Memilih Rangka Baja Ringan Lebih Hemat Daripada Rangka Kayu

Sponsored Links

Memilih Rangka Baja Ringan Lebih Hemat Daripada Rangka Kayu

Rangka baja ringan adalah solusi tepat untuk kebutuhan rumah, perkantoran, gudang dan gedung-gedung lainnya. Menggunakan baja menjadi pilihan utama saat ini, karena pengerjaan cepat dan tepat waktu. Baja ringan dengan berbagai merk memiliki berat yang cukup ringan sehingga mudah di bawa ke medan apapun tanpa harus banyak pertimbangan. Namun sebagian dari masyarakat masih ada yang mencibir dan memandang sebelah mata karena di indonesia rangka umumnya menggunakan kayu. Baja pertama kali di gunakan oleh orang-orang dari negeri matahari.

Rangka-baja-ringan-terbaik

Di indonesia masih menyakini bahwa penggunaan kayu lebih fleksibel, ketika terjadi kekurangan bisa di sambung atau di potong. Sedangkan penggunaan baja ringan harus benar-benar melakukan penghitungan yang cermat. Untuk pemasangan rangka baja ringan tidak terlalu banyak menggunakan energi, cara menyambung satu dengan yang lain cukup menggunakan las dan mur/baut sehingga memiliki kekuatan sempurna. Selain itu kekuatan baja tergantung pada ketebalan baja, dan anti korosi sebagai pelapisnya. Untuk baja jenis zincalume/galvalume di campur dengan aluminium zinc minimali 150 gram per meter persegi. Sedangkan untuk galvanis di lapisi zinc minimal 180 gram per meter persegi. Kode baja ringan yang di miliki adalah G550 yang di yakini bisa bertahan hingga 25 sampai dengan 30 tahun. G550 adalah kode standar kualitas dari daya titik leleh minimum.

Cara Menghitung Rangka Baja Ringan Untuk Kusen Dan Atap

Sebelum menggunakan rangka baja ringan tentu para insinyur tekhnik lebih berpengalaman dari pada saya sebab mereka telah banyak belajar dan mendapatkan gelar MT, bahkan penghitungannya menggunakan software rangka baja ringan, namun penghitungan sederhana seperti berikut ini :

  1. Untuk pemasangan kusen harus di ukur panjang dan lebar yang di butuhkan
  2. Siapkan beberapa contoh sketsa atau gambar kusen yang akan di gunakan, sehingga tidak terjadi kesalah fahaman ketika kusen telah terpasang.
  3. Harga pemasangan permeter atau borongan yang akan di pilih, kalau untuk ukuran lebih banyak sebaiknya pilih harga borongan sehingga tidak terlalu mengeluarkan biaya banyak.

Kalau rangka baja ringan hanya untuk kusen satu atau dua saja anda bisa menggunakan jasa pemasangan yang memberikan tarif ongkos meteran, karena akan lebih memperkecil biaya namun pengerjaan bagus dan singkat. Namun harus benar-benar selektif untuk memilik pengerjaan dan pemasangan kusen, agar nanti tidak terjadi kekecewaan karena telah memilih kontraktor yang belum professional. Kalau di bandingkan dengan penggunaan kayu untuk rumah dengan type 50 pautannya sampai 3 juta lebih. Oleh karena itu para developer perumahan lebih memilih menggunakan baja daripada kayu. Kemudian kayu kelau terkena api akan menyebabkan api semakin membesar. Sedangkan penggunaan baja ringan bila terkena api tidak memancing api semakin besar.

Pemasangan Rangka Baja Ringan Lebih Mudah Menggunakan Skrup Dan Las

Untuk pemasangan rangka baja ringan sebaiknya gunakan jasa yang telah memiliki kualitas terbaik di kota anda seperti yang saya ungkapkan tadi di atas. Sering terjadi bangunan gedung atau gudang yang ambruk dan menimbulkan korban jiwa itu dikarenakan pemasangan yang kurang sesuai dengan teori akhirnya terjadi musibah yang tidak kita inginkan. Untuk pemasangan rangka atap hanya ada dua material yang akan disusun profil kanal dan profil reng. Profil kanal di pasang di bawah profil reng sedangkan profil reng di pasang di atas profil kanal yang berfungsi secara langsung menahan atap genteng.

Sebelum memasang profil kanal dan profil reng adalah pemasangan kuda-kuda yang berada di atas tembok samping, model kuda-kuda yang umum berbentuk segi tiga yang terdiri dari Bottom chord, top chord dan pitching point dan web atau jarring-jaring penguat penopang kuda-kuda. Bottom cord berfungsi sebagi penyangga kuda-kuda, top cord berfungsi sebagai penyangga reng dan akan berjejer bersama dengan profil kanal sedangkan pitching point nantinya berfungsi ketika telah dipasang atap untuk mengamankan tembok dari tetesan air hujan, kepanjangan pitching point menyesuaikan kebutuhan yang terukur dengan perkiraan jatuhnya air agar tidak mengenai tembok yang menyebabkan cat tembok akan rusak.

Dua top chord pada rangka baja ringan di sambung dengan skrup besar,tidak menggunakan las, karena kekuatan las tidak bisa menjamin lebih lama, sebelum di sambung terlebih dahulu di ukur agar bisa membentuk segitiga selanjutnya di tutup dan di lobangi untuk pemasangan sekrup hingga lima biji. Pemasangan ring balok balok di atas dinding menggunakan bracket L di sebelah pitching point, bracket L di sekrup dengan rangka dan dinding tembok. Bracket L bisa membuat sendiri atau menggunakan produksi pabrik yang lebih halus dari pada buatan sendiri. Yang terahir setelah selesai pemasangan atap rangka baja ringan adalah lisplang, anda bisa memilih menggunakan bahan GRC atau kayu kemudian di cat sesuai dengan konsep warna yang anda pilih.