Memilih dan Memadu Warna Cat Rumah Sesuai Kondisi Rumah

Sponsored Links

Memilih dan Memadu Warna Cat Rumah Sesuai Kondisi Rumah

Ada banyak cara untuk menciptakan rumah yang cantik, modern dan nyaman. Salah satunya adalah dengan memilih warna cat rumah yang tepat. Memang mungkin ini terkesan sepele akan tetapi warna pada rumah kita memang sangat berperan untuk membuat rumah kelihatan lebih baik. Sebelum anda mengecat rumah anda tentunya ada beberapa hal yang harus anda pertimbangkan. Artikel berikut semoga bisa membantu anda untuk memilih warna cat yang sesuai dengan rumah dan selera anda.

Hal pertama yang harus anda perhatikan sewaktu memilih warna cat rumah adalah dengan mempertimbangkan luas rumah anda. Tidak semua orang mempunyai rumah yang besar karena kenyataannya banyak yang hanya bisa memiliki rumah yang mungil. Pada dasarnya rumah yang luas cocok dengan dengan hampir warna apapun. Akan tetapi bagi anda yang memiliki rumah yang mungil, disarankan agar anda hanya memilih warna yang cerah saja. Kenapa? Simpel saja sebab dengan mengunakan warna cerah maka ruangan akan tampak hidup dan memberi aura lebih luas. Bahkan dalam ilmu fengshui pun sangat disarankan untuk menggunakan warna cerah dalam ruangan yang tidak terlalu luas, untuk lebih menonjolkan ilusi ruangan yang lebih luas.

Apabila rumah anda cukup luas dan besar, maka segalanya akan lebih mudah. Anda bisa saja menggunakan warna yang sedang populer seperti warna abu-abu atau bahkan cokelat. Akan tetapi, perlu juga anda pahami bahwa warna yang cukup gelap dapat memberikan berbagai efek yang kurang bagus bagi ruangan interior anda. Oleh karenanya, untuk menampilkan desain interior yang cantik dengan warna gelap, anda bisa mengkolaborasikannya dengan warna-warna cerah sehingga menjadi lebih seimbang. Jika anda menyukai warna hitam dan ingin menampilkan warna tersebut dalam ruangan anda, ada baiknya anda mengkombinasikannya dengan warna putih atau kuning, sehingga akan tercipta perpaduan yang cantik.

Permbedaan Memilih Warna Cat Rumah Untuk Area Luas Dan Sempit

Sekalipun anda sudah memilih satu jenis warna cat rumah bukan berarti hanya tidak bisa mengkombinasikannya dengan warna lainnya. Untuk rumah yang luas hampir tidak ada kendala dalam pemilihan kombinasi warna akan tetapi untuk rumah yang mungil anda perlu berhati-hati. Apabila anda memilih warna abu-abu untuk warna cat rumah anda yang luas maka anda bisa mengkombinasikannya dengan beberapa warna lainnya seperti putih, merah dan sedikit sentuhan hitam. Untuk rumah yang mungil anda bisa memilih dominasi warna krem dan dikombinasikan dengan warna putih, coklat kayu dan sedikit warna coklat tua.

Hal kedua yang harus anda perhatikan sewaktu memilih warna cat rumah adalah tema. Memang sebagian besar orang beranggapan bahwa rumah dengan desain minimalis mengambil tema modern tetapi ini tidak sepenuhnya benar karena selain bertema modern, desain minimalis juga bisa diadaptasi dan di kombinasikan dengan tema retro atau kuno. Warna yang paling cocok untuk tema modern-retro adalah penggunaan warna-warna cerah seperti orange yang dikombinasikan dengan coklat ataupun hijau dan sedikit warna putih.

Warna Cat Rumah Dengan Tema Alami

Apabila anda mengambil tema alami, hijau adalah warna cat rumah yang paling ideal dan ini bisa diterapkan bagi rumah yang besar maupun kecil. Hal yang perlu diperhatikan adalah perbandingan dari kombinasi warna hijau itu sendiri. Untuk rumah besar atau luas warna hijau tua bisa lebih dominan lalu dikombinasikan dengan warna hijau muda dan warna putih dan sedikit warna coklat kayu. Sebaliknya rumah yang mungil seharusnya didominasi warna hijau muda dan dipadu dengan warna hijau tua dan putih dan sedikit warna coklat.

Apapun warna cat rumah dan tema yang anda pilih pastikan anda untuk mengujicobanya terlebih dahulu. Anda bisa menggambar desain rumah terlebih dahulu dan mengaplikasikan warna pilihan anda pada gambar tersebut. Ini seperti halnya anda membuat maket rumah terlebih dahulu sebelum membuat rumah sebenarnya. Dengan cara ini anda bisa memastikan bahwa pilihan anda tepat dan mengurangi tingkat kesalahan karena salah pilih warna bisa sangat fatal bagi anda mengingat bahwa mengecat warna bukan hal yang mudah dan tentunya memakan biaya tinggi dan memakan waktu yang lama terlebih lagi apabila anda harus mengecat ulang rumah anda.