Model dan Syarat Desain Sekolah Internasional

Sponsored Links

Model dan Syarat Desain Sekolah Internasional

Para siswa tentunya berhak untuk mendapatkan pendidikan yang terbaik dan berkualitas maka dari itulah mengapa kemudian banyak didirikan sekolah-sekolah bertaraf international. Yang ditawarkan dalam sekolah bertaraf internasional bukanlah hanya sistem pendidikan dan metode pengajaran yang mengadopsi pendidikan internasional namum juga gedung dan fasilitas yang juga berkelas internasional. Untuk membangun sekolah dengan standard internasional tentunya tidak mudah, maka dari itu kita perlu membuat Desain sekolah internasional terlebih dahuluu sebagai kerangka acuan kita untuk membangun sekolah.

Ada banyak hal yang harus diperhatikan secara cermat dan teliti ketika kita memutuskan untuk membuat Desain sekolah internasional. Kapasitas gedung bisa menjadi prioritas yang sangat penting karena berkaitan dengan kenyamanan belajar. Sekolah-sekolah nasional pada umumnya memiliki kelas yang sedikit dengan jumlah siswa yang banyak dalam satu kelas. Dengan demikian pengarahan dari guru tidak maksimal terserap oleh para siswa mengingat terlalu banyak siswa dalam satu kelas sehingga konstentrasi guru ketika mengajar menjadi terpecah. Dalam hal tersebut kita juga perlu memperhitungkan perbandingan antara kapasitas ruang kelas, guru pengajar dan jumlah siswa.

Bangunan Dengan Desain Sekolah Internasional Memeberikan Metode Kelas Professional

Sebuah sekolah yang menerapkan metode pembelajaran dan fasilitas bertaraf internasional selayaknya juga memakai model dan konsep bangunan eksterior yang menunjukkan profil mereka, seperti menerapkan Desain sekolah internasional dengan menggunakan aksen dan konsep bangunan dari mancanegara, dan lain sebagainya. Menggunakan konsep minimalis yang saat ini sedang trend di kalangan dunia internasional juga bisa menjadi pilihan yang tepat, mengingat konsep ini juga terbilang sederhana, memerlukan biaya yang tidak terlalu besar, namun mampu menampilkan kesan modern dan elegan. Karena sifatnya yang sederhana maka dari itu biasanya dapat juga diaplikasikan untuk sekolah-sekolah nasional.

Yang terlihat sangat mencolok dari sekolah nasional adalah bangunannya yang kuno. Bahkan banyak sekolah yang masih menggunakan model bangunan jaman belanda dimana negara kita saja belum berdiri. Bangunan usang tersebut memang bagus untuk museum tapi tidak untuk tempat belajar-mengajar yang nyaman bagi siswa. Maka dari itu disarankan untuk merenovasi bangunan lama dan mengadaptasi Desain sekolah internasional yang tentunya mampu menampilkan profil yang lebih modern.

Interior Wajib Pada Desain Sekolah Internasional

Untuk interior juga seharusnya mereka mulai mengadopsi standard internasional, dimana terdapat fasilitas-fasilitas penting yang mendukung kegiatan belajar mengajar, seperti laboratorium yang memadai, ruang olahraga, ruang ganti, ruang kesehatan, dan lain sebagainya, Fasilitas seperti locker juga seharusnya disediakan untuk mempermudah para siswa menyimpan barang-barang pribadi, tanpa harus membawanya kemana-mana didalam tasnya. Tentu saja dengan penambahan-penambahan fasilitas tersebut maka sekolah nasional dituntut untuk mampu berimprovisasi terhadap tambahan ruangan baru. Namun juga anda berkiblat pada penerapan Desain sekolah internasional, maka semua fasilitas tersebut sudah termasuk didalam site plan, yang tentunya juga akan memudahkan anda dalam menentukan letak dan lain sebagainya.

Bagian-bagian yang tidak berhubungan langsung dengan kegiatan belajar mengajar semisal tempat parkir, taman hijau dan kantin yang bersih dan higienis, juga perlu dicantumkan dalam Desain sekolah internasional. Sekalipun tidak berhubungan dengan kegiatan belajar mengajar namun kehadiran fasilitas-fasilitas tersebut sangatlah diperlukan agar para siswa merasa nyaman. Fasilitas tersebut juga membantu memfasilitasi para siswa untuk terus berinteraksi satu sama lain sebagai bagian dari pengembangan karakter para siswa. Oleh karenanya, tidak mengherankan apabila banyak sekolah rela mengalokasikan dana yang tidak sedikit untuk mengembangkan areal fasilitas tersebut demi kemajuan para anak didik mereka nantinya.

Selain itu fasilitas keamanan juga selayaknya diperhitungkan dalam Desain sekolah internasional. Pos satpam dan tenaga keamanan juga perlu disediakan untuk memastikan para siswa aman. Selain itu perlu juga kamera pengawas baik di koridor, di tempat parkir maupun di lokasi-lokasi strategis lainnya. Fasilitas keamanan lainnya juga perlu disediakan seperti installasi fire extinguisher, sprinkle, hydrant, smoke alarm dan berbagai peralatan antisipasi kebakaran wajib juga tersedia. Ini juga meliputi disediakannya jalur evakuasi bagi para siswa jikalau terjadi hal-hal yang bersifat darurat.

Memang fasilitas-fasilitas yang ada di sekolah bertaraf internasional berbeda dengan sekolah nasional dan tentunya kita butuh investasi yang besar untuk membuat Desain sekolah internasional dan mewujudkannya, akan tetapi biaya tersebut sepadan dengan kualitas pendidikan yang bisa kita berikan kepada para siswa.