Pahami Resiko Membuat Desain Rumah Kayu Ukir

Sponsored Links

Pahami Resiko Membuat Desain Rumah Kayu Ukir

Desain rumah kayu ukir sekarang ini memang mempunyai daya tarik tersendiri bagi pencintanya, apalagi dengan perkembangan tekhnologi kayu bisa di ukir dengan mudah menggunakan berbagaim macam mesik kayu yang di produksi oleh berbagai pabrik di tanah air maupun dari impor dengan harga yang bersaing. Bahkan desain rumah dengan kayu ukir sudah cukup populer pada dunia arsitektur property global. Aspek yang mendominasi gaya ini adalah keindahan terhadap seni arsitekturnya yang kental akan aksen-aksen narutal dan alami, yang diterapkan pada bagian tertentu pada rumah. Dan pada desain ukir yang baik, biasanya terdapat makna yang terkandung dalam setiap goresan ukiran, bisa berupa cerita, symbol, tulisan, dan lain seebagainya. Jadi, ukiran yang baik bukan hanya sekedar membuat goresan meliuk-liuk pada sebidang papan kayu, namun lebih kepada symbol atau makna gambar yang disajikan.

Bagi anda yang berniat membangun sebuah rumah kayu dengan menggunakan konsep klasik, bersiaplah mengeluarkan uang lebih dalam dari kantong anda. Ya, biaya untuk membangun rumah dengan desain rumah kayu ukir memang tidak murah. Dibandingkan dengan rumah dinding biasa, sebuah rumah kayu dengan berbagai ukiran didalamnya akan memakan biaya bahkan hampir 2 kali lipat dari biasanya. Belum lagi biaya yang harus anda keluarkan untuk perawatan rumah itu sendiri secara berkala.

Resiko Desain Rumah Kayu

Selain itu, anda juga harus memahami resiko-resiko yang akan anda hadapi ketika memiliki sebuah rumah dengan bahan kayu. Kita tahu bahwa kayu merupakan sebuah bahan yang dapat dengan mudah dimakan api. Rumah biasa dengan hanya menggunakan kayu pada bagian atapnya saja bisa dengan cepat ludes terbakar. Apalagi untuk rumah yang dengan desain rumah kayu yang pakai oleh sebagian besar penduduk Indonesia dari kelas menengah ke bawah. Bagaimana jadinya nanti? Pastinya api  akan lebih cepat menghancurkan tempat hunian anda nantinya. Untuk itulah perlu sebuah pengontrolan dan pengecekan berkala dalam seluruh sistem listrik dalam rumah sangat penting. Kemudian barang-barang yang mudah terbakar juga jangan terlewatkan. Sehingga nantinya resiko terjadinya kebakaran dapat ditekan.

Selain gampang terbakar, kayu juga tidak luput dengan serangan hama atau serangga penggangu yang dapat merusak semua bagian rumah, seperti rayap dan kumbang, yang merupakan penyebab umum kerusakan kayu yang paling umum di negara kita ini. Anda harus rajin-rajin melakukan pengecekan dan memberikan berbagai metode anti serangga pada setiap bagian rumah yang berpotensi sebagai tempat masuknya hama. Bahkan pada beberapa kasus, pencegahan hama rayap dimulai bahkan sebelum proses konstruksi dimulai. Oleh karenanya, pastikan anda telah memperhitungkan segalanya untuk memastikan rumah kayu anda akan bertahan lama.

Resiko selanjutnya datang dari cuaca dan letak geografis daerah tempat rumah anda akan dibangun. Kesehatan kayu dapat terganggu jika anda tidak dapat membuat desain rumah kayu yang sesuai dengan cuaca yang yang ada pada daerah tersebut. Anda harus paham kondisi cuaca dan geografis daerah tempat tinggal anda nantinya, sehingga anda dapat membuat perencanaan arsitektural secara tepat, seperti apakah daerah anda termasuk pesisir atau bukan, curah hujan pertahunnya, serta letak geografisnya bagaimana. Tanpa perencanaan yang tepat maka resikonya adalah bagian-bagian penting dalam rumah akan rusak ketika terkena hujan dan panas secara terus menerus. Dan seperti yang telah diterapkan pada hampir semua rumah kayu saat ini, anda bisa mencoba memberikan jarak yang cukup antara atap dan dinding rumah, dengan harapan hujan dan panas matahari dapat dihalau sepenuhnya oleh atap tanpa mengenai dinding rumah.

Kualitas Desain Rumah Kayu

Dan yang terakhir adalah masalah kualitas dari kayu itu sendiri. Banyak kasus orang-orang membuat desain rumah kayu sering salah dalam pemilihan kayu, akibatnya kayu tidak akan mampu menahan beban yang ditopangnya, dan akhirnya kayu pun patah. Ada baiknya anda memilih kualitas kayu yang paling bagus, sehingga nantinya akan menghasilkan sebuah desain rumah kayu yang sempurna kuatnya. Balok-balok kayu yang mempunyai kualitas baik tentu harganya sangat tinggi. Dan itu sekaligus menjadi alasan mengapa begitu mahal untuk membangun sebuah rumah kayu yang nyaman dan awet. Kita mungkin tidak akan dapat menghilangkan sepenuhnya resiko-resiko yang dapat terjadi pada rumah kayu tersebut diatas, tetapi melakukan berbagai hal demi meminimalisir sekecil mungkin resiko tersebut tidak ada salahnya, bukan? Itulah beberapa hal yang harus anda ketahui dan pahami jika anda benar-benar ingin membangun tempat tinggal dengan konsep dan desain rumah kayu.