Langkah Simpel Membuat Desain Rumah Sederhana Minimalis

Sponsored Links

Langkah Simpel Membuat Desain Rumah Sederhana Minimalis

Memiliki hunian dengan desain rumah sederhana bukan berarti karena budget sedikit, bisa saja karena hanya masalah selera, sebenarnya mereka memiliki dana yang banyak namun mereka tidak begitu mengutamakan desain mewah. Setidaknya mereka membangun rumah hanya memperhatikan fungsi dari rumah tersebut, buat apa membuat rumah dengan desain mewah tapi fungsinya tidak begitu manfaat. Bila anda tertarik dengan desain sederhana namun tidak begitu jadul amat maka ikutilah langkah-langkah desain sederhana berikut ini agar desain rumah benar-benar sesuai yang di harapkan. Sebelum anda menentukan desain pada bagian dalam rumah, perhatikan dulu ukuran tanah yang akan di bangun rumah. Sebab luas tanah juga sangat berpengaruh dengan kondisi bagian dalam rumah, bila tanah anda cukup luas maka anda memiliki kesempatan membuat ruangan cukup luas. Maka desain rumah sederhana lebih tepat untuk lokasi rumah yang terbatas walaupun tidak menutup kemungkinan rumah-rumah besarpun menggunakan konsep desain sederhana akan tetapi modern. Beberapa langkah tersebut antara lain :

  • Menentukan lokasi yang akan di bangun rumah

Lokasi rumah menentukan desain yang akan anda pilih, karena tidak mungkin jika lokasi rumah anda berada di Jakarta pusat membangun rumah dengan menggunakan desain sederhana, banyak yang mengatakan desain rumah sederhana cocok di terapkan di kota-kota kabupaten dan kota yang tidak begitu terkenal, Karena rata-rata rumah di sana tidak begitu mengutamakan desain dan factor lain yaitu karena kondisi ekonomi yang membuat pilihan desain sederhana.

  • Alokasikan budget yang anda miliki

Dana yang anda miliki sangat mempengaruhi desain rumah sederhana anda, sederhana tapi mewah tentu membutuhkan dana yang tidak sedikit sedangkan dana yang terbatas pasti akan mendapatkan desain yang sederhana dan apa adanya. Anda jangan berharap banyak ketika memiliki budget yang terbatas ingin membangun rumah dengan gaya dan model yang mewah. Kalau anda terlalu memaksakan kehendak maka tidak sampai finish dalam pembangunan rumah, nah untuk mengantisipasi hal tersebut sebaiknya sering-sering menabung dan siapkan dana dua kali lipat dari perencanaan pembangunan sehingga tidak begitu khawatir akan kekurangan dana.

  • Tentukan desain eksterior dan interior rumah anda

Selanjutnya pilihlah desain rumah yang menurut anda sesuai dengan kebutuhan, kalau urusan rumah sederhana saya yakin banyak sekali referensi desain baik di media cetak maupun online. Apa maksudnya anda supaya menentukan desain ? tujuannya adalah supaya dalam pembangunan tidak terpengaruh dengan macam-macamnya model desain sehingga anda akan terlalu lama memperdebatkan masalah desain dan ujung-ujungnya tidak mendapatkah hasil yang maksimal. Desain eksterior dan interior rumah sederhana meliputi pewarnaan, pencahayaan, tata letak ruangan, ketahanan bangunan, taman dan atap rumah.

Rumah warna atau cat dinding akan memberikan pengaruh yang sangat kuat pada desain rumah, walaupun hanya menggunakan konsep desain rumah sederhana tapi jika memiliki warna yang tepat maka rumah tersebut bisa di anggap rumah mewah atau modern.

Pemilihan lampu yang tepat akan membuat rumah anda tampak elegan, walaupun sebenarnya desain sederhana tapi lampu dan pencahayaan bergaya professional dan tidak asal-asalan membuat rumah tampak istimewa, lebih-lebih kalau anda memilih lampu import yang sering kita kenal bentuk serta gayanya memiliki perbedaan dari pada produk-produk dalam negeri yang di buat asal-asalan.

Menentukan ruangan tentu bisa di gambar dan atur ketika masih dalam berupa denah, apakah anda akan membuat rumah dengan memiliki ruang tamu, kamar tidur, ruang makan, dapur, dan kamar mandi. Tidak hanya ruangan yang di butuhkan tapi di denahpun anda bisa mengatur ukuran ruangan.

Untuk ketahanan bangunan tentu sangat erat hubungannya dengan bahan-bahan yang anda pilih, komposisi yang anda tentukan serta bahan-bahan bangunan harus di pilih dari bahan yang super, ukuran besi serta campuran antara semen dan pasir menggunakan ukuran berapa kali berapa.

Kalau desain rumah sederhana anda ingin tampil seperti rumah-rumah modern tentu anda harus mengalokasikan tempat untuk taman rumah, walaupun ukurannya kecil tapi memiliki pengaruh yang sangat istimewa sebab rumah tampak lebih hidup dan segar, apalagi kalau taman rumah di pasangi lampu-lampu redup maka akan terlihat menarik ketika malam hari.

Selanjutnya adalah atap, sebaiknya pilih atap yang kuat sebab keberadaan atap tidak begitu di perhatikan oleh kebanyakan orang hingga beberapa tahun, tahu-tahu ketika musim hujan datang baru bingung mencari sumber bocornya air. Walaupun harganya cukup mahal akan tetapi ini adalah kebutuhan yang bisa di manfaatkan hingga puluhan tahun lamanya.