Pemasangan Dan Perawatan The Bathtub Di Rumah Anda

Sponsored Links

Pemasangan Dan Perawatan The Bathtub Di Rumah Anda

Menurut kabanyakan orang mandi dengan menggunakan the bathtub lebih nyaman dibandingkan dengan kamar mandi biasanya. Kamar mandi yang di kenal kebanyakan orang adalah kamar mandi type basah dan kamar mandi type kering. Kamar mandi basah adalah kamar mandi yang menggunakan shower/pancuran, menggunakan gayung, sedangkan kamar mandi kering adalah yang menggunakan the bathtub seperti yang ada di rumah-rumah modern sekarang ini. Bila anda ingin membuat kamar mandi yang perlu anda perhatikan adalah bagaimana cara anda mandi, apakah lebih suka menggunakan gayung, pancuran atau lebih nyaman bermalas-malasan di atas air.

Memiliki kamar mandi basah maupun kering sebaiknya pintunya terbuat dari aluminium atau plastic sehingga lebih awet ketimbang menggunakan kayu yang cepat keropos karena sering terkena air kamar mandi. Lantai kamar mandi buatlah miring dengan di beri selokan di pinggirnya sehingga air cepat keluar tidak menggenang yang menyebabkan buih sabun menempel pada dinding kamar mandi.

Dinding yang di gunakan kamar mandi yang paling baik adalah menggunakan keramik dan porselen, kalau menggunakan cat minyak yang bersifat glossy walaupun kedap air namun tidak bisa bertahan lama. Bahkan bisa menggunakan partisi kaca akan lebih melakukan pemasangan dengan cepat dan biaya tidak terlalu mahal.

Cara Memilih The Bathtub Yang Cocok Untuk Keluarga Anda

Bila anda ingin menggunakan the bathtub sebaiknya yang anda perhatikan adalah ukurannya, sebab ukuran bathtub yang berada di pasaran sangat banyak dengan bermacam-macam type serta ukuran. Nah ukuran yang di sarankan adalah yang panjangnya sesuai dengan panjang tubuh anda, bila tinggi anda 160 cm pilihlah bathtub dengan kepanjangan antara 170 hingga 180 cm. kemudian ukuran lebarnya di sesuaikan dengan kebutuhan, apabila kebutuhannya untuk dua orang maka pilihlah yang berukuran 90 hingga 120 cm. sedangkan kedalaman yang di pilih antara 50 dan 60 cm, kalau toh nantinya di gunakan untuk anak kecil airnya bisa di kurangi ( jangan terlalu banyak ). Keumudian pilihkan bahan the bathtub dari enameled cast iron di yakini mampu bertahan hingga puluhan tahun. Sedangkan perlengkapan kamar mandi bathtub gunakanlah handle yang mudah di jangkau tangan dan tidak ribet sehingga kenyamanan anda mandi lebih nyaman.

Model bathtub yang kebanyakan di cari yaitu Bathtub dari Acrylic, namun anda bisa memilih yang paling menarik untuk anda yaitu desain fiturnya, merknya dan type drop in atau standing seperti air keluar melalui bubblenya dan melalui whirlpool. Kalau harga bathtub drop in yang menggunakan kotak dari bata atau marmer lebih murah di banding versi standing. Harga bathtube di surabaya type acrylic (merk Krisbow l) antara 2 sampai 3 jutaan, untuk the bathtub acrylic (merk Kohler) antara 6 hingga 7 jutaan, yang paling mahal adalah bathtub standing harganya lebih mahal lagi hingga 15 jutaan, kerena ini memiliki fasilitas dan aksesoris yang berbeda dari yang lain.

Cara memasang bathtub Oscar pertama-tama pipa pembuangan carilah tempat pembuangan air yang terdekat dengan instalasi yang mudah. Peletakan bathtub yang sering dan paling mudah berada di dekat tembok, ini untuk memudahkan ketika memasang handle dan akseoris lainnya agar lebih mudah menggunakannya. Kemudian buat adukan pasir dan semen untuk di pasang di bawah bathtub ( ini khusus bathtub yang membutuhkan dinding keliling, karena sebagian dari bathtub juga tidak memerlukan dinding keliling ) kemudian memasang avur yang panduannya bisa anda baca dalam buku petunjuk pemasangan.

Ketika telah terpasang jangan langsung di gunakan, sebaiknya diamkan hingga beberapa hari agar bathtub benar-benar kuat kerena semen telah merekat bersama bathtub.

Perawatan The Banthtub Rumah Anda

Setelah anda puas dengan keberadaan the bathtub anda tentu membutuhkan perawatan agar terlihat bersih dan awet, antara lain :

  1. Biasanya ada jasa perawatan khusus the bathtub yang bisa anda call setiap waktu, dan ada juga yang menyediakan jasa kontrak selama beberapa waktu, tentu harga kontrak di bandingkan harga jasa service panggilan lebih murah.
  2. Bila anda ingin membersihkan sendiri anda bisa menggunakan kain halus dan bersih yang bisa di gosokan bersama dengan bahan pembersih lantai.
  3. Bila terdapat kerak pada keramik bathtub gunakanlah amplas halus no.1000 bila masih membandel anda bisa memakai soda api, akan tetapi anda harus memperhatikan jangan sampai soda api mengenai seat dan covernya.
  4. Agar handle tetap mengkilap gunakan juga kain halus dan kering dengan menggunakan cairan pembersih bahan stainless serta bersihkan sercara berkala.
  5. Agar anda lebih yakin dengan kondisi the bathtub pilihlah merk-merk yang terkenal yang tidak mengecewakan di kemudian hari.