Penggunaan Granite Construction Pada Lantai Dan Dinding Rumah

Posted on

Penggunaan Granite Construction Pada Lantai Dan Dinding Rumah

Sekarang ini penggunaan bahan bangunan seperti granite construction lebih di khususkan pada konsep-konsep rumah klasik, walaupun rumah modern juga banyak yang menggunakan akan tetapi yang sangat mendominasi penggunaan granit lebih pada model rumah klasik. Selain granit atau bahasa latinnya adalah granum marmer dan keramik juga menjadi pilihan dari beberapa bangunan modern. Granit atau granum terbentuk dari magma cair yang di endapkan hingga berpuluh-puluh tahun lamanya, bentuk granit menjadi sangat keras hingga mencapai kepadatan 2,75 gr/cm3 sehingga lebih banyak di gunakan oleh para arsitek interior rumah mewah. Sebagian mereka lebih memilih granit sebab granit memiliki kepadatan yang sangat keras dan tahan akan goresan. Berbeda dengan penggunaan marmer yang memang sama-sama menariknya dan keduanya cocok untuk di gunakan pada lantai rumah, masjid, gedung pertemuan, tempat olah raga seperti lapangan tenis, volley ball. Akan tetapi yang membedakan antara marmer dan granit adalah pada tingkat ketahanannya. Jika menggunakan marmer dan sering di gunakan dalam volume yang sangat padat akan membuat marmer perlu perawatan yang cukup ekstra. Apalagi kalau terkena tumpahan air panas, sayur dan bahan kimia yang akan mempengaruhi warna marmer tersebut. Oleh karenanya harus di lakukan proses perawatan selama satu tahun sekali. Sedangkan menggunakan granite construction tidak memerlukan perawatan secara berkala, cukup satu kali ketika selesai di pasang dan kemudian anda bisa membersihkan granit ketika dana anda lebih longgar.

Granite Construction Terbaik Dunia Termasuk Di Indonesia

Granite construction yang beredar di pasaran sebenarnya sudah termasuk granit terbaik dunia, sebab Indonesia adalah salah satu produk granit terbaik, yang paling tua adalah granit asalh Sulawesi selatan, menyusul kemudian adalah granit tulung agung menjadi daerah wisata bangunan favorite bagi para arsitek interior. Selain itu di riau, kupang, papua, Kalimantan dan jogja juga memiliki batu granit namun masih di bawah standar dunia. Maka sangat tepat kalau rumah anda menggunakan lantai granit yang awet dan ramah lingkungan. Bayangkan bila lantai anda harus menggunakan kayu,akan sangat mengganggu karena kayu adalah bahan bangunan yang bisa menimbulkan suara.

Lantai rumah yang menggunakan granite construction akan lebih terkesan mewah ketika warna granit lebih di tonjolkan. Akan tetapi ketebalan granit harus mendapat perhatian utama karena lantai sering mendapat tekanan dari benda-benda yang memiliki beban berat seperti brankas. Granit juga bisa di gunakan sebagai hiasan rumah terutama untuk ruang tamu dan ruang keluarga. Dan granit juga bisa di bentuk seperti meja makan dan meja dapur. Kadang untuk ruangan yang sering mengeluarkan hawa panas bisa mengganti lantai serta di pasang pada dinding ruangan dengan granit atau marmer yang akan memberikan hawa sejuk dan dingin.

Cara Pemasangan Granite Construction Pada Lantai Rumah

Cara pemasangan granite construction hampir serupa dengan pemasangan keramik pada umumnya, akan tetapi granit tidak memerlukan perendaman seperti pada keramik. Sebenarnya merendam keramik dan granit boleh-boleh saja karena tujuannya agar nanti adukan pasir semen benar-benar merekat. Yang perlu di perhatikan dalam pemasangan ini jangan sampai terjadi popping atau granit menyimpan udara pada bagian bawah sehingga menimbulkan meledak atau pecah pada saat cuaca panas, untuk menghindari ini maka adukan tidak boleh terlalu encer atau kasar setelah di pasang lakukan di ketuk dengan gagang palu agar granite construction benar-benar menyatu dengan adukan semen.

Berikan celah antara granit satu dengan yang lain sekitar 2 hingga 3 cm. ini bermaksud sebagai nat atau perekat antara granit satu dengan yang lain. Setelah semua granit terpasang, maka mulai untuk mengisi nat dengan semen yang di campur dengan polymer agar memiliki daya rekat yang cukup kuat. Setelah semua terpasang sebaiknya biarkan hingga beberapa hari agar benar-benar merekat, selanjutnya lakukan pembersihan semen-semen dan adukan yang menempel pada granit.

Satu lagi yang terlupakan adalah memberikan ruang atau expansion joint antara pinggir keramik dengan dinding, anda bisa mengisi dengan karet atau bahan lain yang fleksibel dan bisa juga di biarkan cukup dengan memerikan cat agar tidak terlihat lobang di sepanjang pinggir lantai. Hal ini dilakukan agar granite construction terhindar dari penyusutan atau pergeseran bangunan yang terjadi karena reaksi alam seperti cuaca panas, dingin bahkan gempa bumi.

Gravatar Image

Memiliki rumah yang cantik dan nyaman adalah impian semua orang. Namun, tidak semua orang mampu mengetahui secara pasti bagaimana mendesain rumah dan menciptakan tempat tinggal yang nyaman bagi seluruh anggota keluarga. Dan disinilah kami. Demi menjawab kebutuhan anda akan informasi mengenai properti dan desain interior, kami mencoba menyajikan semua yang anda butuhkan disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *