Panduan singkat menata rumah minimalis sederhana

Sponsored Links

Panduan singkat menata rumah minimalis sederhana

Banyak orang yang mengatakan kalau rumah saya masuk dalam kategori rumah minimalis sederhana, namun saya tidak bisa memahami secara detail rumah minimalis itu seperti apa. Saya hanya akan bercerita bagaimana keadaan kondisi rumah tercinta saya, ketika banyak orang ingin membangun rumah minimalis sederhana dengan berbagai model gaya rumah, mencari berbagai macam referensi desain yang cocok bagi mereka, saya memilih membangun rumah saya sesuai dengan naluri saya tanpa repot-repot mencari desainer rumah serta terlalu banyak berdebat model gaya rumah seperti apa yang di inginkan oleh keluarga saya. Yang jelas saya ingin membangun rumah yang mudah penataannya,walaupun tidak terlalu besar namun warna serta penataan interior sangat mudah tanpa banyak pintu dan ruangan yang tak berfungsi.

Desain-rumah-minimalis-type-sederhana
Desain rumah minimalis type sederhana

Pada suatu kesempatan temanku main kerumah, melihat semua keadaan didalam rumah dia mengatakan “baru kali ini saya menemukan dapur, ruang tamu, kamar tidur dan ruang keluarga yang tertata rapi, bersih dan furniture sangat sesuai dengan ukuran ruangan serta warna dinding rumah” jawabanku “aku membangun rumah ini ingin keluargaku benar-benar merasa nyaman, ruangan tetap bersih sehingga saya tidak menempatkan dan membangun ruangan yang tidak perlu”.

Ada beberapa furniture dan perlengkapan dapur yang dapat mengganggu kenyamanan rumah minimalis anda, seperti meja makan dengan ukuran besar dan panjang, kursi yang terlalu banyak, ada kursi tinggi dan kursi pendek untuk anak-anak kemudian memilih untuk menempatkan kitchen set yang berukuran besar, ini adalah beberapa perlengkapan dan peralatan yang tidak perlu di tumpuk-tumpuk di dapur yang membuat ruangan anda terasa sempit dan kurang leluasa.

Tentu dengan kondisi seperti itu akan dapat menganggu kehidupan anda, bahkan rasa nyaman di dalam rumah akan hilang sehingga memilih untuk bermain di luar rumah.

Apa keuntungan membangun rumah minimalis sederhana?

Ada banyak keuntungan membangun rumah minimalis sederhana, namun saya hanya mencatat sedikit saja, namun inilah yang pokok dan utama yang akan memotivasi anda membangun rumah :

Memiliki rumah minimalis akan mengurangi stress anda, anda bisa membayangkan memiliki cluster atau ada yang menyebut sebagai town house akan membuat anda tambah stress, ketika anda memiliki pandangan yang terbatas, tidak ada panorama alam hijau hanya bangunan rumah dengan desain sama bahkan warna juga sama maka anda akan merasa bosan berada di sana, nah bangunan rumah minimalis akan mengurangi stress anda dan membuat anda tenang serta nyaman.

Rumah minimalis cenderung menempelkan beberapa foto pada dinding rumah, jika banyak foto maka akan mengurangi keindahan ruangan, jika anda hanya memilih foto yang terbaik di tempatkan pada ruang tamu, ruang keluarga atau kamar tidur maka dekorasi rumah anda akan terkesan cantik dan menarik.

Rumah-Minimalis-type-Sederhana-1-Lantai
Rumah Minimalis type Sederhana 1 Lantai

Rumah minimalis lebih mudah di urus dan di bersihkan, anda bisa membayangkan memiliki ruangan luas, rumah semakin besar tentu energy anda habis hanya karena masalah kebersihan rumah, jadi membangun rumah minimalis akan mengurangi waktu sia-sia anda menjadi produktif. Sebab anda cukup membutuhkan waktu paling lama 15 menit untuk membersihkannya, selebihnya anda bisa persiapan kerja, atau melakukan aktifitas yang lain dan rumah sudah rapi dan bersih.

Karakteristik ketika membangun rumah minimalis sederhana

Rumah minimalis sederhana memiliki karakter sebagaimana bangunan-bangunan rumah yang lainnya, karakter yang paling kuat pada rumah minimalis adalah penggunaan furniture yang tidak berlebihan, ketika anda membangun rumah minimalis sederhana tentu tidak perlu menggunakan furniture berlebihan, cukup membeli furniture penting saja seperti meja kursi atau sofa, meja kursi ruang makan, tempat tidur tempat buku dan lemari. Sedangkan ukuran yang di pilih juga tidak terlalu besar, sesuai dengan besar dan kecilnya ruangan yang di bangun.

Dekorasi rumah minimalis tidak terlalu berlebihan dan menonjol, tidak terlalu banyak pernak-pernik yang menganggu pandangan serta tidak terlalu banyak menumpuk buku dan kertas di ruang tamu. Pemilihan dekorasi sederhana akan membuat karakter rumah minimalis lebih kuat, anda bisa membayangkan ruangan atau desain rumah yang terlalu berlebihan saya yakin tidak perlu lama anda akan merasa bosan dan jenuh dengan kondisi tersebut.

Lebih memilih kualitas dari pada kuantitas, sudah saya singgung di atas tentang pemilihan foto, sebenarnya tidak hanya foto saja, walaupun rumah ini di bangun sederhana namun kualitas yang di pilih tidak kalah dengan rumah-rumah mewah lainnya, pemilihan material bangunan kemudian aksesoris dan furniture di dalam rumah lebih di utamakan yang ber-merek dengan kualitas bagus, sehingga tidak bisa di pungkiri harga rumah minimalis sederhana akan dapat bersaing dengan rumah mewah sebab material dan furniture serta desain interior sangat istimewa.