Memilih Keramik Kamar Mandi Dan Cara Memasangnya

Sponsored Links

Memilih Keramik Kamar Mandi Dan Cara Memasangnya

Jangan anggap bahwa kamar mandi tidak bisa di buat menarik seperti ruang tamu, kamar tidur dan ruangan lainnya. Salah satunya adalah dengan memilih keramik kamar mandi yang sesuai dengan konsep kamar mandi. Bila anda tertarik ingin memasang keramik kamar mandi sendiri maka anda harus mencari panduan yang tepat agar endingnya benar-benar maksimal. Dalam kamar mandi ada dua tipe keramik yang harus anda pasang yaitu keramik lantai dan keramik dinding, pemasangan keramik dinding lebih sulit daripada keramik lantai sebab perekat keramik harus benar-benar tepat yaitu tidak terlalu encer dan terlalu kental. Bagi sebagian orang memang memasang keramik akan membuat kita kesulitan dan memusingkan, namun dengan beberapa panduan ini mudah-mudahan akan mengobati anda dari masalah ini. Memasang keramik sendiri hanya memiliki alasan cukup sederhana yaitu untuk menekan biaya pengeluaran walaupun harus mengalokasikan waktu serta tenaga ketika hari libur kerja anda.Memasang-Keramik-Kamar-Mandi

Desian kamar mandi memiliki bermacam-macam tema, antara lain adalah tema alam dan tema modern, bila ingin kamar mandi terkesan klasik maka ubin keramik menggunakan batu alam, sedangkan tema modern cederung pada keramik dengan produk pabrik professional yang memiliki bentuk, ukuran, desain yang terkesan mewah. Penggunaan warna putih cenderung lebih bersih daripada warna lain, noda maupun busa sabun akan sangat terlihat pada keramik putih ini. Namun jangan asal warna putih saja, tapi harus memperhatikan seberapa licin keramik kamar mandi tersebut, sebab akan membahayakan anda ketika berada di kamar mandi apalagi kalau keramik jarang di bersihkan.

Bagaimana Untuk Memasang Keramik Kamar Mandi

Memasang keramik kamar mandi sangatlah mudah, karena tinggal menempelkan dengan terlebih dahulu meratakan perekat keramik pada lantai dan atur lantai anda rata atau tidak dengan alat khusus. Sebelum anda memasang keramik, siapkanlah perlengkapan di bawah ini :

  1. Ubin keramik
  2. Semen backerboard
  3. Pita pengukur seperti meteran dan benang
  4. Alat pemotong keramik
  5. Perekat ubin
  6. Cetok bertakik
  7. Ubin tongkat (untuk memastikan tingkat kerekatan keramik )
  8. Balok
  9. Kain pembersih setelah pemasangan nat pada tiap-tiap keramik

Kalau kamar mandi itu tidak terlalu lebar maka pemasangan akan cepat dan mudah, namun kalau kamar mandi anda berukuran 5 X 5 maka membuthkan waktu lama apalagi anda memiliki rencana memasang bathtub. Aduk pasir dan semen sesuai dengan takaran, Selanjutnya pasang keramik satu-persatu, letakan adukan pasir dan semen sesuai dengan ukuran keramik setelah itu letakan keramik perlahan-lahan sambil di tekan dengan kayu atau di pukul-pukul dengan gagang martil. Setelah semua terpasang dan kira-kira sudah kuat ( paling tidak di biarkan selama satu hari ) selanjutnya finishing pemasangan keramik kamar mandi pada nat dengan semen yang memiliki warna mirip dengan keramik, bila keramik putih pilihlah semen putih. Paling akhir adalah membersihkan dengan air atau di pel sambil melihat apakah ada semen yang menempel pada keramik, bila sulit di bersihkan dengan air maka gunakanlah pisau, cutter atau kape.