Pengaruh Desain Sekolah Taman Kanak-Kanak

Sponsored Links

Pengaruh Desain Sekolah Taman Kanak-Kanak

Sekolah adalah tempat belajar agar kelak mereka bisa meneruskan dan mengembangkan ilmu yang telah mereka kuasai untuk perkembangan masa depan diri maupun bangsanya. Begitu kompleknya masalah yang akan di hadapi oleh si anak maka perlu membuat tempat belajar anak ini senyaman mungkin sehingga mereka akan lebih mudah menyerap ilmu pelajaran. Apalagi desain sekolah taman kanak-kanak harus mempunyai perhatian khusus, di usia ini sebenarnya mereka belum siap untuk mengikuti kegiatan-kegiatan formal dan disiplin. Oleh karena itu pengembang sekolah dalam kaitan ini adalah sekolah tk harus mendesain sekolah taman kanak-kanak mengikuti dunia mereka, yaitu dunia bermain. Ya sekolah sambil bermain inilah konsep utama sekolah tk, dimana area bermain lebih banyak daripada pelajaran sehingga akan lebih mudah untuk menyampaikan pesan ilmu kepada anak-anak walaupun sebenarnya mereka baru berumur 5-6 tahun.

Meja-kursi-sekolah-taman-kanak-kanak

Memang tuntutan pendidikan sejak dini saat-saat ini lebih mendapat perhatian khusus, walaupun sebenarnya kita tertinggal jauh dari Negara-negara maju. Pendidikan usia dini di Negara-negara maju lebih mendapat perhatian khusus mulai dari guru pengajarnya hingga desain ruangan kelas mereka. Ketika ruang belajar mempunyai desain yang berbeda akan merangsang kreativitas anak-anak dari atmosfir yang berbeda di sekolahnya, sehingga dampak psikologis anak yang pobhia dengan tempat baru akan terkurangi dengan sendirinya, tanpa harus di tunggui oleh orang tuanya maupun orang yang selalu bersamanya.

Desain Sekolah Taman Kanak-Kanak Yang Unik

Desain unik pada sekolah taman kanak-kanak ini menarik perhatian para akademis maupun desainer dunia. desain sekolah taman kanak-kanak ini mempunyai keunikan tersendiri dengan membuat gedung seperti kepala burung hantu, membuat anak-anak akan belajar hewan-hewan yang jarang mereka temui. Kebanyakan desain unik sekolahan terdapat pada desain eksterior, untuk desain interior mempunyai kesan sama yang membedakan hanya warna cat dan perlengkapan meja, bangku, papan tulis saja.

Desain sekolah taman kanak-kanak yang unik bisa anda lihat di taman kanak-kanak Surabaya ( TK Play Group Aurrellia ) mereka menempatkan posisi duduk dengan cara lesehan. Di lihat memang aneh namun menurut kepala sekolah, itu mengandung nilai-nilai islam. Dengan posisi duduk lesehan melingkar seperti yang di contohkan oleh rasulullah, akan menambah rasa uhkuwah serta mempererat tali silaturahim di antara mereka.

Desain unik pada sekolah tk di komplek TNI AL ini bernuansakan bahari, sehingga anak-anak lebih mengenal bahwa wilayah Indonesia sebagian besar di kelilingi oleh laut, walaupun sekolah desain ini bernuansa bahari namun tidak mengesampingkan fun didalamnya sehingga anak-anak bisa mengikuti kegiatan belajar-mengajar dengan senang, betah dan mudah untuk menerima pelajaran yang diberikan, sebab pengaruh psikologis ruang yang nyaman. Kita tahu bahwa sifat anak yang berusia 2-6 tahun cenderung senang bermain, mudah bosan, risih, berontak dan juga rewel, sehingga konsep ini akan membantu menyelesaikan permasalahan tersebut dengan moto “Belajar Dan Bermain”.

Keuntungan dari contoh desain unik tersebut di antaranya adalah :

  • Anak-anak akan lebih nyaman.
  • Mengurangi suasana kelas yang berantakan, karena terdapat banyak meja kursi yang kurang sesuai dengan tubuh anak.
  • Tinggi lemari sesuai dengan tinggi anak-anak sehingga mereka dengan mudah bisa mengambil buku dan perlengakapan lain tanpa meminta bantuan bapak atau ibu guru.
  • Sangat mencerminkan karakteristik anak.
  • Nuansa warna sangat membantu mereka bisa beradaptasi.

Pencahayaan Dan Keamanan Desain Sekolah Taman Kanak-Kanak

Sistem interior yang terdapat pada desain sekolah taman kanak-kanak meliputi pencahayaan, pencahayaan adalah bagian yang sangat vital dalam pengelihatan, apalagi untuk anak-anak, penempatan cahaya yang kurang pas membuat silau atau kurangnya efektifitas dalam efisiensi. Dalam ruangan kelas sederhana anda mempunyai dua pilihan pencahayaan yaitu cahaya alami dan cahaya buatan. Cahaya alami bisa anda peroleh dari sinar matahari sedangkan cahaya buatan anda menggunakan energi listrik. Anda tidak bisa memilih salah satu macam pencahayaan ruangan ini, anda harus menggunakan pencahayaan alami dan buatan. Desain sekolah taman kanak-kanak untuk cahaya alami bisa anda peroleh dari jendela ruangan, dari genteng kaca maupun tembok tembus cahaya, ini akan mengurangi biaya listrik dan membuat ruangan akan hangat dan sehat.

Alternatif kedua, ketika keadaan mendung anda bisa menggunakan energi listrik sebagai pilihannya, namun anda harus bisa mengetahui posisi yang tepat untuk lampu ruang kelas, sehingga ruangan akan kelihatan terang dan tidak silau, jangan menempatkan lampu tepat di atas kepala mereka maupun di depan pandangan mata yang akan mengganggu pandangan antara anak-anak dengan guru pengajar. Kesan sederhana dalam desain kelas ini termasuk penggunaan lukisan tembok, anda jangan memasang atau membuat lukisan dinding yang merusak suasana belajar, lebih baiknya lukisan tersebut anda tempatkan pada bagian eksterior atau taman sekolahan, agar mereka menikmati permainan sambil tetap belajar. Yang tidak kalah penting lagi, walaupun desain sederhana namun anda jangan melewatkan faktor keamanan anak-anak, mau tidak mau anda harus membuat tembok pintu masuk sekolah, jangan biarkan sembarang orang memasukinya, lebih baiknya anda menyiapkan salah satu satpam jasa keamanan dan jasa antar jemput anak. Itu adalah bagian daripada servis yang harapkan oleh orang tua selain lingkungan desain sekolah taman kanak-kanak nyaman keamanan pun terjamin.