Menciptakan taman rumah klasik mirip taman sari Yogyakarta

Sponsored Links

Menciptakan taman rumah klasik mirip taman sari Yogyakarta

Lokasi rumah yang luas memberikan kemudahan bagi pemiliknya untuk mendesain bangunan dengan berbagai macam model rumah. Termasuk bagaimana cara menciptakan taman seperti taman sari Yogyakarta, taman sari Yogyakarta menjadi contoh taman pribadi karena keberadaan taman tersebut adalah taman miliki istana jogya yang di samakan dengan kebun raya bogor milik istana bogor. Beberapa model taman yang perlu di perhatikan untuk kemiripan ini adalah pada kolam yang lebar dengan air yang berwarna biru, pagar taman harus memiliki banyak ornament ukiran seperti pagar milik istana Yogyakarta. Dua hal ini kalau di maksimalkan akan kemiripan yang cukup sempurna.

Pagar yang mengelilingi taman dan tangga masuk taman di buat lebih tinggi sehingga ketika kita mau memasuki taman harus menuruni tangga tersebut, karena memang taman sengaja di buat lebih rendah dari pada bangunan rumah dan pintu masuk. Bangun gazebo di taman anda sebagai ganti dari gedong sekawan milik taman sari Yogyakarta. Gazebo di bangun untuk tempat beristirahat dan makan cemilan ketika sedang beristirahat menikmati indahnya taman model klasik ini. Atap gazebo sebaiknya di buat mirip seperti klenteng, karena bagunan taman sari menggunakan berbagai macam model gaya seperti atap memilih model seperti klenteng sedangkan pintu dan jendela seperti bangunan rumah model barat. Sedangkan cat pada sekeliling tembok taman pilihlah warna cat gelap supaya memperkuat warna klasik taman. Memang Kata sebagian guide taman kraton Jogjakarta cat yang di gunakan untuk dinding taman terbuat alami dari batu bata yang di campur kapur sehingga warna klasik akan lebih kena.

Inspirasi Taman Selain Taman Sari Yogyakarta

Selain taman sari Yogyakarta masih banyak lagi model taman yang bisa anda tiru untuk mempercantik rumah kesayangan anda. diantaranya adalah seperti taman jepang, taman mediterania, taman minimalis, taman kering, taman eropa, taman klasik, taman bali, taman vertikal, taman roof garden. Sembilan model taman ini bisa menjadi isprirasi untuk membangun taman lebih indah dengan berbagai macam variasi yang di harapkan. Kalau anda ingin membuat taman ala jepang tidak perlu menggunakan bunga sakura yang sulit untuk di cari, silahkan anda mengganti dengan pohon bambu kecil yang di tanam pada sebagian area taman, anda bisa menempatkan pagar yang terbuat dari bamboo yang di pecah menjadi empat bagian kemudian di susun dengan rapi seperti pagar pada umumnya. Ini bertujuan untuk memberi penyangga tanaman yang menjalar seperti anggur dan buah-buahan lain, bisa juga menggunakan anda membuat gazebo dengan gaya jepang murni yaitu dinding terbuat dari kayu dan kaca-kaca putih. Agar lebih menarik silahkan kolam di isi ikan hias yang banyak sehingga taman memiliki arti yang lebih sempurna dengan pemandangan ikan yang hilir mudik lucu. Di tambah jembatan yang melengkung di atas kolam akan membuat keindahan alami agar tercipta taman mirip taman sari Yogyakarta.

Taman Minimalis Dan Taman Klasik Seperti Taman Sari Yogyakarta

Taman minimalis terdapat pada tempat yang kebanyakan memiliki ukuran yang lebih sempit sehingga kebaradaannya sulit di sesuaikan mirip taman sari Yogyakarta, taman minimalis lebih memfokuskan pada fungsi yang lebih maksimal, sehingga desainerlah yang memiliki peran akan tercapai keindahan serta kenyamanan pada sebuah taman yang sedang mereka kerjakan. Tentu biaya akan menjadi pertimbangan para desainer dalam menciptakan keindahan taman, bagaimana mungkin memiliki taman indah namun biaya terbatas ? pilihan yang kedua adalah taman klasik yang bisa membandingi taman sari Yogyakarta, taman klasik banyak di tanami tanaman palm dengan area yang cukup luas sehingga area bermain pada taman ini lebih bebas, taman klasik banyak di jumpai pada rumah-rumah yang bergaya klasik juga dan beberapa taman kota di Indonesia. Tentu sebelum anda menentukan model taman sebaiknya petimbangkan beberapa masukan dari desainer taman antara lain :

  1. Perhatikan gaya rumah anda, bila rumah anda bergaya klasik maka akan cocok membuat taman dengan model klasik seperti taman sari Yogyakarta. Jadi model rumah ikut berpertan menentukan desain taman tersebut.
  2. Pemilihan tanaman dan cuaca di lokasi tempat akan menentukan keindahan taman, jadi perhatikan cuaca di daerah anda, apakah tanaman yang anda pilih akan sesuai dengan cuaca di daerah anda.
  3. Pengolahan tanah serta pupuk memiliki andil besar dalam perkembangan taman anda. perhatikan tanah tersebut apakah sesuai dengan tanaman serta pupuk yang di pilih tentu harus sesuai dengan kebutuhan sehingga tidak menghambat pertumbuhan.
  4. Kolam dan pancuran air tenyata selain memberikan keindahan juga akan memberikan pasokan oksigen yang cukup bagus untuk taman, oleh karena itu di perlukan watervall.

Saya kira dengan beberapa model taman tersebut anda bisa memilih apakah ingin membangun layaknya taman sari Yogyakarta atau hanya sekedar taman minimalis maupun klasik, jawabannya tergantung dengan lokasi yang anda miliki serta budget yang terlah di siapkan untuk membangun taman yang indah.