Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Membuat Sketsa Rumah Minimalis

Sponsored Links

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Membuat Sketsa Rumah Minimalis

Tidak semua orang membeli rumah dalam bentuk yang sudah jadi, ada kalanya kita membeli tanahnya terlebih dahulu lalu membangun rumah kita sesuai dengan anggaran, kebutuhan dan selera kita sendiri. Ini artinya kita memiliki lebih banyak kekebasan untuk menentukan model dan desain rumah kita sendiri. Apapun model dan desain rumah yang akan kita terapkan sangat disarankan untuk membuat sketsa rumahnya terlebih dahulu. Saat ini rumah dengan konsep minimalis sangat diminati oleh banyak orang karena mudah untuk diaplikasikan karena sederhana namun tetap kelihatan elegan. Dalam hal ini tentunya kita juga perlu membuat sketsa rumah minimalis terlebih dahulu.

Sketsa-rumah-minimalis-sederhana

Hal Mendasar Untuk Membuat Sketsa Rumah Minimalis

Ada hal mendasar yang harus kita perhatikan ketika kita akan membuat sketsa rumah yaitu kita harus memastikan untuk membuat perbandingan antara luas bangunan dan luas tanah dan ini berlaku untuk umum termasuk ketika kita membuat sketsa rumah minimalis. Ketika kita membeli sebidang tanah kita akan memutuskan apakah kita akan menghabiskan seluruh luas tanah untuk bangunan ataukah kita akan membuat rumah yang lebih kecil daripada luas tanah yang kita miliki dan ini artinya kita bisa membuat ruang terbuka di sekeliling rumah. Perbandingan ini penting dan harus dilakukan dengan perhitungan yang rinci karena akan sangat berpengaruh pada luasan rumah dan luasan masing-masing bagian di dalam rumah.

Berbagai Hal yang Harus Diperhatikan dalam Membuat Sketsa Rumah Minimalis

Dalam sketsa rumah minimalis yang anda akan buat yang pertama harus anda putuskan adalah arah dari rumah dan akses menuju rumah. Ini perlu supaya anda tidak mengalami kesulitan nantinya apabila anda mengisi rumah anda atau keluar masuk rumah anda sendiri. Hal lainnya yang perlu anda ketahui adalah karakter dasar dari konsep rumah minimalis itu sendiri yang sifatnya sederhana namun nyaman dan elegan. Oleh karena itu sketsa rumah minimalis yang anda akan buat sebaiknya juga menggambarkan rumah yang nyaman dan minimalis atau sederhana. Anda bisa membuat sketsa rumah yang sederhana terdiri dari 1 ruang makan, 2 ruang tidur, 1 kamar mandi dan 1 ruang makan apabila masih ada cukup ruang untuk ruang makan.

Anda bisa membuat sketsa rumah minimalis untuk dua lantai apabila memungkinkan dan ini artinya anda memiliki cukup ruang baik untuk ruang tidur maupun untuk kamar mand. Di sini anda perlu menghitung dengan cermat ukuran masing-masing kamar dan memastikan bahwa setiap ruang nyaman untuk ditinggali. Ada beberapa rumah yang memiliki ruang tamu yang lebih luas daripada ruang tidur. Bisa dikatakan kalau ini tidak terlalu penting, luasan ruang tamu seharusnya tidak boleh lebih besar daripada ruang tidur kecuali anda memang memiliki rumah yang sangat luas. Luas ruang tidur yang nyaman paling tidak berukuran 4×3 meter sedangkan ruang tamu bisa dibuat lebih kecil daripada itu apabila anda memiliki lahan yang tidak luas. Ruang tamu dibuat lebih kecil karena secara logika kita tidak dikunjungi tamu setiap hari jadi ruang tamu lebih banyak kosong.

Apabila anda memiliki rumah yang terbilang kecil maka disarankan juga untuk membuat ruangan kamar mandi kecil saja. Dalam sketsa rumah minimalis anda bisa membuat kamar mand kecil yang berukuran kurang dari 2 meter. Untuk penempatan kamar mandi bisa di dalam atau di belakang bagian rumah tergantung dari kenyamanan, kemudahan dan estetika ruangan. Mengingat ada budaya atau tradisi tertentu yang memandang bahwa kamar mandi harus di luar bangunan maka anda bisa menempatkan kamar mandi di luar bangunan atau di bagian belakang rumah.