Pentingnya Alat Tulis Kantor dan Cara Pengadaannya

Sponsored Links

Pentingnya Alat Tulis Kantor dan Cara Pengadaannya

Dalam bekerja dan menjalankan bisnis tentunya kita perlu di dukung dengan infrastruktur dan segala macam peralatan dan perlengkapan yang mendukung kerja dan bisnis kita. Meja, kursi, cabinet, komputer, telepon dan lain-lain sangat mendukung pekerjaan kantor akan tetapi sebenarnya kita tidak hanya memerlukan peralatan kantor yang besar tersebut karena kita juga memerlukan peralatan kantor yang kecil lainnya seperti alat tulis kantor yang mana cukup memiliki peran yang vital untuk operasional kantor kita.Grosir-alat-tulis-kantor-jakarta

Alat tulis Kantor memang bentuknya kecil dan terkesan murah. Akan tetapi kita tidak bisa meremehkan mereka karena tanpa alat tulis kantor pegawai kantoran akan mengalami kesulitan dalam bekerja. Adapun yang dimaksud oleh alat tulis kantor adalah semua jenis alat tulis menulis serta perlengkapan lainnya yang digunakan untuk mendukung operasional kegiatan perkantoran. Ini berarti, alat tulis kantor tidak hanya sebatas pensil/ballpoint dan kertas, namun dalam cakupan luas itu juga termasuk klip kertas, stempel, staples, penggaris, dan lain sebagainya.

Pengaruh Alat Tulis Kantor Pada Produktifitas Karyawan

Ketersediaan alat tulis kantor sangat berpengaruh terhadap tingkat produktifitas para karyawan. Oleh karenanya, demi mendapatkan performa yang baik dari para karyawan, hendaknya anda memenuhi semua kebutuhan ATK karyawan anda. Tidak semua jabatan karyawan membutuhkan jenis peralatan yang sama. Pastikan mereka mendapat alat yang mereka inginkan sesuai dengan tugas dan jabatan mereka. Ini juga demi efisiensi anggaran belanja ATK kantor anda, sehingga anda tidak perlu menghabiskan dana banyak untuk berbagai benda yang tidak dibutuhkan karyawan anda.

Memang saat ini komputer bisa sangat membantu kita untuk mencatat dan melakukan kegiatan administratif akan tetapi ini tidak berarti bahwa kita mengesampingkan peran alat tulis kantor karena pada kenyataannya alat tulis kantor sangat dibutuhkan untuk keseharian operasional perkantoran. Kita perlu supply kertas untuk mencetak dokumen-dokumen penting, kita juga perlu puplen untuk menulis catatan penting dan lain sebagainya.

Alat Tulis Kantor Memang Murah Namun Jangan Boros

Alat tulis kantor memang tergolong murah akan tetapi kita harus tahu bahwa kita bisa saja secara tak sengaja melakukan pemborosan apabila kita tidak bijaksana dalam membelanjakan anggaran untuk alat tulis kantor. Ini karena umumnya kita tidak sadar sudah mengeluarkan banyak uang untuk memborong alat tulis kantor dalam jumlah besar karena harga per-unitnya sangat murah. Apabila kita membeli alat tulis kantor dalam jumlah kecil dan eceran maka justru ini akan berpotensi menjadi pemborosan yang lebih besar apaila selisih dari harga eceran dan grosiran kita akumulasikan.

Guna menghindari pemborosan-pemborosan yang tidak perlu tersebut maka kita perlu untuk lebih bijak dalam membelanjakan uang untuk membeli alat tulis kantor. Yang pertama harus kita lakukan adalah menginventarisir semua kebutuhan kegiatan administrasi kantor khususnya kebutuhan tulis menulis di kantor. Dari inventarisasi tersebut kita bisa menghitung berapa jumlah alat tulis kantor dan suplai alat tulis kantor yang kita butuhkan dalam periode waktu tertentu entah itu mingguan ataupun bulanan.

Tahap yang berikutnya adalah mencari supplier atau pusat grosir alat tulis kantor. Membeli alat tulis kantor secara grosiran atau borongan dari grosir alat tulis kantor akan lebih murah daripada membeli alat tulis kantor secara eceran. Ada banyak sekali pusat grosir alat tulis kantor yang bisa kita temui akan tetapi kita juga perlu bijak untuk memilih salah satunya dan memastikan bahwa pusat grosir alat tulis kantor tersebut cukup terpercaya. Memang harga yang murah bisa menjadi acuan utama dalam memilih pusat grosir alat tulis kantor akan tetapi itu bukan satu-satunya indikator karena layanan juga memiliki peran yang penting. Layanan ini sifatnya luas bisa meliput layanan penjualan ataupun purna jual.

Ada banyak beberapa grosir yang menawarkan layanan penjualan berupa layanan delivery dan ini tentunya sangat membantu kita. Akan lebih baik lagi apabila kita memilih pusat grosir yang memiliki layanan purna jual seperti sistem pembayaran yang fleksibel. Ada beberapa grosir yang memberikan kemudahan layanan dimana pemborong dapat melunasi pembayaran secara bertahap dalam waktu tertentu tanpa harus melakukan pembayaran cash setelah melakukan pembelian. Apapun metode pembayaran yang disediakan bagi anda akan sangat bijak apabila anda mempertimbangkan terlebih dahulu dengan masak.