Mendesain Kamar dengan Desain Kamar Tidur Minimalis

Sponsored Links

Mendesain Kamar dengan Desain Kamar Tidur Minimalis

Banyak orang bingung dalam memilih desain yang tepat untuk kamar tidur mereka. Dari sekian banyaknya konsep dan desain kamar mandi yang ada, desain kamar tidur minimalis menjadi favorit baru dikalangan masyarakat Indonesia akhir-akhir ini. Dalam menentukan desain kamar tidur, kadangkala cukup menyita pikiran karena biasanya setiap orang ingin menambahkan gaya tersendiri dalam kamarnya. Desain kamar tidur yang tepat akan membuat orang didalamnya merasa rileks, sehingga saat tidur ataupun beraktifitas di kamar tidur tersebut, mereka merasa nyaman. Saat ini kamar tidur tidak hanya berfungsi sebagai tempat untuk tidur saja. Banyak orang melakukan aktifitas seperti membaca buku, belajar, bermain gitar, browsing internet, dan merias diri di kamar tidur. Oleh karenanya, menjadi cukup masuk akal apabila banyak orang rela menghabiskan sekian banyak dana dan tenaga demi menciptakan kamar tidur yang nyaman.

Desain Kamar Tidur Minimalis Sederhana

Pada dasarnya, desain kamar tidur minimalis atau tidak, sebuah kamar tidur memiliki beberapa perabotan yang hampir sama antara satu kamar dengan lainnya. Beberapa perabotan yang selalu ada tentu saja adalah set tempat tidur, lampu (lampu baca/ lampu dinding/ lampu plafon), meja serbaguna, dan lemari pakaian. Beberapa mebel atau perabotan tambahan yang sering terlihat di kamar tidur adalah, meja dan lampu baca, TV, meja rias dan cermin, meja belajar/meja kerja, dan rak buku. Perabotan tambahan ini tidak selalu ada di setiap kamar tidur. Dan untuk menampilkan kesan minimalis, sebaiknya anda memilah-milah kembali perabot yang akan di letakkan di kamar tidur. Batasi perabot hingga hanya 2-3 saja, sehingga ruangan akan terkesan simple dan lega.

Saat menerapkan konsep dan desain kamar tidur minimalis, ada baiknya anda membiarkan area dinding tidak terlalu ramai oleh dekorasi. Satu lukisan atau satu foto diri atau foto keluarga sudah cukup untuk menjadi pemanis area dinding kamar. Selanjutnya biarkan dinding kamar tidur anda yang lain tetap kosong untuk menciptakan kesan lega. Selain itu, terlalu banyak gambar atau hiasan dinding juga akan mempengaruhi tingkat rileksasi anda saat berada didalam ruangan. Untuk pemilihan lampu, pilihlah lampu dengan pencahayaan lembut untuk memberikan rasa nyaman dan juga meningkatkan kualitas tidur anda. Sebuah riset menyimpulkan bahwa cahaya yang terang dapat mengganggu proses rileksasi otak saat tidur, sehingga istirahat anda menjadi kurang maksimal.

Desain kamar tidur minimalis sangat mudah diterapkan. Anda hanya perlu menghias kamar tidur seperlunya, namun tetap memperhatikan fungsional dari setiap perabot yang anda masukkan kedalam ruangan. Anda bisa menghemat uang untuk tidak membeli hiasan dekoratif. Kelebihan uang yang anda punya bisa digunakan untuk berinvestasi dengan membeli tempat tidur atau lemari pakaian dari kayu yang lebih berkualitas.

Hemat biaya dalam pemilihan desain kamar tidur minimalis

Warna-warna netral seperti krem dan putih bisa digunakan untuk mewarnai dinding untuk memberikan aksen pada desain kamar tidur minimalis anda. Untuk perabotan dan tempat tidur, tidak ada peraturan yang baku mengenai hal ini. Perabot atau tempat tidur dari material apa pun diperbolehkan dalam desain minimalis. Pilihkan perabot yang anda suka, namun hindari perabot atau set tempat tidur motif-motif yang ramai seperti ukiran dan ornament lainnya.

Jika ruang kamar tidur tidak mencukupi lebih baik gunakan satu meja serbaguna yang memiliki banyak laci sebagai meja rias, meja tulis/belajar, meja TV di kamar anda. Untuk peletakan perangkat televise, ada baiknya anda menggunakan bracket dinding karena selain tampak fashionable, juga menghemat tempat. Menggunakan perabotan fungsional bisa membuat anda hemat biaya dalam penambahan perabotan dalam ruangan, karena anda akan mendapat beberapa fungsi dan manfaat dari satu unit perabot. Contoh perabot multifungsi adalah meja belajar yang dilengkapi lemari pakaian, meja computer dengan berbagai media penyimpanan barang, tempat tidur dengan laci dibawahnya, dan lain-lain.

Kalau anda ingin menambahkan karpet, gunakan warna-warna yang sesuai dengan warna-warna lain yang digunakan untuk furnitur anda. Hindari penggunaan korden yang bermotif ramai atau berenda-renda. Korden putih atau warna netral lain yang sederhana sudah cukup untuk menutupi jendela anda. Jika anda suka bermain gitar dan membaca buku dalam kamar, pastikan ada ruang penyimpanan yang sesuai. Sehingga ketika tidak digunakan, keberadaan benda-benda kesayangan anda tersebut tidak membuat desain kamar tidur minimalis anda berantakan.