Model Rumah Minimalis yang Simpel dan Efisien

Sponsored Links

Model Rumah Minimalis yang Simpel dan Efisien

Keluarga modern Indonesia seringkali memilih model rumah minimalis sebagai pilihan untuk rumah barunya. Model rumah minimalis merupakan favorit dalam beberapa tahun terakhir ini. Hal tidak saja terjadi di Indonesia, namun di seluruh dunia. Pengembang properti dunia juga berlomba-lomba untuk mempromosikan rumah dengan gaya minimalis mereka yang simpel dan efisien. Ada berbagai macam model exterior dan interior rumah model minimalis yang terdapat saat ini. Namun dari keseluruhan model rumah minimalis tersebut, semuanya mengusung satu kesamaan yaitu: simple. Simple memang merupakan kata kunci dalam sebuah rumah minimalis. Arti simple disni bukan merupakan murni kesederhanan karena beberapa rumah dengan gaya minimalis bisa bernilai milyaran rupiah. Gaya rumah minimalis menekankan pada arti kata efisien dan praktis.

Mengapa rumah minimalis dengan desain full geometrik menjadi favorit bagi banyak orang? Jawabannya cukup sederhana. Rumah minimalis memenuhi kebutuhan hidup masyarakat modern yang semakin sibuk beraktifitas di luar rumah. Masyarakat modern membutuhkan sebuah hunian yang praktis dan tidak merepotkan. Untuk mewujudkan sebuah hunian minimalis yang efisien dan praktis, anda harus menyingkirkan banyak hal yang biasanya terdapat dalam rumah model tradisional, vintage, ataupun “shabby chic”.

Menata aksesoris model rumah minimalis

Untuk mewujudkan rumah dengan gaya interior dan exterior minimalis, anda harus menyingkirkan benda-benda yang tidak fungsional. Tidak ada lagi kursi dengan ukiran-ukiran yang mewah ataupun taplak meja dengan renda-renda bertumpuk. Koleksi keramik cina berbagai ukuran dan bantal-bantal aneka warna pun tidak akan anda temui dalam pada model rumah minimalis. Jika anda masih menemui beberapa hal yang bersifat dekoratif tersebut diatas dalam rumah minimalis, maka tentunya sang pemilik rumah tidak menganut konsep rumah minimalis secara utuh.

Masyarakat modern suka dengan konsep minimalis untuk desain rumahnya karena mereka tidak ingin menghabiskan waktu untuk membersihkan rumah yang penuh dengan pernak-pernik dekorasi. Kadang kala, ruang tamu rumah minimalis pun cukup terbatas areanya. Hal ini dikarenakan, sang pemilik rumah tidak sering menemui tamu di dalam rumah. Beberapa rumah dengan konsep minimalis yang ada di pasaran properti saat ini bahkan memiliki sebuah ruang yang multifungsi. Penyuka desain minimalis adalah orang-orang yang menjunjung tinggi nilai kepraktisan. Maka dengan adanya sebuah ruang yang bisa digunakan untuk lebih dari satu aktifitas tentunya sangat menguntungkan. Contoh sebuah ruang multifungsi dalam sebuah rumah gaya minimalis adalah sebuah ruangang yang berisi sebuah ruang tamu yang dijadikan satu dengan ruang keluarga dan memiliki satu set perangkat televisi.

Ruang dengan aneka beberapa kelengkapan seperti ini bisa menjadi ruang tamu, ruang keluarga, dan ruang entertainment sekaligus. Ada beberapa karakter gaya rumah minimalis yang harus diketahui pemilik rumah jika anda ingin tinggal di sebuah rumah yang memiliki efisiensi tinggi. Yang pertama, hindari menggunakan banyak dinding sebagai penyekat ruangan. Rumah dengan gaya minimalis seringkali menggunakan konsep ruangan multifungsi. Anda bisa menyatukan ruang keluarga, ruang tamu, dan ruang televisi. Selain itu anda juga bisa menyatukan ruang keluarga, dapur dan ruang makan. Jika anda bisa membuat runah dengan desain minimalis, anda bisa tinggal dengan nyaman dalam rumah yang berdiri di lahan yang terbatas. Jika rumah modern minimalis anda berada di tanah yang terbatas, jangan lupa untuk menggunakan warna-warna cerah dalam interior ruangan. Warna-warna cerah seperti putih dan krem terang akan membantu memantulkan cahaya sehingga rumah akan terasa lebih nyaman. Hindari untuk memasukkan bedan-benda yang tidak fungsional dalam rumah yang berukuran mini. Cukupkan diri anda dengan furnitur dan perlengkapan rumah yang fungsional dan berguna. Pastikan dinding anda tetap bersih tanpa hiasan-hiasan yang akan membuat dekorasi anda terlihat lebih “penuh”.

Menambah hiasan dinding pada model rumah minimalis

Jika anda ingin menghias dinding, cukup gantung beberapa buah foto dengan ukuran kecil, atau sebuah foto pernikahan ukuran sedang. Jika anda suka dengan furniture meja, pastikan tidak ada apapun di atas meja-meja anda ketika tidak sedang digunakan. Sebab,model rumah minimalis biasanya memiliki bidang permukaan yang jelas atau tanah kosong. Apakah anda siap untuk mendekorrumah idaman anda dengan model rumah minimalis?