Mengatur interior ruangan tanpa ac namun nyaman

Sponsored Links

Mengatur interior ruangan tanpa ac namun nyaman

Bila anda merasa nyaman di dalam sebuah rumah itu berarti anda berada pada tempat tinggal yang ideal. AC bukanlah satu-satunya perangkat yang wajid di miliki pada rumah ideal tersebut, tapi bagaimana si arsitek dapat mengatasi kondisi rumah tidak terasa panas tanpa menggunakan alat modern seperti AC. Lantas bagaimana mewujudkan rumah sejuk dan nyaman tanpa menggunakan AC yang identik dengan biaya cukup besar dan boros. Bagi mereka yang ingin merasakan suasana nyaman dan sejuk tanpa menggunakan ac yaitu mengatur sistem keluar masuknya udara secara terencana sehingga udara dapat masuk pada setiap ruangan di dalam rumah dan udara dari dalam rumah akan keluar dengan mudah. Membuat sistem ini tentu tidaklah mudah Menurut ilmu arsitek yang di pelajari oleh teman-teman yaitu harus mempelajari iklim di indonesia, mulai dari indonesia barat, timur dan tengah dari setiap daerah yang ada di indonesiapun memiliki perbedaan seperti surabaya dan malang dan yang lain. Kata kuncinya bagaimana udara dari luar mudah masuk kedalam rumah dan udara dalam rumah bisa keluar pada setiap waktu namun panas matahari bisa di antisipasi tidak masuk kedalam rumah. Konsep yang wajib di penuhi pada rumah ini adalah : Layout, spacing, opening, dan room organizing. Empat konsep ini akan dapat menggantikan ac rumah.

  1. Layout
Layout-rumah-tanpa-ac
Layout rumah tanpa ac

Memilih layout rumah tentu tidak mudah, apalagi sekarang ini banyak sekali model rumah minimalis dengan berbagai ukuran dan cukup menarik, tapi anda harus menentukan salah satunya yang sesuai dengan kebutuhan dan kriteria agar tujuan rumah terasa nyaman tanpa ac dapat anda dapatkan. Misalkan anda ingin membangun rumah kecil dengan ukuran 6 X 10 biasanya hanya menyediakan tiga kamar tidur, menurut saya itu terlalu sumpek, sebaiknya di bangun dengan dua kamar tidur sedangkan ruang keluarga lebih lebar dengan menambahkan taman dalam rumah sehingga suasana sejuk dan nyaman akan tercipta.

  1. Spacing
Spacing-rumah-minimalis
Spacing rumah minimalis

Spacing adalah jarak antara rumah anda dengan tetangga, ini yang kadang sulit di wujudkan oleh pemilik rumah di indonesia, banyak yang memiliki penghasilan cukup kurang memperhatikan tentang jarang antara rumah mereka sehingga terkesan kurang nyaman, apalagi perumahan di kota besar itu sangat sulit di wujudkan membuat jarak walaupun hanya 50 cm saja. Sebenarnya dengan adanya jarak maka rumah anda akan mendapatkan udara segar setiap hari apalagi ketika pagi hari anda membersihkan rumah sambil membuka jendela dan pintu.

  1. Opening
Opening-jendela-rumah-minimalis
Opening jendela rumah minimalis

Opening bisa berupa menambah jumlah jendela, atau lobang angin-angin pada dinding rumah, karena kita tidak tahu akan arah angin setiap harinya sebaiknya buatlah pintu angin pada samping kanan, kiri depan dan belakang rumah namun anda harus memperhatikan sisi keamanan, jangan membuat lobang angin tapi malah mempermudah kejahatan masuk kedalam rumah, paling tidak lobang angin harus anda tutup dengan pagar besi atau sewaktu-waktu dapat di tutup yang rapat.

  1. Room Organizing
Room-organization-tips-for-teenagers
Room organization tips for teenagers

Pengorganisasian ruangan akan menjadi penyempurna kondisi rumah anda, misalkan pengaturan pada dapur, kamar tidur, kamar mandi dan ruang tamu, tempatkan ruangan yang sering kotor dan basah pada bagian belakang seperti dapur dan kamar mandi, sedangkan ruang tamu kalau rumah dengan ukuran 6 X 10 sebaiknya di beri ukuran yang standar saja tidak terlalu besar, sedangkan ruang makan dan gunakan meja yang selalu bersih dengan cat dinding yang segar, untuk ruang keluarga yang terhubung dengan taman dalam rumah usahakan yang menghadap pada saat matahari terbit dengan kaca jendela lebih besar. Selain itu gunakan perlengkapan rumah yang memiliki ukuran yang tidak terlalu besar bahkan kamar mandipun bisa di ganti menggunakan shower sehingga space ruangan bisa lebih luas.