Memulai Bisnis Properti Dengan Modal Pas-Pasan

Sponsored Links

Memulai Bisnis Properti Dengan Modal Pas-Pasan

Membangun bisnis properti bukanlah sesuatu yang instan akan tetapi memerlukan perjuangan, pengorbanan, ketelitian dan ketrampilan. Langkah yang sederhana dilakukan oleh pakar property adalah melalui pengalaman. Pengalaman adalah guru yang paling berharga bagi para pemula bisnis properti, hal pertama yang dilakukan dengan mengikuti pengalaman-pengalaman para senior yang telah di ceritakan melalui buku maupun blog pribadi mereka. Selanjutnya anda bisa memulai dari hal yang paling mudah ikut menjadi sales property, pekerjaan ini tidak banyak menghabiskan waktu anda tetap bisa bekerja seperti biasa namun anda memiliki sampingan pekerjaan sales property.

Bisnis-properti-tanpa-modal

Apa saja yang dilakukan oleh sales property ? sales bisnis properti cukup sederhana, berikut langkah-langkahnya :
1.    Ajukan diri untuk bergabung dengan developer perumahan, dan tawarkan bahwa anda rela mendapat fee lebih sedikit daripada yang lain. Kemudian lakukan perjanjian antara kedua belah pihak dengan saling menerima perjanjian tersebut.
2.    Minta brosur dan sebarkan brosur kepada orang-orang yang anda kenal, atau orang yang dekat dengan anda bahkan orang lainpun bisa anda beri brosur tersebut.
3.    Minta peta kavling dalam bentuk pdf, jpeg dengan gambar yang jelas dan berwarna, selanjutnya bagikan gambar tersebut kepada teman-teman anda di sosial media seperti facebook, twitter dan lain-lain.

Selanjutnya anda bisa bekerja dangan santai sambil menarkan produk property kesana-kemari. Bila anda sudah mahir maka tidak lama akan mendapatkan konsumen yang setia. Jangan  lupa service adalah kunci utama dalam menjalankan sales property, Handphone jangan pernah anda matikan setelah anda yakin telah membagikan nomer handphone, PIN Blackbarry maupun wchat, mereka sewaktu-waktu bisa saja menghubungi anda tanpa mengenal kondisi anda.

Mulailah Bisnis Properti Walaupun Dengan Budget Terbatas

Setelah anda lama di dunia bisnis properti pasti anda ingin mencoba melakukan sendiri, tidak masalah bagi saya bahkan sangat mendukung kalau tidak sekarang kapan lagi anda memulainya. Bila budget anda terbatas sebaiknya anda menabung sedikit demi sedikit untuk mewujudkan impian bisnis properti, di mulai pembelian rumah satu local [ bisa dengan kredit maupun cash, tergantung strategi anda ],setelah melakukan renovasi kecil-kecilan anda bisa menawarkan dengan cara di kos kan, atau di jual. Dalam penawaran anda harus sedikit memberi jarak waktu agar terlihat professional. Contoh rumah ini akan kami jual, penawaran di mulai dari sekarang hingga satu bulan kemudian, bila tidak ada yang menawar sesuai dengan harga minimal yang kami sebutkan maka kami tidak meneruskan penjualan rumah ini.

Pasti mereka akan berfikir dua kali, terutama anggota keluarga baru yang belum memiliki rumah, akan berusaha meraih hati anda agar memberikan penjualan rumah kepada mereka. Bila memang yang bermaksud menawar ada beberapa orang anda harus pura-pura sibuk, strateginya begini : saya orang sibuk jadi kita bisa bertemu hari minggu saja di restoran A, semua nanti bisa kumpul di sana, untuk  masalah makan kami yang tanggung, untuk mengikuti acara ini anda di persilahkan mengisi formulir dan membayar biaya administrasi sekian ribu. Dengan system ini mereka akan berlomba-lomba memberikan tawaran yang paling mahal selanjutnya anda bisa menentukan siapa yang pantas menempati rumah tersebut.

Sebelum Bisnis Properti Lakukan Penelititan Secara Mendetail Walaupun Hanya Sederhana

Secara umum mereka akan mecari rumah yang dekat dengan fasilitas umum, seperti dekat dengan pasar, tempat kerja, dekat dengan sekolahan, dekat dengan rumah sakit. Memang lokasi ini rata-rata telah dikuasai oleh mereka para developer professional, oleh karena itu carilah lokasi yang hampir dekat dengan lokasi tersebut. Lokasi yang dekat dengan stasiun sangat potensial di kembangkan sebagai tempat bermalam bagi mereka yang takut tertinggal kereta api atau kemalaman ketika mereka sampai di stasiun. Demikian juga lokasi strategis lainnya yang berada dekat bandara dan rumah sakit akan memiliki nilai jual tinggi.

Pengalaman Bisnis Properti Tanpa Modal

Beberapa penuturan dari mereka yang berhasil dari bisnis properti ternyata mereka adalah orang-orang yang telah mengalami kegagalan yang berulangkali. Sebut saja Rendi yang telah mengikuti kuliah di salah satu perguruan tinggi di Jakarta hingga semester 4, namun karena jiwa entrepreneur lebih besar dia meninggalkan kuliahnya kemudian pulang ke kampung halaman untuk memulai bisnis, awalnya memang tidak langsung terjun ke dunia bisnis properti, dia memulai dari mendirikan konter HP, toko sandals, rental PS dan lain-lain. Setelah lama menggeluti bisnis tersebut dia mengalami masa keemasan, mendapatkan keuntungan yang cukup banyak dia terus menekuni dengan penuh semangat, pada tahun berikutnya mengalami kebangkrutan ( ini adalah hal yang wajib terjadi bagi pebisnis baru di tahun kedua atau ketiga akan mengalami masa down, bila dia bisa mengatasi maka tahun ke empat dan kelima dan berikutnya akan mengalami keberhasilan ). Pada masa itu dia bukannya memikirkan arah bisnisnya namun ingin menikah, dengan modal yang sederhana berlangsunglah pernikahan yang cukup sederhana, setelah menikah bingung cari kerja, minimal ingin mempunyai rumah agar bisa bersama-sama dengan istrinya memulai bisnis baru. Setelah kesana kemari mencari rumah maupun kontrakan ternyata tidak ada yang cocok, dengan terpaksa dia mencoba mempraktekan hasil seminar beli property tanpa modal, setelah di lakukan step by step Alhamdulillah berhasil juga membeli property tanpa modal. Setelah mengalami keberhasilan yang pertama tidak disangka-sangka banyak yang berguru kepadanya mulai dari keluarga hingga teman-teman sebaya.

Beberapa Langkah Selanjutnya Untuk Mendapat Keuntungan Instant Dari Bisnis Properti

Sebentarnya kata-kata  instant dari bisnis properti sangatlah tidak mungkin, semuanya harus di mulai dari hal yang paling dekat dengan diri anda antara lain :

Mengetahui kemampuan anda

Bisnis tidak hanya sekedar usaha, namun perhitungan akan kemampuan diri harus menjadi pertimbangan, saya sering memberi nasihat kepada rekan maupun murid-murid saya “mulailah bisnis dari yang paling mudah bagi anda”, ini adalah solusi pertama agar anda tahu seberapa kemampuan anda, ketika bisnis anda berjalan selanjutnya anda bisa mengembangkan pada bisnis-bisnis yang lebih besar seperti bisnis properti. Jangan suka memaksakan diri dalam berbisnis, gambarannya seperti anda melamar seorang wanita, sebaiknya anda mawas diri, perhatikan berapa nilai anda selanjutnya anda bisa menakar kira-kira cewek yang kalian lamar apakah akan menerima anda atau tidak.

Ketahuliah Perkiraan Harga Properti Yang Akan Anda Beli

Untuk mengetahui perkiraan harga properti yang menjadi target anda, anda haru tahu NOJP ( Nilai Jual Objek Pajak ) lokasi tersebut, perhitungannya begini, harga tanah biasanya antara 1, 5 hingga 2 kali NOJP, nah bila lokasi yang anda bidik kok jauh dari nilai NOJP berarti perlu anda perhatikan. Untuk mengetahui NOJP anda bisa melihat di website ditjen pajak, disana di rilis macam-macam NOJP dari berbagai daerah di Indonesia.