Paving-block-warna

Paving Block Untuk Mempercantik Taman Rumah

Posted on

Paving Block Untuk Mempercantik Taman Rumah

Mendesain taman menggunakan paving block adalah alasan yang tepat agar taman benar-benar terlihat alami. Bahkan paving blok bisa juga di desain mirip seperti kolam renang, semua tergantung dengan warna pada paving kemudian pemasangan yang benar-benar sesuai dengan garis-garis paving yang menunjukan gambar kolam, gambar ikan dan lain-lain, ada beberapa pilihan untuk pemasangan paving ketika anda ingin membangun taman mini, diantaranya adalah memasang paving pada tengah-tengah taman yaitu taman berada di pinggir-pinggir jalan sekitar taman dan pilihan kedua paving di pasang di pinggir taman [ bukan di tengah-tengah taman ] sehingga anda bisa menikmati indahnya taman sambil berjalan menyusuri taman lewat pinggir.

Paving-block-i-love-you

Kenapa saya selalu menyarankan mendesain taman menggunakan paving block, karena paving adalah bahan bangunan yang ramah lingkungan dengan harga yang terjangkau. Dengan pilihan yang beraneka ragam dan model yang berbeda-beda sehingga anda bisa memilih paving yang tepat untuk kebutuhan anda agar lebih kreatif dan penyusunan desain taman. Penyusunan paving bisa berbentuk zig-zag, melingkar atau setengah lingkaran. Warna paving yang menyerupai bata akan menambah menarik taman anda, mereka akan menganggap bahwa itu adalah bata merah bukan paving, kemudian paving di jamin lebih fleksibel dibanding dengan plester semen atau semen curah, semen curah suatu saat akan mengalami keretakan di sana-sini dan anda harus siap-siap melakukan pemugaran atau renovasi.

Bila melakukan pemugaran berarti anda harus mempersiapkan dana dua kali lipat di banding dana sebelumnya, tentu akan lebih malah di banding renovasi ulang, jika anda memilih renovasi, hasil yang di dapat akan sangat kurang memuaskan misalnya anda hanya menambal keretakan semen curah maka yang terjadi akan terlihat garis-garis retakan lantai. Oleh karena itu paving pilihan yang tepat dan sangat fleksibel, suatu contoh : mungkin mobil anda terlalu minggir yang menyebabkan paving pada pinggir halaman pecah, atau mungkin suatu ketika anda mengangkat barang yang sangat berat [ balok besi : umpama ] kemudian jatuh di atas paving block dan dan akhirnya pecah, maka yang perlu di ganti adalah paving-paving yang rusak tersebut, cukup di ambil menggunakan linggis atau alat lain yang bisa mencukil paving dan anda tinggal memasukan paving yang baru pada bagian yang akan anda gantikan.

Paving Block Cocok Untuk Lantai Pinggir Kolam Renang

Paving block bisa anda pasang pada lantai pinggir kolam renang, dimana kebanyakan menggunakan keramik untuk pinggir kolam mereka, keramik yang mereka pasang sangat berbahaya khususnya untuk anak-anak, orang tua maupun dewasa. Bila keramik sering terkena air maka akan banyak lumut hijau dan tentu sangat licin. Dengan menggunakan paving maka akan sangat aman, walaupun sering terkena air, maka air akan langsung menyerap dalam tanah melalui sela-sela paving. Paving juga tahan lama sehingga warna tidak mudah pudar, bila sering terkena air asinpun tidak akan terkena korosi yang menyebabkan paving keropos. Selain itu paving bisa di pasang di dapur yang bernuansa klasik dengan lokasi yang luas membuat tampilan dapur tampak elegan, dan nyaman. Namun faktor kebersihan harus mendapat perhatian khusus, sebab kalau anda telah membuat desain sedemikian rupa bagusnya akan tetapi tidak terlalu memperhatikan kebersihan dapur maupun taman, akan membuat taman seakan sempit dan dapur terlihat seperti pasar tradisional.

Cara Mudah Untuk Memasang Paving Block Agar Benar-Benar Rapi Dan Kuat

Terkadang setelah kita memasang paving block di suatu saat paving terlihat tidak rapi dan morat-marit, bergeser, permasalahannya adalah pada waktu pemasangan pertama kali. Ketika anda memasang paving ada empat hal yang harus anda perhatikan dengan benar, yaitu :

  1. Pemasangan pasir halus pada setiap celah paving
  2. Kondisi tanah
  3. Pondasi paving
  4. Finishing perataan
  •    Pasir yang anda masukan kedalam celah antar paving block harus memiliki kadar air 5 % dan 10 % untuk kadar lumpur. Rongga antar paving sekitar 2 mm hingga 4 mm, sehingga pasir yang di masukan memberi fungsi perekat antar paving, selain itu ketika anda memasukan pasir kedalam paving jang terlalu banyak sebaiknya setengahnya saja, agar nanti air bisa di pastikan meresap kedalamnya.
  •    Kondisi tahan yang berbeda akan membuat lantai halaman bergelombang, oleh karena itu ketika anda akan memasang paving harus benar-benar dipastikan apakah kondisi tahan sudah rata dan kuat. Sebaiknya anda menggunakan alat perata tanah agar mendapat hasil yang sempurna dan maksimal
  •    Pondasi paving sangat berpengaruh pada kekutan paving, oleh karena itu finishing pondasi taman yang berada di pinggir harus mempunyai kekuatan adukan yang baik.
  •    Setelah pondasi selesai dan nyatakan siap uji, maka tahap terahir adalah perataan yang menggunakan mesin perata paving.
  •   Yang perlu anda perhatikan ketika paving masih basah, berarti paving belum siap pakai, kalau di paksakan maka paving akan mudah patah. Seharusnya menunggu beberapa hari agar paving siap di gunakan, ini khusus ketika anda belanja paving block dan masih baru, belum di angina-anginkan atau cukup mendapat panas matahari.

Gravatar Image

Memiliki rumah yang cantik dan nyaman adalah impian semua orang. Namun, tidak semua orang mampu mengetahui secara pasti bagaimana mendesain rumah dan menciptakan tempat tinggal yang nyaman bagi seluruh anggota keluarga. Dan disinilah kami. Demi menjawab kebutuhan anda akan informasi mengenai properti dan desain interior, kami mencoba menyajikan semua yang anda butuhkan disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *