Menata Dapur Minimalis dengan Efisien

Sponsored Links

Menata Dapur Minimalis dengan Efisien

Menentukan desain dapur minimalis yang cocok untuk rumah anda, terkadang bukanlah hal yang mudah. Semua orang menginginkan desain dapur yang simple dan bersih, namun dilain pihak sebuah dapur tentunya membutuhkan banyak peralatan dan alat-alat yang diperlukan untuk proses memasak. Bisa dibilang, setiap dapur telah ditakdirkan untuk selalu berantakan. Namun, bukannya tidak mungkin untuk menciptakan dapur yang minimalis dan simple. Dengan sedikit usaha dan keberanian, anda pun bisa menciptakan ruangan dapur yang minimalis dan nyaman.

Dapur merupakan sebuah ruang yang penting dalam tiap rumah. Makanan untuk keluarga anda datang dari ruangan yang berisi kulkas dan kompor ini. Tentunya penting untuk membuat dapur terlihat bersih dan nyaman bagi penggunanya. Dapur yang tidak bersih dan penuh dengan barang-barang tentunya akan membuat suasana memasak menjadi tidak nyaman. Saat ini, masyarakat modern terkadang menyediakan dua buah ruang dapur di rumah, yaitu dapur bersih dan dapur kotor. Dan pada rumah minimalis, penggunaan 2 buah ruang dapur biasanya tidak mungkin, ini karena kebanyakan rumah minimalis memiliki luas ruang yang sangat terbatas, sehingga membatasi kreatifitas kita dalam mendesain ulang ruang dapur yang ada.

Dapur Minimalis Rapi dan Simpel

Jika anda tidak mempunyai cukup ruang untuk dapur bersih dan dapur kotor, maka anda bisa membuat dapur kecil anda terlihat bersih. Untuk membuat dapur kecil anda terlihat bersih dan rapi, anda bisa mencoba desain interior minimalis modern untuk dapur anda. Dapur minimalis disukai oleh masyarakat modern karena menggunakan perabotan yang fungsional dengan desain yang simpel. Dapur minimalis hanya meletakkan peralatan masak di atas meja jika digunakan saja. ketika tidak sedang digunakan, maka peralatan dapur akan disimpan dalam rak-rak dapur.

Walaupun terlihat minimalis, dapur dengan desain seperti ini menggunakan lebih banyak rak penyimpan barang atau storage. Demi menjaga kebersihan dan kerapian dapur minimalis, tentunya dibutuhkan rak-rak penyimpan yang memadai, bukan? Rak atau lemari dapur sangat berguna untuk menyimpan peralatan memasak dan koleksi piring-piring anda. Jika anda ingin mengadopsi konsep minimalis, anda bisa memanfaatkan dinding bagian atas dan bawah untuk tempat lemari-lemari dapur. Dengan menggunakan rak cabinet dinding, anda akan lebih menghemat tempat dan ruang daripada menggunakan lemari dapur berdiri.

Pentingnya Pemasangan Lemari Dapur Minimalis

Dapur minimalis sangat sesuai dengan konsep rumah minimalis. Konsep rumah minimalis membuat penghuni rumah nyaman karena konsep tata ruang yang praktis dan efisien. Konsep desain ini bisa diterapkan di dapur minimalis anda. Jika tidak sedang digunakan, anda bisa menyimpan kembali blender, mixer, wajan, dan panci ke dalam lemari-lemari bagian bawah. Koleksi bumbu-bumbu bisa diletakkan di rak dapur yang dipasang di dinding.

Pasanglah pencahayaan yang terang di dapur. Pencahayaan kuning dan remang sangat tidak dianjurkan karena membuat kegiatan memasak menjadi tidak nyaman, serta juga menampilkan kesan suram dan membosankan. Untuk membuat daput tetap terlihat bersih, sangat direkomendasikan untuk memasang dinding keramik/ubin di dinding yang terletak di belakang kompor dan tempat untuk mencuci piring. Ini untuk menghindari noda minyak atau air yang biasanya terciprat saat kita memasak atau mencuci piring. Dengan dinding keramik atau ubin, ini akan memudahkan anda dalam membersihkan noda-noda minyak dan air sabun tersebut.

Anda juga harus memastikan tata perabotan di ruang dapur sesuai dengan kebutuhan anda. Anda bisa membuat lemari cabinet dapur anda tersusun huruf L. dengan menata lemari dan rak dapur dengan baik, anda bisa melangkah dengan efisien di dapur anda. Seperti yang kita tahu, kegiatan di dapur membutuhkan kelincahan tersendiri. Kegiatan memasak membutuhkan anda untuk bisa mengakses kulkas, kompor, dan tempat cuci piring beberapa kali dalam sehari. Jika anda ingin menghemat waktu dalam dapur minimalis anda, pastikan letak masing-masing barang penting di daput tersebut sudah sesuai dan dalam jangkauan anda.

Jika tidak memungkinkan untuk mendapat akses ventilasi langsung pada area dapur anda, instalasi exhaust juga perlu diperhatikan. Pasanglah exhaust sederhana dengan memanfaatkan fan exhaust yang dihubungkan dengan tabung-tabung exhaust berukuran kecil, sehingga akan memudahkan peralihan udara dan menciptakan udara yang selalu segar pada area dapur minimalis anda.