Memilih Jendela Rumah Minimalis

Sponsored Links

Memilih Jendela Rumah Minimalis

Beberapa pilihan yang sama-sama menariknya untuk desain rumah minimalis adalah jendela rumah minimalis dari kaca, jendela kaca ada yang menggunakan frame dan ada juga kaca yang tidak menggunakan frame. Demikian juga dengan ketebalan serta motif hiasan pada kaca seperti bunga, gambar hewan dan lain-lain. Bagaimana anda memilih jendela kaca yang tepat dengan desain rumah dan sesuai dengan selera. Pertama-tama anda perlu memperhatikan model rumah serta ukurannya, kalau rumah itu memiliki ukuran cukup besar sebaiknya mengggunakan kaca lebar dan tebal. Pilihlah kaca tekhnologi rayben untuk menjaga privasi anda berada didalam rumah, dengan kaca rayben anda akan dapat melihat luar rumah sedangkan orang dari luar tidak dapat melihat kondisi didalam rumah. Untuk penempatan jendela rumah minimalis dari kaca yang tepat itu berada di dekat taman supaya membantu anda akan selalu mendapatkan pandangan segar karena hijau tanaman seperti pohon palem, bunga mawar dan bunga lainnya.Kusen-jendela-kayu-jati

Pemilihan kusen kaca, ada dua pilihan antara kusen kayu dan kusen baja ringan, kedua-duanya memiliki kekurangan dan kelebihan. Kusen kayu akan mudah didapatkan, sebab Indonesia adalah tempatnya berbagai macam kayu namun yang paling familiar digunakan untuk berbagai macam kusen adalah kayu jati, dari beberapa kayu jati harus di pilih dari kayu jati yang memiliki umur lebih tua agar lebih awet dan tahan lama. Bagi pakar kayu jati tentu tidak ada kesulitan yang berarti untuk menentukan bahan jendela rumah minimalis yang tepat, nah bagi anda para pemula tentu harus menentukan pilihan dengan berbagai macam petunjuk antara lain :

Kayu jati yang memiliki umur lebih tua, pendapat yang sering mengemuka adalah kayu jati dengan umur lebih tua sebab akan memiliki serat lebih padat sehingga dapat membentuk tekstur alami yang terbentuk karena umur, namun kalau patokannya hanya pada umur tentu kurang lengkap, anda harus memperhatikan pori-pori kayu. Dengan memiliki pori-pori yang lebih pada maka hama perusak kayu akan sulit melakukan perusakan pada kusen kayu jati anda.

Warna serat kayu jati terlihat lebih hidup karena proses penuaan dan pigmen yang terbentuk didalamnya. Sedangkan kayu jati yang masih muda rata-rata warna serat cenderung sayu dan kurang hidup.

Pada setiap kayu tentu memiliki dahan kadang-kadang dan tersebut patah dan membusuk, nah yang jadi masalah akan mengalami keropos hingga kedalam kayu, ciri-cirinya yang sering terjadi adalah mata kayu berwarna hitam nah kalau anda menjumpai kayu seperti ini biasanya akan mudah patah oleh karena itu harus anda hindari.

Jangan menggunakan kayu yang memiliki hati kayu, biasanya hati kayu itu berada di tengah-tengah dan didalamnya terdapat seperti gabus, kalau menjumpai kayu seperti ini sebaiknya anda memilih yang lain, sebab teksture akan sangat jelek dan akan terlihat seperti garis vertical.

Kayu jati yang berlubang biasanya karena terjadi mata kayu yang rusak atau kesalahan pemotongan atau saat membelah, biasanya tukang kayu mengatasi dengan melakukan pendempulan sebaik-baiknya agar tidak terlihat, nah kalau kusen jendela kaca anda ingin terlihat sempurna sebaiknya mencari kayu yang tidak banyak dempul karena akan mengurangi kekuatan dan keindahan kusen kayu jati anda.

Hindari kayu gubal, atau kayu yang ada pada bagian pinggir, kayu gubal kurang berkualitas dan seratnya kurang bagus oleh karena itu pedagang kayu akan menjual dengan harga murah, jadi anda harus lebih selektif untuk menentukan pilihan kayu yang bagus untuk rumah maupun bangunan utama anda seperti kantor, tempat ibadah dan bangunan lainnya.Kusen-jendela-UPVC

Sedangkan kusen jendela yang menggunakan besi ringan harus yang memiliki kualitas terbaik, tentu setiap penyedia jasa baja ringan akan memberikan informasi bahwa baja mereka sangat bagus dan berkualitas tinggi. Nah anda jangan langsung percaya dengan mereka perhatikan beberapa ciri kualitas baja ringan tersebut antara lain :

Baja dengan kualitas high tension steel, standarnya adalah G550 dan memiliki sertifikan uji laboratorium, sedangkan baja yang sering beredar dipasaran adalah 0.40 hingga 1.00 mm BMT / base metal thickness.

Perhatikan kualitas produsen jendela rumah minimalis mereka , jika banyak yang menggunakan jasa tersebut maka dia masuk dalam kategori produsen yang dapat di percaya.

Perhatikan ketebalan baja ringan, semakin tebal baja maka akan dapat dipercaya mampu bertahan lama sedangkan baja yang tipis akan mudah bengkok dan kalau terkena air akan cepat korosi.

Yang terahir adalah mintalah rekomendasi dari para ahli baja ringan di kota anda, kalau ahli tersebut adalah teman anda maka tidak perlu memberikan jasa konsultasi namun kalau dia adalah orang lain tentu anda harus memposisikan dia sebagai konsultan bangunan rumah anda.

Salah satu perbedaan antara penggunaan kayu dan baja adalah bentuk dan ukiran, baja ringan telah terbentuk sesuai cetakan bentuk dari pabrik sedangkan kayu jati bisa anda membentuk sesuai dengan keinginan, baja ringan tidak dapat di ukir manual sesuai dengan keinginan sendangkan kayu jati dapat anda pola dan ukir sesuai dengan kebutuhan seni kusen jendela rumah minimalis.