain melakukan transaksi di depan notaris. Ada banyak notaris dan baik penjual maupun pembeli tanah harus memiliki kesepakatan dalam memilih notaris. Notaris sendiri adalah pejabat yang sah dan sudah disumpah oleh negara untuk menjalankan profesinya dalam proses transaksi jual beli tanah sehingga anda tidak akan mungkin mengalami penipuan dalam transaksi tersebut. Tidak perlu kaget bila ada biaya tambahan karena biaya pembuatan sertifikat pembelian tanah memang dibebankan ke pembeli tanah.