Paving Block Jakarta-Bandung Menjadi Pilihan Yang Tepat

Sponsored Links

Paving Block Jakarta-Bandung Menjadi Pilihan Yang Tepat

Paving block tampil dengan berbagai macam model serta warna sehingga membuat nyaman bila dipandang, selain itu pandangan terhadap pekarangan atau taman tidak terkesan kaku. Agar taman seakan alami, namun bisa memberikan ruang agar air bisa meresap kedalam serta rumput bisa tumbuh melalui sela-sela paving block dan bisa menyerap sinar ultaviolet matahari sehingga mengurangi hawa panas yang di pantulkannya pada sekitar rumah.maka yang paling cocok adalah menggunakan paving model grass block. Penggunaan paving lebih irit dibandingkan dengan batu alam apalagi kalau di bandingkan dengan aspal akan lebih mahal lagi. Paving terpercaya dan telah banyak di gunakan untuk halaman perkantoran, rumah bahkan untuk lantai pom bensin yang biasa di dilewati oleh kendaraan berat apalagi pom bensin yang berada di jalur-jalur antar provinsi akan sering sekali kendaraan berat mampir sekedar mengisi bahan bakar mereka. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa halaman rumahpun selain bisa di paving bisa juga di aspal [ lapisan keras namun lembut ] dan bisa lapisi dengan beton [ lapisan keras ].

Harga-Paving-Block

Cara Pemasangan Paving Block Sangat Mudah

Pertama kali tanah-tanah yang jelek sebaiknya di singkirkan terutama kerikil-kerikil besar yang akan mengganggu proses pemasangan paving block, kalau memang perlu sebelum tanah di pasang paving, harus di beri tanah tambahan [ tanah urug ] atau juga bisa menggunakan pasir, kemudian lakukan pemadatan tanah dengan memberikan siraman air yang cukup banyak kemudian di tumbuk menggunakan mesin berat untuk memastikan bahwa tanah tersebut benar-benar kuat dan siap di pasang.

Pemasangan bisa di mulai dari arah mana saja bahkan bisa dari tengah-tengah lokasi pemasangan tergantung dengan desain yang akan di pesen. Apalagi kalau desain yang di minta adalah melingkar maka pertama kali yang di pasang adalah titik tengah lokasi seperti untuk halaman latihan naik motor, belajar nyupir bahkan tempat parkir helikoper yang biasanya membutuhkan garis melingkar. Kalau paving block tersebut memiliki warna yang berbeda maka bisa di gunakan sebagai garis melingkar atau garis pembatas yang di gunakan.

Untuk tukang yang memasang paving, tidak ada keharusan berada di atas paving atau berada di tanah yang akan di tutup paving. Tapi menurut pengalaman yang saya liat pada tukang bangunan yang memasang paving rata-rata mereka malah berada pada posisi di atas tanah. Kemudian ketika selesai pemasangan paving maka tinggal bagian pinggir-pinggir lokasi yang perlu memasang tepi halaman, permasalahannya paving maupun keramik tidak menyediakan potongan pojok atau pecahan sehingga tukang bangunan harus memecah paving menjadi dua bagian yang menggunakan alat paving block cutter seperti halnya ketika memasang keramik ketika selesai pada bagian pinggir.

Setelah pemasangan selesai tahap selanjutnya adalah menutup dan memperkuat antar paving dengan memberikan abu atau pasir yang paling halus, ketika melakukan ini sambil di siram air agar pasir lembut bisa benar-benar masuk kedalam rongga antar paving, gunakan stamper kodok selama satu sampai dua putaran agar paving benar-benar mengunci satu sama lain. Saat membersihkan lokasi gunakan sapu lidi sambi di siram air untuk mencegah debu yang berterbangan karena pasir-pasir halus.

Jenis-Jenis Paving Block Yang Beredar Di Pasaran

Paving block segi enam tebal 6 centimeter permeter membutuhkan 27 paving, model paving ini memiliki garis-garis tengah sebanyak enam bagian dan tiga garis keluar, beban yang di miliki bisa mencapai satu kilogram perbijinya tergantung kualitas bahan yang di miliki paving tersebut paving ini di sebut exagon antik sedangkan exagon polos 8,6 centi meter lebih tebal dari pada exagon antik Ada juga paving segi empat berbentuk persegi panjang, jenis paving ini sangat banyak kita jumpai dan sangat familiar memiliki ketebalan hingga 8,6 cm dalam tiap meter membutuhkan 44 paving. Paving tri hex type yaitu paving yang berbentuk segi tiga terdiri dari tiga segi lima paving dalam bentuk satu paving tebal 8,6 centi meter permeter membutuhkan 39 buah paving.

T Type paving bentuknya mirip seperti huruf I besar tapi di sebut sebagi T Type paving. S Type paving adalah paving yang mirip huruf S namun sebenarnya lebih mirip seperti gambar kelinci berdiri. Bentuk-bentuk lain yang terdapat pada paving antar lain : DEKOPAVE, DIAMON, TRUE PAVE, INTERPAVE, DOGBANE, SIERA, QUATRO, TRIHEX, TRIHECXAGON, TRICIRCLE, HEXAGON, SEGI-8, KUBUS, DUOTRAPEZ, RONDO, DIMENSION.

Untuk paving yang di tempatkan pada bagian pinggir yang sering kita jumpai pada pembatas halaman dengan taman antara lain : K Type Taman 1 bentuknya mirip segi panjang namun pada bagian atas agak melengkung serta bentuknya lebih besar di banding paving biasanya. K Type Taman 2 bentuknya hampir sama akan tetapi hampir mirip seperti segi tiga. K Type B2 hampir sama dengan K Type Taman 1 namun yang membedakan adalah lebih pendek daripada K type Taman 1 selain itu ada juga Kansteen Type S dan Kansteen Type L, model-model panving yang ada bentuknyahampir sama dengan type-typenya.

Bahan Baku Paving Block

Bahan-bahan paving block tidak jauh berbeda dengan paving-paving yang lain, yaitu pasir yang di campur dengan semen, fungsi semen sebagai penguat daripada pasir tersebut, bila telah jadi maka paving harus di jemur sambil sedikit-sedikit di siram agar semen yang ada benar-benar mengikat pasir. Adukan yang rekomendasikan oleh pakar paving adalah umpama semen satu sak maka pasir tiga sak [ 1 : 3 ] bisa juga 1 sak semen di campur dengan 4 sak pasir [ 1 : 4 ], perbandingan 1:4 di nyatakan persentimeternya mampu menahan beban 214 kg, lebih dari itu [ 1:4] kurang bisa di rekomendasikan kekuatannya, akan tetapi selalu melayani permintaan pelanggan.

Agar paving benar-benar memiliki perbedaan yang baik maka di campur dengan abu bata, abu kapur dan abu terbang yang akan memberikan kepuasan hingga 30 persen untuk mutu satu, sedangkan untuk mutu dua 40 persen kepuasan dan 50 persen kepuasan untuk mutu tiga yang bisa menahan 200 kg persenti meter persegi. Pengerjaan ada yang manual, semi mekanis dan mekanis, mutu yang terbaik adalah pengerjaan menggunakan alat mekanis akan memiliki kualitas yang berbeda dengan yang lain. Pada waktu pencetakan di perlukan adanya getaran agar bahan-bahan paving benar-benar menyatu dan di press dengan beban tertentu supaya memiliki ketahanan yang kuat dan tidak ambrol. Setelah pencetakan selesai makan paving tidak bisa langsung di pasang tapi menunggu hingga hampir satu bulan, dalam proses menunggu itu sambil selalu di siram secara teratur dan selanjutnya siap untuk di pasarkan.

Kenapa paving block lebih di rekomendasikan ? sebab paving lebih mudah di pasang dari pada aspal maupun beton, pembuatannya tidak perlu menggunakan alat berat sehingga dengan alat sederhana/manual pun bisa, mudah di bongkar ketika menginginkan sesuatu di dalam tanah mungkin akan memasang saluran kabel dan mudah untuk mengembalikannya lagi. Paving sudah sangat di percaya tahan akan tekanan dinamis, statis dan kejut serta tidak terpengaruh dengan bahan pelumas kimia contoh karena bocornya oli kendaraan dan lain sebagainya. Sisi kelemahan yang di miliki adalah akan bergelombang ketika pemasangan paving block tidak sempurna dan bukan ahlinya sehingga tidak nyaman di pandang serta akan membuat jalan/halaman rusak.