Menciptakan Desain Ruang Tamu Formal Nan Elegan

Sponsored Links

Menciptakan Desain Ruang Tamu Formal Nan Elegan

Desain ruang tamu merupakan langkah yang penting dalam membangun rumah, karena ruang tamu adalah tempat dimana orang akan pertama kali menilai rumah anda secara keseluruhan. Sebagai tempat dengan tingkat visibilitas yang tinggi, sangat disarankan bagi anda untuk lebih memperhatikan dekorasi dan penataan letak pada ruang tamu rumah anda nantinya. Untuk itu anda perlu desain ruang tamu yang sesuai dengan kepribadian anda. Jika anda termasuk orang yang suka gaya formal dan elegan, maka tidak ada salahnya bila anda mengaplikasikan gaya tersebut ke dalam ruang tamu anda. Ruang tamu formal sendiri adalah ruang tamu yang dibuat atau dirancang untuk menjamu tamu-tamu penting, yang tentunya ruang tamu ini harus mampu mengakomodasi segala kebutuhan anda saat itu, seperti tersedianya tempat duduk yang cukup, pencahayaan yang memadai, dan lain sebagainya.

Desain Ruang Tamu Gaya Formal

Ketika anda merencanakan untuk membuat desain ruang tamu dengan gaya formal maka ada beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan sebelum membeli bahan dan memulai proses pembuatannya. Misalnya, menentukan area yang akan anda jadikan titik fokus, menentukan aksesoris yang sesuai untuk ruang baik di dinding dan area lantai, mengatur volume furniture untuk mengoptimalkan nilai estetika dan lain sebagainya.

Pada dasarnya ketika anda mulai membuat desain ruang tamu formal, anda harus mampu memberikan kenyamanan kepada setiap orang yang ada di dalamnya, serta disaat yang sama anda dituntut untuk mampu mempertahankan nilai estetika yang tinggi. Ya, saat anda menjamu tamu, akan lebih baik lagi jika ruangan yang anda tempati terlihat indah, bukan?

Hal yang harus dipertimbangkan sebelum anda mulai membelanjakan uang anda untuk membeli furniture ruang tamu formal, adalah membuat perencanaan. Perencanaan yang matang sangat disarankan untuk dirancang sedemikian rupa terlebih dahulu, agar anda dapat menentukan arah desain yang cocok dengan rumah anda. Perencanaan disini maksudnya adalah agar anda nantinya dapat menemukan ukuran yang tepat untuk setiap perabot yang anda ingin letakkan. Dan hasilnya adalah anda akan dapat menemukan tata letak yang benar antara ruang dan serta furniture, selain itu juga anda akan mampu membuat kalkulasi pengukuran yang sesuai dan porsi yang tepat. Sedangkan untuk furniturenya sendiri, anda disarankan untuk memilih furniture yang mengandung elemen kaca, serta juga anda mungkin harus mempertimbangkan penggunaan lampu Kristal. Dengan penataan dan peletakan yang tepat, kaca dan kristal dapat memberikan kesan elegan bagi ruang tamu formal.

Menata Aksesoris Desain Ruang Tamu

Selanjutnya dalam desain ruang tamu adalah Jika anda sudah memiliki jendela kaca yang besar, anda dapat menentukan titik fokus ruang tamu anda. Secara umum titik fokus ruang tamu bisa pada jendela kaca besar maupun perapian. Kemudian anda juga dapat menempatkan bar area disekeliling titik fokus tadi. Sebelum menempatkan furniture di dekat titik fokus, lakukanlah pengukuran sebelumnya. Anda bisa mengggambarnya diatas kertas atau jika dapat menggunakan komputer untuk membuat gambar 3D akan lebih baik. Setelah itu selesai barulah masukkan beberapa furniture yang sesuai keinginan anda. Mulailah dengan ukuran yang lebih besar. Jika anda mempunyai piano dan ingin meletakkannya di ruang tamu, maka tempatkanlah terlebih dahulu piano tersebut barulah barang-barang lainnya yang lebih kecil di dekat titik fokus.

Namun jika anda menggunakan pintu dengan ukuran besar, maka desain ruang tamu anda dengan piano sebaiknya diletakkan di sudut ruangan, dan letakkan beberapa furniture di dekat pintu seperti meja dan kursi kecil. jika ada cermin, letakkan juga dalam ruang tamu anda. Cermin dapat menambah kesan ruang lebih luas dan tentunya sedikit ada sentuhan dekoratif dalam ruangan. Jangan lupa cermin harus ada bingkainya.

Yang terakhir jika anda ingin memasukkan barang-barang pribadi anda seperti foto keluarga atau lain sebagainya, anda dapat meletakkannya tergantung dibelakang sofa atau jika anda menggunakan perapian sebagai point of attraction, anda bisa meletakkan foto-foto atau hiasan dinding tersebut di atas perapian. Dan cermin tadi diletakkan disamping jendela. Usahakan cahaya siar matahari tidak memantul dalm ruangan. Jika ingin meletakkan lebih banyak lagi barang pribadi anda, buatlah kelompk kecil dengan menggunakan karpet untuk mengikatnya dengan furniture tertentu. Dan itulah beberapa tips membuat desain ruang tamu formal dan elegan.